Gawai & Elektronik

ASUS ROG Hadirkan Laptop Gaming AI Paling Tipis dan Ringan

[ A+ ] /[ A- ]

ASUS ROG (Republic of Gamers) secara resmi menghadirkan jajaran laptop gaming terbarunya di tahun 2024. Salah satu dari laptop tersebut bahkan dinobatkan sebagai World Thinnest & Lightest AI Gaming Laptop alias laptop gaming AI paling tipis dan paling ringan di dunia.

Bertempat di Hotel Sutasoma, Jakarta Selatan, ASUS Indonesia mengadakan media launch event pada tanggal 14 Maret 2024. Para bloger turut diundang pada acara yang berlangsung di Ballroom Rooftop di lantai 8.

Pada acara ini, saya bisa melihat dan menjajal langsung laptop gaming ASUS ROG. Acara media launch ini juga dimeriahkan dengan dance game dan doorprize, kemudian diakhiri dengan buka puasa bersama.

Para bloger yang hadir dalam acara media launch dari ASUS ROG

Jajaran Laptop Gaming Terbaru dari ASUS ROG

Acara Media Launch ini dipandu oleh Gerry Eka sebagai host. Sedangkan dari pihak ASUS Indonesia, hadir Muhammad Firman (Head of Public Relation of ASUS Indonesia), Darien Theodric (Country Product Manager of ASUS Indonesia), Riandanu Utomo (Technical Public Relation of ASUS Indonesia), dan Davina Larissa, (Country Marketing Manager of ASUS Indonesia).

Pada presentasi pertama, Muhammad Firman memaparkan perkembangan laptop gaming ASUS, termasuk segmentasi dan klasifikasinya. Beliau juga menyampaikan positioning ASUS sebagai brand laptop gaming #1 di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Selanjutnya, Darien Theodric memperkenalkan masing-masing laptop yang diluncurkan pada event tersebut. Mulai dari ROG Zephyrus Series (G14 dan G16) sebagai laptop gaming AI paling tipis dan ringan di kelasnya, ROG Strix Series (G16 dan Scar), hingga TUF Gaming Series (A15 dan F16).

Sesi berikutnya, Riandanu Utomo melakukan demo kemampuan laptop gaming yang diluncurkan. Beliau melakukan benchmark ROG Zephyrus G14 dengan game Cyberpunk 2077 yang dikenal sebagai game dengan grafis kompleks. Hasilnya, ROG Zephyrus G14 lancar menjalankan game ini.

Riandanu juga menjelaskan ROG Strix Series yang memiliki spesifikasi tinggi dan menggunakan sistem pendinginan ROG Intelligent Cooling. Sementara TUF Gaming Series menjadi laptop favorit bagi mahasiswa, karena memiliki performa yang cukup baik dengan harga terjangkau.

Selanjutnya, Davina Larissa menyampaikan harga masing-masing laptop gaming terbaru dari ASUS ROG tersebut. Berapa harganya? Simak tulisan ini hingga akhir, ya!

Peluncuran Laptop Gaming AI dari ASUS ROG

ROG Zephyrus Series, Laptop Gaming AI Paling Tipis dan Ringan

ROG Zephyrus G Series menjadi laptop gaming AI paling tipis dan paling ringan di kelasnya. ROG Zephyrus hadir dalam dua seri, yaitu G14 dan G16.

ROG Zephyrus G14 (GA403)

ROG Zephyrus G14 menjadi AI gaming laptop 14-inci paling tipis, ringan, dan powerful di dunia. Laptop ini memiliki bobot 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm saja.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali NPU Ryzen™ AI. Berkat prosesor ini, laptop tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Laptop ini menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED yang sudah dibekali dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Hal ini akan membuat penggunanya memiliki pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering.

Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Layar OLED ini memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

ROG Zephyrus Series

ROG Zephyrus G16 (GU605)

ROG Zephyrus G16 menjadi pelopor thin and light AI gaming laptop dengan layar 16-inci. Laptop ini memiliki bobot 1,85 kg dan ketebalan 1,49 cm saja.

AI gaming laptop ini dijalankan oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost, yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Kehadiran NPU tersebut membuat ROG Zephyrus G16 hadir sebagai AI gaming laptop yang sesungguhnya.

Sama seperti ROG Zephyrus G14, laptop ini juga memiliki layar ROG Nebula Display dengan panel OLED yang telah dilengkapi dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC.

ROG Strix Series, Laptop Gaming AI Spesifikasi Tinggi

ROG Strix Series diperuntukkan bagi hardcore gamer dan penggemar game kompetitif seperti game yang dilombakan di kompetisi esport. ROG Strix hadir dalam dua seri, yaitu G16 dan SCAR.

ROG Strix SCAR cocok untuk gamer yang memerlukan laptop gaming dengan performa maksimal. Seri Strix SCAR hadir dalam 2 varian ukuran layar, yaitu 16 inci dan 18 inci. Dengan perangkat keras dengan spesifikasi tinggi yang dimiliki, laptop ini dilengkapi sistem pendinginan yang disebut ROG Intelligent Cooling agar laptop tetap bekerja optimal.

ROG Strix SCAR menggunakan prosesor Intel® Core™ i9-14900HX, GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 dengan TGP mencapai 175W, layar ROG Nebula Display dengan resolusi QHD+ 16:10, refresh rate 240 Hz serta response time 3 ms.

ROG Strix Series

TUF Gaming Series, Laptop Gaming AI Paling Terjangkau

Laptop TUF Gaming Series menawarkan performa yang cukup baik dengan harga relatif terjangkau. TUF Gaming hadir dalam dua seri, yaitu A15 dan F16.

TUF Gaming A15 (FA507U) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 9 8945H yang dilengkapi NPU AMD Ryzen™ AI. Laptop gaming ini memiliki memori 16GB DDR5 5600, storage 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD, serta hadir dalam dua barian gravis, yaitu NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 dan NVIDIA® GeForce RTX™ 4060.

TUF Gaming A15 (FA507U) mengantongi sertifikasi los uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa memiliki desain bodi yang tanggguh.

TUF Gaming

Dalam demo yang dilakukan Riandanu, teknologi AI pada laptop ini bisa membantu pengguna untuk generate ratusan bahkan ribuan gambar AI melalui aplikasi Stable Diffusion. Hal ini dimanfaatkan Riandanu yang memiliki hobi fotografi untuk membuat referensi foto bagi model yang akan dipotret.

Selain TUF Gaming A15 dengan layar 15 inci, hadir juga TUF Gaming F16 yang memiliki ukuran layar 16 inci. TUF Gaming F16 ini ditenagai prosesor Intel® Core™ i7-13650HX dan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 dengan TGP hingga 130W. 

Selain jajaran laptop gaming di atas, pada demo zone juga ada ROG Ally. ROG Ally ini merupakan konsol gaming yang bisa dibawa ke mana pun.

ROG Ally

Berapa Harganya?

Nah, yang penasaran dengan harga laptop-laptop di atas, berikut informasi harganya:

  • ROG Zephyrus G14 (GA403): Rp.29.999.000,-
  • ROG Zephyrus G16 (GU603): Rp.32.999.000,-
  • ROG Strix G16 (G614): Rp.32.999.000,-
  • ROG Strix SCAR 16/18 (G634/G834): Rp.69.999.000,-
  • TUF Gaming A15 (FA507): Rp.23.999.000,-
  • TUF Gaming F16 (FX607): Rp 21.999.000,-

Demikian informasi mengenai laptop gaming ASUS ROG yang baru saja diluncurkan pada Q1 tahun 2024. Dengan performa, fitur, dan desain yang mengesankan, laptop-laptop ini dapat memberikan pengalaman gaming yang maksimal.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *