Bagaimana cara memelihara hewan peliharaan
Griya

Bagaimana Cara Kita Memelihara Hewan Peliharaan dengan Tepat?

[ A+ ] /[ A- ]

Memelihara hewan peliharaan bagi sebagian orang memang menyenangkan karena dapat menjadi teman di rumah dan membantu mengurangi rasa stress setelah melalui aktivitas yang melelahkan. Namun, bagaimana cara kita memelihara hewan peliharaan yang tepat?

Sebab, memelihara hewan tentunya tidak mudah. Selain harus mempersiapkan dana yang banyak, kamu juga harus telaten dalam menjaga kesehatan dan kebersihan hewan kesayanganmu. 

Agar biaya pengeluaran untuk memelihara hewan kesayangan tidak terkuras habis, salah satu solusinya yakni membeli asuransi hewan yang bisa kamu beli di PT Asuransi Simas Insurtech.

Dengan memiliki asuransi hewan, maka kamu akan merasa lebih aman dan juga nyaman, tanpa pusing memikirkan biaya pemeliharaan hewan yang cukup mahal.

Cara Memelihara Hewan

Berikut ini cara merawat hewan peliharaan dengan tepat agar tidak terjadi kesalahaan nantinya. Simak penjelasannya lebih detail berikut ini ya.

1. Siapkan Tempat yang Nyaman

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah tempat yang nyaman. Tempat ini akan menjadi tempat tinggal hewan peliharaan dan tempat bermain dia sehari-harinya. 

Tempat yang nyaman akan membuat hewan peliharaan lebih bahagia apalagi jika hewan peliharaan termasuk jenis hewan yang bersih. Untuk itu, pastikan juga kamu memberikan jenis tempat yang sesuai dengan jenis hewan peliharaan yang akan kamu rawat. 

Misalnya, untuk aquarium ikan hias kamu harus memilih jenis aquarium yang sesuai dengan besarnya ikan hias yang akan kamu pelihara.

Jika memelihara kucing, kamu harus bisa memberikan kandang yang lebar dengan alas tidur, tempat bermain, dan tempat untuk toilet si kucing agar kucing merasa aman dan nyaman.

2. Berikan Makanan yang Sesuai Umurnya

Pastikan kamu sudah mengetahui jenis makanan yang sesuai dengan hewan peliharaanmu. 

Kamu juga harus bisa memastikan kualitas makanan hewan peliharaan agar hewan peliharaan dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh makanan tertentu. 

Tak lupa juga untuk menyediakan camilan yang sehat untuk kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi hewan peliharaan.

Kamu juga harus lebih sering membersihkan tempat makan hewan peliharaan agar tetap higienis dan bersih, sehingga tidak terkontaminasi dengan bakteri yang biasa menyerang kesehatan pencernaan hewan peliharaan. 

3. Rutin Membersihkan Tempat Peliharaan

Ada beberapa hewan peliharaan yang memang cenderung lebih bersih dengan hewan peliharaan yang lain, misalnya kucing. 

Kucing sangat suka tempat yang bersih dan nyaman. Untuk itu, sebagai calon owner kamu harus lebih sigap dan rutin membersihkan tempat hewan peliharaan. 

Karena aktivitas hewan peliharaan terjadi di tempat atau kandang maka tumpukan kotoran, bulu, dan sisa makanan bisa mengganggu kesehatan hewan peliharaan. 

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka kamu harus lebih rajin membersihkannya, atau kamu juga bisa melatih hewan peliharaan untuk membuang kotoran di tempat yang telah disediakan, ini akan membantumu lebih mudah saat membersihkannya.

4. Menjaga Kebersihan Badan Hewan Peliharaan

Jangan lupa untuk selalu membersihkan badan hewan peliharaan dengan memandikannya secara rutin, minimal sebulan sekali. Ini akan membantu hewan peliharaan lebih bersih dan juga menjaga lingkungan sekitarnya tetap bersih. 

Memandikan hewan peliharaan juga dapat menghindari dari resiko kutu dan kotoran yang menempel di badannya. Sehingga hewan peliharaan merasa nyaman dengan tubuh mereka dan terhindar dari penyakit kulit. 

Mengingat hewan peliharaan juga lebih senang menempel dengan pemiliknya sehingga kamu juga tidak akan tertular resiko penyakit kulit dan bisa bermain dengan nyaman dengan hewan kesayanganmu.

5. Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan

Sebagai owner, kamu harus bisa bertanggung jawab atas kesehatan hewan peliharaan milikmu dengan memberikan vaksin dan rutin melakukan check up kesehatan hewan kesayangan ke dokter hewan. 

Memberikan vaksin dapat mencegah resiko gangguan kesehatan pada hewan peliharaan yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. 

Rutin melakukan check up kesehatan hewan peliharaan juga bisa membantumu mengetahui lebih dini apabila hewan peliharaanmu mengalami gangguan kesehatan sehingga kamu bisa melakukan pencegahan sedari awal.

Apabila hewan peliharaanmu lemas, sakit, muntah, pilek bahkan diare segera lakukan pertolongan pertama dengan membawanya ke dokter hewan atau klinik terdekat.

6. Memberi Ruang di Luar Kandang untuk Bermain

Jika hewan peliharaan pilihanmu adalah jenis hewan yang suka bermain baiknya kamu memberikan ruang di luar kandang untuk mereka. Cara ini juga dapat mengurangi tingkat stress pada hewan peliharaan karena terbatasnya aktivitas di dalam kandang.

Kamu bisa menyiapkan mainan, makanan dan alas untuk membuat mereka nyaman ketika bermain di luar kandang. 

Bahkan kamu bisa menjadikan momen ini untuk bonding dengan hewan peliharaan sehingga kamu bisa lebih dekat dengan hewan peliharaan. 

Memberikan ruang di luar untuk bermain ini juga bisa kamu lakukan dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah bersama hewan peliharaan. Sehingga kamu dan hewan peliharaan bisa lebih sehat dan positif. 

7. Membeli Asuransi Untuk Hewan Peliharaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika kamu memelihara hewan otomatis sudah siap dengan biayanya yang tidak sedikit. Mulai dari biaya makanan, biaya kesehatan, dan biaya lainnya.

Agar finansialmu tetap aman, sebaiknya proteksi dengan membeli Asuransi Pet Simas Insurtech.

Dengan asuransi hewan. kamu bisa mendapat jaminan perlindungan atas risiko kehilangan akibat pencurian, jaminan kematian akibat kecelakaan, bahkan jaminan pertanggungjawaban pihak ketiga apabila terjadi luka pada orang lain akibat ulah hewan peliharaan kamu. 

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara kita memelihara hewan peliharaan dengan tepat, kamu bisa memutuskan nih untuk memiliki hewan peliharaan yang kamu inginkan. 

Pastikan kamu benar-benar siap ya untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan hewan peliharaan, karena hewan peliharaan memiliki hak untuk mendapatkan perawatan terbaik. Semoga artikel ini membantu.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *