perhatikan cara menyusun visi misi OSIS
Edukasi

Cara Menyusun Visi Misi OSIS, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

Menyusun visi misi OSIS menjadi hal penting yang perlu dilakukan oleh calon ketua OSIS. Visi dan misi yang dibuat secara matang akan memberi peluang untuk mendapatkan banyak suara, hingga bisa terpilih menjadi ketua OSIS.

Menjadi ketua OSIS akan memberikan kesempatan melatih skill di bidang kepemimpinan. Skill ini tentunya sangat bermanfaat tak hanya saat siswa berada di sekolah tetapi juga di masa depan. Tidak heran jika jabatan ketua OSIS ini menjadi impian bagi banyak siswa SMP atau SMU/SMK.

Seorang calon ketua OSIS perlu menyusun visi dan misi. Dengan adanya visi dan misi, program kerja OSIS akan menjadi lebih fokus dan terkendali. Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara menyusun visi dan misi OSIS ini, kita perlu mengetahui apa arti visi dan misi.

Mengenal Arti Visi dan Misi

Visi diartikan sebagai serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti dari sebuah organisasi. Visi merupakan tujuan masa depan yang ingin diwujudkan oleh organisasi, atau pikiran-pikiran tentang masa depan yang ingin dicapai oleh organisasi.

Misi merupakan penjabaran-penjabaran dari sebuah visi organisasi. Bila visi dibuat secara luas atau umum, maka misi lebih mengarah pada hal-hal khusus atau detail sebagai bagian dari visi. Di dalam misi tercantum langkah atau tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut.

Biasanya visi terdiri atas satu atau beberapa kalimat singkat dan jelas. Sedangkan misi ditulis dalam kalimat-kalimat yang menjelaskan secara rinci tentang visi.

Baca juga: Meningkatkan Mood dengan Ragam Cahaya dari Philips Smart LED Connected by WiZ

Cara Menyusun Visi Misi OSIS

Untuk menyusun visi dan misi, calon ketua OSIS bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Pahami Tujuan OSIS

Calon ketua OSIS perlu memahami apa tujuan dari OSIS. Dengan memahaminya, calon ketua OSIS bisa membuat visi dan misi yang sejalan dengan tujuan organisasi tersebut.

2. Pertimbangkan Nilai Sosial

Calon ketua OSIS perlu menyadari nilai-nilai sosial yang berlaku di lingkungan organisasi. Dengan demikian, visi dan misi yang disusun bisa diterima dengan baik serta tidak melanggar nilai-nilai sosial yang ada.

3. Tentukan Fokus Selama Menjabat

Jabatan ketua OSIS mempunyai jangka waktu terbatas (1 tahun) dan tidak bisa diganggu gugat. Dengan mempertimbangkan jangka waktu ini, calon ketua OSIS perlu menentukan fokus tujuan yang bisa dicapai selama masa jabatan ini.

4. Tentukan Target Organisasi

Calon ketua OSIS juga perlu memahami apa target yang akan dicapai agar visi dan misi akan sejalan dengan OSIS. Buatlah gambaran tentang target tersebut sesuai dengan nilai-nilai sosial yang berlaku di organisasi.

Contoh Visi dan Misi OSIS

Berikut adalah contoh visi dan misi yang bisa dibuat oleh calon ketua OSIS.

Visi

Menjadikan OSIS (Nama Sekolah) sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan kreativitas siswa/siswi, serta mendorong siswa/siswi memiliki IMTAQ dan IPTEK yang berkualitas.

Misi

  1. Memperingati hari raya nasional dan hari raya keagamaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif
  2. Menciptakan organisasi yang SMART (Sigap, Menarik, Antusias, Rajin, dan Teliti)
  3. Menguatkan nilai-nilai spiritual siswa/siswi dengan dasar IMTAQ yang kuat.
  4. Mewujudkan program kerja bagi siswa/siswi yang bisa meningkatkan kualitas IPTEK

Tetap Utamakan Belajar  

Jika nantinya seorang siswa terpilih menjadi ketua OSIS, ia tentunya akan sibuk dalam kegiatan-kegiatan organisasi. Namun kesibukan ini bukanlah alasan untuk mengabaikan kewajiban utama sebagai siswa yaitu belajar.

Agar selalu update dan tidak ketinggalan materi pelajaran, siswa bisa menggunakan bantuan aplikasi digital Ruangguru, sebuah platform bimbingan belajar online terlengkap di Indonesia. Silakan download aplikasinya di sini.

Ruangguru menyediakan banyak produk berkualitas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Di antaranya ruangbelajar, ruanguji, ruangles, ruanglesonline, ruangkerja, ruangkelas, ruangbaca dan lainnya.

Bimbel online melalui aplikasi digital semacam ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Siswa bisa mengikuti bimbel di mana saja dan kapan saja. Materi belajar yang ada di Ruangguru juga sangat lengkap.

Ketika siswa ketinggalan pelajaran di sekolah atau ada materi pelajaran yang belum dipahami, kehadiran Ruangguru tentunya sangat bermanfaat. Karenanya, Ruangguru begitu membantu para siswa yang aktif mengikuti kegiatan organisasi di sekolah tanpa harus dihantui rasa khawatir tertinggal pelajaran.

Demikian informasi tentang cara menyusun visi misi OSIS. Selamat mengembangkan skill kepemimpinan sekaligus meraih prestasi akademis yang memuaskan.

Semoga tulisan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:

Waspada Penipuan Berkedok Penawaran Upgrade Limit Kartu Kredit BCA

Share this:

1 thought on “Cara Menyusun Visi Misi OSIS, Perhatikan Hal-Hal Berikut!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *