Kuliner

Ke Yogyakarta, Tak Lupa Mampir ke Tempo Gelato

Tempo Gelato

Pulang ke kotamu. Begitu membaca kalimat ini, spontan kita teringat akan Yogyakarta. Kota yang selalu membuat kita kangen akan budayanya, kulinernya, atau keramahan warganya.

Berbicara mengenai kuliner Yogyakarta, setidaknya ada 2 makanan yang terkenal: gudeg dan bakpia. Namun kali ini saya akan menulis tentang gelato, yang tak kalah nikmatnya untuk kita cicipi bila berkunjung ke Yogyakarta.

Kondisi jalanan Yogyakarta tak begitu macet malam itu, mungkin karena saat itu bukan akhir pekan. Dari Jalan Parangtritis kami berbelok ke arah timur, masuk ke Prawirotaman. Tibalah kami di lokasi Tempo Gelato yang baru, yang berada di sisi selatan jalan.

Bangunan baru terlihat begitu artistik. Bagian depan didominasi oleh kaca, sehingga suasana di dalam ruangan bisa terlihat dari luar. Ada sebuah jam dinding besar dengan angka-angka romawi dan tulisan “Tempo Gelato” di bagian atas.

Kami menuju kasir, tempat di mana kami memesan dan  membayar langsung gelato yang dipesan. Untuk menikmati dua rasa gelato dalam cup, harganya Rp 25.000, sedangkan dua rasa gelato menggunakan cone harganya  Rp 30.000. Jika dua rasa tersebut belum cukup, kita bisa memilih ukuran cup lainnya yaitu medium, big, dan ekstra big.

Setelah membayar, kami menuju bagian etalase yang menyediakan beragam gelato. Dengan menunjukkan struk pembayaran, petugas akan melayani pesanan sesuai ukuran cup atau cone yang telah dibayar sebelumnya.

Saya sempat bingung ingin mencicipi rasa yang mana, karena banyak pilihan rasa di Tempo Gelato ini. Ada rasa buah-buahan seperti mangga, rasberi, leci, dan melon. Selain itu ada rasa jahe, nutella, karamel, oreo, matcha, dan sebagainya. Akhirnya dua rasa yakni caramel dan matcha menjadi pilihan saya.

Tampilan gelato mirip seperti es krim. Yang membedakan keduanya yaitu pada teksturnya, di mana gelato lebih padat dan lembut daripada es krim. Selain itu, kandungan lemak dalam gelato lebih rendah (4-8%) dari pada es krim (16%).

Meski gelato yang saya nikmati terlihat sedikit karena saya memesan ukuran cup paling kecil, ternyata butuh waktu yang tidak sebentar untuk menghabiskannya. Gelatonya benar-benar padat dan tidak mudah meleleh. Saat dikunyah, tekstur gelato terasa padat, elastis, namun lembut.

Interior Tempo Gelato menarik dan instagramable yang memungkinkan pengunjung bisa berfoto di setiap sudut ruangan. Banyak foto yang dipajang di dinding ruangan. Bila diperhatikan, foto-foto tersebut adalah foto-foto pengunjung dengan berbagai ekspresi sambil menikmati gelato yang enak dan segar.

9 thoughts on “Ke Yogyakarta, Tak Lupa Mampir ke Tempo Gelato”

  1. Saya ke Jogja terakhir itu Oktober tahun lalu. Gak sempat ke sini. Tapi, malah suami yang mampir ke Tempo Gelato. Makanya saya sempat agak kesal ahahaha. Mudah-mudahan bisa balik ke Jogja lagi 🙂

  2. kangen banget akutu sama Tempo Gelato nya di Jogja, aku suka belinya yg d daerah Jakkal nih mas. Tempatnya cozy dan memang endeuss nyegerin banget nih gelatonya, kebayang yg stoberi

  3. Tempo Gelato tuh memang a must visit place banget kalau ke Yogya ya, apalagi sekarang tempatnya lebih luas, lebih nyaman dan parkirannya juga luas. Dan yang terpenting instagrammable banget yaaa hehehehhehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *