Lomba Blog

Banyak Manfaatnya, Sawit Kuat Membuat Indonesia Hebat!

Barangkali ini keseharian kita saban pagi. Bangun tidur, segera ke kamar mandi. Menikmati segarnya guyuran air, tak lupa membersihkan badan dengan sabun dan keramas dengan sampo. Badan dan rambut pun jadi harum. Usai mandi, sarapan menunggu. Sehidang roti tawar dan selai coklat, atau mi instan dengan telur ceplok menjadi menu favorit untuk dinikmati sambil membaca berita terkini di gawai. Lantas, berangkat ke kantor mengendarai mobil ramah lingkungan berbahan bakar biodiesel.

Sekilas, tidak ada yang istimewa dengan rutinitas tersebut. Namun bila diperhatikan, ada hal yang berperan begitu penting. Ia ada di dalam sabun mandi, sampo, selai coklat, mi instan, telur ceplok, dan biodiesel. Tanpa kita sadari, kita menggunakannya setiap hari.

Ia membuat sabun mandi halus, lentur, dan harum jika dipakai. Ia hadir sebagai agen conditioning aktif yang ada di sampo, sehingga rambut lembut dan halus. Ia membuat selai coklat mudah dioleskan, serta memiliki tekstur halus dan lembut. Ia pula yang membuat mi mentah dapat dimasak dan dikeringkan untuk bisa disimpan dalam waktu lama, dan kemudian kita tinggal menambahkan air dan merebusnya. Ia ada di minyak untuk menggoreng telur ceplok. Dan ia menghasilkan biodiesel yang mengeluarkan lebih sedikit emisi yang mempengaruhi perubahan iklim.

Sumber: Instagram @sawitbaik.id

Ya, ia adalah sawit.

Banyak barang-barang yang kita pakai setiap hari mengandung unsur minyak sawit di dalamnya. Selain barang-barang yang disebutkan di atas, masih ada lipstik, detergen, pasta gigi, mentega, selai coklat, roti kering, dan lainnya, yang mempergunakan minyak sawit dalam pembuatannya. Banyak keunggulan yang terkandung di dalam sawit.

Lebih lanjut, sawit punya peran penting bagi perekonomian. Indonesia pada tahun 2017 mengekspor 31 juta ton kelapa sawit dan menghasilkan devisa hampir US$ 23 milyar (Rp 317 triliun) atau 13% dari nilai keseluruhan ekspor Indonesia. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari kontribusi ekspor minyak dan gas yang hanya 9% (senilai US$ 15,7 milyar atau Rp 217 triliun).

Pun, industri kelapa sawit menyerap banyak tenaga kerja. Pada tahun 2016, industri ini mempekerjakan lebih dari 5,5 juta orang di Indonesia di sektor perkebunan. Industri kelapa sawit secara tidak langsung juga menyerap 12 juta tenaga kerja, antara lain di sektor hilir, dan industri pengolahan lainnya.

Industri ini tidak hanya milik perusahaan swasta dan BUMN. Banyak kebun kelapa sawit di Indonesia dimiliki rakyat atau kelompok usaha kecil non-perusahaan. Dari 11,6 juta hektar luas lahan kebun kelapa sawit di Indonesia, sebesar 41% dimiliki oleh rakyat.

Sumber: Instagram @sawitbaik.id

Biodiesel yang diolah dari kelapa sawit berperan dalam program keamanan energi, yang mampu mengurangi impor solar yang membebani keuangan negara. Tahun 2016, pemerintah berhasil menghemat pengeluaran sebesar US$ 1,1 milyar (Rp 14 triliun), setara dengan impor 3 juta kiloliter solar.

Upaya untuk menjamin produksi minyak #SawitBerkelanjutan juga dilakukan, demi kelestarian lingkungan. Sejak 2009, pemerintah mengeluarkan ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil). ISPO memastikan agar produk kelapa sawit yang dihasilkan dan dijual memenuhi standar lingkungan.

Prinsip-prinsip yang terkandung dalam ISPO misalnya tersedia SOP/ Instruksi atau prosedur teknis pembukaan lahan kelapa sawit; pembukaan lahan dilakukan tanpa bakar dan memperhatikan konservasi lahan; dan sebelum pembukaan lahan dilakukan, pelaku usaha wajib melakukan studi kelayakan dan AMDAL. 

ISPO juga mengatur pembukaan lahan gambut, lahan dengan kemiringan, lahan adat, situs sejarah, dan sebagainya. Kegiatan pembukaan tersebut harus terdokumentasi (dan pernyataan pelaku usaha bahwa pembukaan lahan dilakukan tanpa bahan bakar.) Pada praktiknya, memang masih terjadi ketidaksesuaian. Masih marak kasus pembakaran hutan yang diduga untuk pembukaan lahan sawit. Untuk itu, penegakan hukum wajib dilakukan.

Jadi, #BicaraSawit tidak bisa terlepas dari berbagai manfaat sawit dalam keseharian kita dan peran vitalnya bagi perekonomian Indonesia. Kita terus dukung pemanfaatan #SawitBaik ini, dan dukung pemerintah dalam implementasi kebijakan yang ada. Sawit kuat, Indonesia hebat!

(Gambar ilustrasi dari sawitbaik.id)

1 thought on “Banyak Manfaatnya, Sawit Kuat Membuat Indonesia Hebat!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *