Kuliner

Lezatnya Olahan Hasil Laut dengan Racikan Bumbu Nusantara di Pesisir Seafood

Seafood, makanan berbahan dasar hasil laut ini memang tak diragukan lagi kelezatannya. Baik disantap segar dengan diolah sederhana maupun dipadu dengan berbagai bumbu yang kaya rasa, seafood selalu saja membangkitkan selera.

Tiap daerah di Indonesia memiliki beraneka ragam kuliner, termasuk olahan ikan dan hasil laut lainnya. Saat berkunjung ke Padang, maka gulai kepala ikan tak diragukan lagi kelezatannya. Pun ketika jalan-jalan ke Danau Toba, menyantap arsik tentu tidak boleh terlewat begitu saja. Atau, siapa yang tak berselera saat mencicipi ikan woku dari Manado?

Kini, kita tak perlu lagi repot berkunjung ke berbagai daerah untuk bisa mencicipi semua kenikmatan kuliner nusantara tersebut. Cukup datang ke Pesisir Seafood yang berlokasi di Jakarta Barat, maka kita sudah bisa menikmati lezatnya perpaduan seafood segar dengan rempah-rempah khas Indonesia. Lokasi Pesisir Seafood ini tepatnya berada di Jl. Meruya Ilir Raya No.9, RT.4/RW.1, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

Restoran yang bernaung di bawah bendera Bandar Djakarta Group (BanDjak Group) ini akan resmi dibuka tanggal 9 September 2019. Konsep yang diusung yaitu Indonesian Seafood, yang menawarkan kelezatan hidangan melalui perpaduan Live & Fresh Seafood dengan rempah-rempah khas Indonesia. Semua menu mulai dari appetizer, main course, dessert dan beverages memiliki cita rasa khas masing-masing daerah di Indonesia.

Sebelum launching tanggal 9 September 2019, saya dan beberapa teman sempat mencoba mencicipi menu-menu di Pesisir Seafood ini. Lokasi restorannya cukup mudah dijangkau, tidak jauh dari perempatan lampu merah Srengseng. Begitu tiba di lokasi, kita akan melihat bangunan 3 lantai bergaya modern dengan area parkir yang luas, baik di halaman depan maupun samping. Ketika masuk ke dalam restoran, ruangannya luas. Deretan kaca yang terpasang di sepanjang dinding  depan dan samping ruangan lantai 1 ini mampu memberikan kesan terang dan lega.

Karena datang beramai-ramai, kami memesan menu-menu berbeda agar bisa mencicipi beragam kuliner yang ada di Pesisir Seafood. Sambil menunggu makanan disiapkan, kami juga memesan minuman. Saya sendiri memilih Es kopi susu gula aren Melaka. Cita rasa kopi yang khas yang dipadu dengan manisnya susu dan gula aren, cukup enak dinikmati apalagi disajikan dalam keadaan dingin.

Ada beberapa menu makanan yang kami nikmati. Untuk nasi, ada nasi bakar cakalang dan nasi kluwak. Untuk sayurnya, ada tumis kecipir, tumis pucuk labu, dan tumis jagung-terong. Sementara untuk lauknya, ada udang balado pete, ikan kakap bakar parape, cumi woku, hingga gulai kepala ikan, dan beberapa menu lain.

Nasi bakar cakalang, sesuai namanya merupakan nasi bakar yang dipadukan dengan cakalang suwir yang diolah dengan bumbu yang khas dengan tambahan kemangi yang membuat harum aromanya. Rasa nasi bakar cakalang ini gurih dan lezat, apalagi disajikan dalam keadaan hangat.

Nasi kluwak, sepintas terkesan kurang menarik karena tampilannya yang berwarna coklat kehitaman. Namun ketika saya mencicipinya, ternyata rasanya enak. Warna gelap tersebut memang berasal dari kluwak, yang biasa dipakai dalam pembuatan rawon.

Tumis kecipir dan tumis pucuk labu memiliki rasa yang relatif plain. Bumbu rempah yang dipergunakan memang sedikit, namun justru mampu menonjolkan kesegaran dari kecipir dan daun labu tersebut. Sementara untuk tumis jagung dan terong, lebih banyak bumbu yang dipergunakan untuk mengolahnya.

Udang balado pete, ikan kakap bakar parape, dan cumi woku, sangat pas bagi kita yang menggemari masakan pedas dan agak pedas. Rasa dan tekstur dari udang, ikan kakap, dan cumi yang khas, semakin nikmat dipadu dengan bumbu rempahnya.

Bagi penggemar masakan berkuah, gulai kepala ikan perlu untuk dicoba. Ikan yang dipergunakan yaitu ikan lencam yang tekstur dagingnya lembut. Ukuran kepala ikan cukup besar, sehingga satu porsi gulai kepala ikan ini bisa dinikmati beramai-ramai. Saya sendiri sangat memfavoritkan menu yang begitu nikmat ini.

Sebagai penutup, ada pisang goreng dan tape legi yang bisa untuk dinikmati. Porsinya imut dengan rasa manis segar yang khas, disajikan dengan sepotong stroberi sebagai topping untuk mempercantik tampilannya.

Selain menu-menu yang saya sebutkan di atas, masih banyak menu lain yang ada di Pesisir Seafood ini seperti  gulai kepiting, udang bakar Banjar, brekecek ikan tenggiri, cumi Pekalongan, pindang bandeng, kerang asam padeh, lobster saus kari, dan menu lainnya. Beragamnya menu seafood yang disajikan tersebut sesuai dengan misi Pesisir Seafood untuk melestarikan, mempopulerkan masakan nusantara dan menjadi restoran Indonesian Seafood nomor satu yang dikenal hingga ke mancanegara.

Daya tampung Pesisir Seafood cukup besar. Lantai 1 memiliki kapasitas sebanyak 150 tempat duduk, lantai 2 sebanyak 240 tempat duduk, dan lantai 3 merupakan area serbaguna dengan kapasitas hingga 350 orang. Selain itu, Pesisir Seafood menyediakan ruangan meeting dengan kapasitas 30 orang lengkap dengan peralatan infocus dan sound system. Untuk konsep makan keluarga dan ruang serbaguna, terdapat juga area parkir yang cukup memadai, berkapasitas 150 lot parkir mobil dan 100 lot parkir sepeda motor.

Sebagai bentuk komitmen kepada seluruh pelanggan untuk selalu memberikan kenyamanan, Pesisir Seafood menyediakan sudut kreatif dan ruang bermain anak di lantai 1. Dan tidak ketinggaalan, restoran ini memiliki spot-spot yang instagramable yang tentunya cocok bagi pengunjung yang gemar mengunggah foto di media sosial.

Nah, bagi rekan-rekan yang gemar menikmati kelezatan seafood yang dipadu dengan rempah-rempah khas Indonesia, Pesisir Seafood menjadi pilihan yang tepat.

Alamat:
Jl. Meruya Ilir Raya No.9, RT.4/RW.1, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota, Srengseng, Kembangan, West Jakarta City, Jakarta 11630
https://goo.gl/maps/imSu99qsuXid4pQq9

Telp: (021) 25684108, (021) 25684168
Instagram: @pesisir.seafood
Facebook Page: @pesisirseafoodindonesia
Website : www.pesisirseafood.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *