Tekno

Harga Terjangkau dengan Fitur Berlimpah, DFSK Glory 560 Kini Hadir di Indonesia

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar setiap tahun selalu menjadi perhatian bagi para pecinta otomotif di Indonesia. Tidak hanya menghadirkan seri terbaru, tiap produsen otomotif juga kerap memperkenalkan teknologi baru kepada masyarakat. Pada ajang Telkomsel IIMS 2019 di JIEXPO Kemayoran, salah satu produsen otomotif yang berhasil mencuri perhatian adalah DFSK dengan salah satu produknya yang baru diluncurkan di Indonesia yaitu DFSK Glory 560.

Pada tangal 1 Mei 2019, saya diundang oleh Kompas.com dalam acara blogger gathering dan berkesempatan menyaksikan DFSK Glory 560 , produk yang baru diluncurkan pada tanggal 25 April 2019. DFSK sendiri merupakan perusahaan patungan antara Dongfeng dan Chongqing Sokon Industry Group Co Ltd., dan di Indonesia DFSK berada di bawah naungan PT. Sokonindo Automobile.

PT. Sokonindo Automobile merupakan perusahaan joint venture antara Sokon Group (Hongkong) Company Limited dengan PT. Kaisar Motorindo Industri dari Indonesia. Pabrik Sokonindo berada di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, dengan luas sebesar 20 hektar. Total kapasitas produksi maksimum pabrik Sokonindo adalah 50.000 unit per tahun, yang dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun mancanegara, termasuk di Asia Tenggara.

Kompas.com Blogger Gathering

Disain

DFSK Glory 560 merupakan SUV kekinian yang memiliki active stylish design yang menawan. Garis bodi yang dinamis dan kuat membuat tampilan sangat sporty. Dilengkapi dengan roof trail yang membentang dari depan ke belakang, DFSK Glory 560 memberikan gambaran kekuatan dan semangat untuk mendukung kualitas kehidupan yang lebih baik.

Panjang DFSK Glory 560 4515 mm dengan wheelbase 2690 mm, lebar 1815 mm, dan tinggi 1735 mm. Selain itu, DFSK Glory 560 dilengkapi dengan hawk eye shaped headlamp, LED daytime running light, rear fog lamp, 17” sporty two-tone alloy wheel, dan sporty wing shaped grille yang akan menambah kegagahannya.

Performa Mesin
DFSK GLORY 560 menggunakan mesin turbo 1.5 liter. Mesin turbo ini akan memberikan tenaga yang lebih kuat dengan putaran mesin yang lebih rendah. Sementara transmisi yang digunakan adalah CVT yang akan memberikan pengalaman berkendara yang halus dengan penggunaan bahan bakar yang efisien.

Sebagai informasi, mesin turbo atau disebut juga turbocharger biasanya digunakan di mesin pembakaran untuk meningkatkan output tenaga dan efisiensi mesin dengan cara meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. Turbocharger ibarat pompa turbin yang memiliki menghisap udara segar dan kemudian dihembuskan sekuat mungkin ke saluran intake manifold mesin, sehingga menyebabkan tekanan udara.

Saat katup intake telah terbuka, udara bertekanan tersebut masuk ke dalam ruang bakar tanpa perlu menunggu tersedot oleh kavakuman akibat langkah isap piston. Hal ini menyebabkan udara yang akan dimampatkan dalam silinder menjadi lebih banyak. Setelah udara bercampur dengan uap bahan bakar, kemudian dimampatkan di dalam slinder dan mendapat percikan api dari busi. Terjadilah ledakan energi yang mendorong piston yang selanjutnya akan memutar poros engkol.

Komponen intercooler biasanya dipasang untuk menurunkan suhu udara pada mesin yang dihembuskan oleh turbocharger menuju saluran intake mesin. Dengan kondisi udara yang lebih dingin, maka kandungan molekul oksigen menjadi lebih rapat dan padat sehingga tenaga dan efisiensi bahan bakar meningkat.

Interior

Bagian dalam kabin DFSK Glory 560 yang berukuran panjang 1810 mm, lebar 1300 mm dan tinggi 760 mm dilengkapi dengan spacious 7 seats.  Pada dasbor mobil terdapat 8” smart screen A/V system with floating display yang dilengkapi dengan navigasi GPS, Radio, sambungan Bluetooth, GPS Navigation, Mirroring Smartphone (iOS dan Android).

Selain itu, juga terdapat push start/stop button, blue illuminated meter cluster dan smart key & keyless entry yang memberikan pengalaman berkendara yang aktif dan modern. Dasbor DFSK Glory 560 merupakan premium dashboard with soft finish, satu-satunya material di kelasnya yang lembut dan berkualitas tinggi yang memberikan kesan elegan dan premium.

Tempat duduk atau jok menggunakan bahan kulit dengan jahitan benang merah, yang didisain untuk memberikan kenyamanan berkendara dalam perjalanan jarak jauh. Pengaturan tempat duduk yang flexible & adjustable memungkinkan untuk menciptakan ruang yang lapang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Saya berkesempatan ikut test drive dan duduk di seat tengah. Kemewahan dan kenyamanan langsung terasa saat saya duduk dan bersandar di jok mobil yang lembut. Selain itu, DFSK Glory 560 ini mempunyai teknologi kedap suara yang efektif menghilangkan kebisingan dari engine maupun kebisingan dari luar (suasana hingar-bingar pameran saat itu).

Keamanan

Untuk menunjang keamanan dan keselamatan berkendara, DFSK Glory 560 memiliki dual airbag protection system yang akan memberikan perlindungan saat tejadi benturan. Fitur keselamatan lainnya yaitu HHC (Hill Hold Control) untuk menjaga mobil tidak mundur saat berada di tanjakan, ESP (Electronic Stability Program) untuk menjaga kestabilan mobil saat berbelok, EPB (Electric Parking Break), 4 disc brakes, alarm system dan immobilizer.

Dengan fitur-fitur yang dimiliki tersebut, DFSK Glory 560 memiliki berbagai keunggulan di kelasnya yaitu: (1) disain yang bergaya aktif dengan model yang dinamis, (2) dapur pacu yang bertenaga dengan mesin turbo, (3) interior yang lega, mewah dan elegan, serta (4) tingkat keamanan yang tinggi dengan teknologi canggih. Semua hal tersebut sangat menunjang kebutuhan keluarga dan milenial.

Dengan semua keunggulan dan fitur melimpah yang ada pada DFSK Glory 560, ternyata harga mobil tersebut terjangkau. DFSK Glory 560 dijual dengan berbagai type. Mulai dari Glory 560 1.5L Turbo 6M/T B-type sebesar Rp 189 juta, Glory 560 1.5L Turbo 6M/T C-type dengan harga Rp 219 juta, Glory 560 1.5L Turbo 6M/T L-type Rp 229 juta, serta Glory 560 1.5L Turbo CVT L-type dan 560 1.8L CVT L-type yang sama-sama dipasarkan sebesar Rp 239 juta.

Ada 4 pilihan warna untuk Glory DFSK 560. Yaitu merah (glorious metalic red), putih (elegant white), perak (champagne silver), dan hitam (phantom black).

Untuk after sales, ada super warranty 7 tahun atau 150.000 KM. Selain itu, jaringan dealer sudah ada sebanyak 50 showroom (tahun 2018) di kota-kota di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Di tahun 2019 ini, direncanakan akan ada tambahan 40 showroom lagi.

Kesimpulannya, DFSK Glory 560 ini benar-benar value for money!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *