Tekno

Mengenal Nama Latin Tanaman dengan “PlantNet”


Sewaktu masih sekolah dulu, ada salah satu kesulitan yang pernah saya alami dalam mata pelajaran Biologi. Menghafal nama ilmiah makhluk hidup baik binatang maupun tumbuhan menjadi suatu permasalahan serius bagi saya. Mungkin hal serupa juga dialami oleh banyak orang. Sampai saat ini hanya sedikit saja binatang atau tumbuhan yang masih saya ingat nama ilmiahnya, misalnya Dugong dugon dan Oryza sativa.

Perkembangan teknologi digital membawa banyak kemudahan bagi kita saat ini. Ada sebuah aplikasi yang membantu kita untuk mengetahui nama ilmiah, khususnya untuk tanaman. PlantNet, demikian nama aplikasi yang bisa kita unduh dari Google Play Store maupun Apple Store di telepon pintar kita.

Sumber: Google Play Store

PlantNet pada dasarnya adalah sebuah image search engine yang memungkinkan kita mengidentifikasi tanaman. Jika kita ingin tahu apa nama (ilmiah) dari satu tanaman, cukup dengan memasukkan gambar atau foto dari tanaman tersebut ke aplikasi PlantNet ini. Selanjutnya aplikasi tersebut akan memberikan informasi yang kita butuhkan.

Saya mulai dengan memotret beberapa tanaman yang ada di sekitar tempat tinggal saya, dan kemudian saya akan menggunakan bantuan PlantNet untuk menampilkan nama ilmiahnya. PlantNet bisa membeikan informasi nama ilmiah dengan mencocokkan foto atau gambar dari bagian tumbuhan (daun, bunga, buah, dan batang).

Ada dua cara yang bisa saya lakukan untuk memasukkan foto tanaman. Pertama dengan memotret terlebih dahulu dan kemudian memasukkan potret tersebut ke aplikasi. Kedua adalah dengan cara sebaliknya yaitu membuka aplikasi terlebih dahulu lalu menekan tombol kamera yang ada dan memotret tanaman yang saya inginkan.

Sebagai percobaan pertama, saya memotret cabe atau lombok. Saya buka aplikasi dan memasukkan foto cabe tersebut. Kemudian saya pilih bagian tumbuhan yang kita maksud apakah daun, bunga, buah, atau batang. Dan secara cepat PlantNet akan memberikan beberapa alternatif jawaban.

Ada beberapa nama ilmiah berikut gambar yang sama atau mirip dengan gambar yang saya masukkan sebelumnya. Dari sini saya tahu, bahwa nama ilmiah dari cabe adalah Capsicum annuum L..

Percobaan kedua, saya memotret buah, bunga, dan daun belimbing. Dengan langkah yang sama dengan cara sebelumnya, maka saya bisa tahu nama ilmiah belimbing adalah Averrhoa carambola L..

Beberapa tumbuhan yang dekat “kekeluargaannya” memiliki bagian-bagian yang mirip baik daun, bunga, buah, atau batang. Hal tersebutlah yang membuat PlantNet akan memberikan beberapa pilihan jawaban nama ilmiah atas informasi foto yang kita umpankan.

Pada percobaan ketiga, saya memotret daun singkong. PlantNet akan memberikan alternative hasil jawaban yang beragam dengan menampilkan beberapa daun yang sama dan mirip dengan daun singkong yang bentuknya mirip telapak tangan manusia tersebut. Saya kemudian bisa memilih jawaban yang sesuai berdasarkan gambar yang paling sesuai.

Aplikasi PlantNet menurut saya sangat bermanfaat. Dengan cara yang mudah dan asyik, saya bisa belajar mengenal nama-nama ilmiah dari berbagai tanaman.

2 thoughts on “Mengenal Nama Latin Tanaman dengan “PlantNet””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *