Sehat

Lebaran, Perhatikan Pola Makan

“Lebaran sebentar lagi, saat yang dinanti-nanti…”

Selasa ini merupakan hari terakhir menunaikan puasa di bulan Ramadan. Dan esok, hari kemenangan pun tiba. Semua umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari Lebaran atau Idul Fitri ini.

Salah satu momen istimewa di hari Lebaran yaitu setelah shalat Ied, kegiatan silaturahmi pun dilakukan. Berkunjung ke rumah kerabat, tetangga, dan sahabat menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan. Dan tak lupa, berbagai hidangan khas lebaran hadir seperti ketupat, opor, rendang, dan bermacam kuliner yang endeus menyemarakkan suasana.

Kehadiran menu-menu makanan yang menggugah selera tersebut terkadang membuat kita kalap melahap berbagai makanan. Hal inilah yang bisa membuat berat badan naik setelah Lebaran, padahal sudah berpuasa selama sebulan penuh.

Tidak menjadi masalah jika kita menikmati semua makanan dan minuman khas Lebaran itu selama 1-2 hari. Namun, alangkah baiknya untuk cerdas dalam memilih makanan. Makan secara berlebihan akan dapat berdampak pada berat naik. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengatur pola makan saat Lebaran.

1. Bijak memilih makanan

Ketika Lebaran akan banyak kita jumpai menu khas Lebaran yang beragam. Mulai dari makanan yang manis, bersantan, dan berminyak. Makanan tersebut memang terasa sangat menggiurkan dan menggoda.

Makanan yang kita makan saat Lebaran harus tetap mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Sebisa mungkin kurangi makanan berlemak, santan, dan makanan manis, terutama bagi kita yang menderita diabetes dan kolesterol tinggi.

2. Hindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dengan minyak mengandung lemak yang tinggi, tentunya memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu, menu makanan yang direbus atau dipanggang bisa menjadi alternatif.

3. Tidak makan berlebih

Pada saat Lebaran, kita disibukkan dengan acara silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Padatnya kegiatan tersebut akan membuat jadwal untuk berolahraga akan semakin sempit. Karena itu, hindari makanan berlebihan agar lemak dalam tubuh tidak semakin menumpuk karena olahraga yang kurang. Makanlah sesuai porsi harian. Kita bisa makan dengan frekuensi 3 kali makan besar dan diselingi dengan makan buah 2 kali.

4. Jangan tinggalkan buah dan sayur

Buah dan sayur-sayuran dapat dijadikan menu pilihan untuk merayakan Lebaran. Selain lebih sehat dibanding makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Buah dan sayur juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, bisa membantu membuang lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh.

4. Minum air putih

Air putih baik untuk kesehatan tubuh kita. Usahakan agar kita lebih memilih minum air putih dibandingkan dengan menikmati minuman manis atau bersoda untuk menetralisir makanan-makanan yang dikonsumsi saat Lebaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *