Serba-serbi

Ngobrol Seru Bareng BUMN

Tanggal 13 April 2019, Kementerian BUMN akan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-21. Dari tahun ke tahun, peringatan HUT BUMN selalu meriah dan diisi dengan berbagai program, promo dan acara yang menarik serta melibatkan masyarakat umum.

Untuk mengetahui kegiatan yang berlangsung pada rangkaian acara HUT Kementerian BUMN ke-21 tersebut, sebuah acara talk show Paradigma mengambil tema “Ngobrol Seru Bareng BUMN” yang ditayangkan di UseeTV pada tanggal 5 April 2019 lalu. Sebagai narasumber pada acara tersebut, hadir Fajar Harry Sampurno (Deputy KBUMN), Yossy Istanto (Direktur Human Capital BTN), Rendy Herison (digital analist), dan Wendy Marc (artis dan influencer).

Fajar Harry Sampurno (Deputy KBUMN)

Fajar Harry Sampurno mengatakan, dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-21 Kementerian BUMN, sejumlah kegiatan sosial dan edukatif yang menarik diadakan sepanjang Maret – April 2019. Kegiatan-kegiatan tersebut misalnya program BUMN Goes to Campus di 10 perguruan tinggi yang berada di 10 kota di Indonesia. Salah satunya di Universitas Siliwangi, Kahuripan Kota Tasikmalaya Rabu, 20 Maret 2019 yang lalu.

Kementerian BUMN juga memperkenalkan LinkAja agar masyarakat bersiap-siap menghadapi era digital ini. LinkAja akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh berbagai layanan BUMN, hanya melalui satu platform pembayaran saja.

Masyarakat di daerah Sumut, Jabar, dan Jawa Tengah sudah mencoba transksi dengan LinkAja. Bahkan ketika sedang ke pasar, membeli teri, cara membayarnya bisa pakai LinkAja. Cara moderen dan praktis seperti ini cocok bagi generasi milenial.

BUMN cukup besar, kita mengenal Pertamina, Telkom dan yang lainnya. Tagline yg digunakan pada peringatan HUT tahun ini adalah “One Nation One Vision One Family To Excellence” yang menyatukan perusahaan-perusahaan BUMN untuk berkumpul bersama merayakan HUT Kementerian BUMN. 

Yossy Istanto (Direktur Human Capital BTN)

Bapak Yossi Istanto menyampaikan kegiatan yang dilakukan Bank BTN, misalnya Islamic Next Gen pada tanggal 26-27 Januari 2019 di Bandung dengan kegiatan seperti kompetisi nada Islami, hijab hunt, dan santripreneur.

Kegiatan lainnya misalnya acara di Bekasi dan Ciamis yaitu bersih-bersih kampung, pemberian fasilitas pembuangan sampah, sanitasi, dan penanaman pohon agar lebih sejuk. Juga ada promosi LinkAja kepada masyarakat dengan penjualan produk retail BUMN senilai Rp. 42.500, tetapi dijual Rp. 10.000 kepada masyarakat. BTN juga punya program KPR Gaeesss bagi generasi milineal, yang memberikan kemudahan untuk memiliki rumah.

Rendy Herison (Digital Analyst)

Rendy Herison mengungkapkan, kegiatan-kegiatan BUMN di beberapa daerah juga ramai diperbincangkan di media sosial. Ini menjadi bukti bahwa BUMN tidak lagi kaku, dengan adanya karyawan-karyawan BUMN yang juga generasi milenial.

Berbincang soal BUMN, banyak berita-berita miring yang sering bersliweran di media sosial yang menyebutkan bahwa BUMN merugi. Benarkah demikian? Ternyata itu HOAKS, berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Nyatanya, dalam 4 tahun terakhir BUMN kita mencatatkan keuntungan. Laba BUMN tercatat terus mengalami kenaikan selama 2015-2018. Laporan terakhir, BUMN mencatatkan keuntungan Rp188 triliun pada 2018.

Saat ini kita tengah dipusingkan dengan hoaks yang menyebar di media. Ada tips dari Bapak Rendi agar kita jangan sampai termakan hoaks yaitu dengan mencari terlebih dulu sumber berita. Pastikan bahwa sumbernya berasal dari web atau orang yang kompeten.

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam peringatan HUT BUMN yaitu Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 tanggal 31 Maret lalu. Ajang lari internasional ini pertama kali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berkolaborasi dengan Bank Mandiri.

Ada 3 kategori lomba pada Banyuwangi Half Marathon 2019 yang diikuti sekitar 1.000 peserta tersebut, yakni 21K (Half Marathon), 10K, dan 5K. Bapak Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) ikut hadir menyampaikan sambutan dan melepas start. Selain itu juga ada penampilan para penari Gandrung yang turut mengiringi pelepasan peserta kategori 5K.

Wendy Marc

Salah seorang peserta lari Banyuwangi Half Marathon 2019 kategori 5K yaitu Wendy Marc, seorang penyanyi dan juga influencer di Indonesia. Menurutnya, event ini luar biasa karena bisa mensinergikan baik elemen pemerintah maupun masyarakat untuk terlibat. Bahkan anak-anak SD pada hari Minggu datang dan ikut mendukung Banyuwangi Half Marathon 2019 ini.

Yang menarik juga di Mandiri Banyuwangi Half Marathon, diadakan undian tanpa menggunakan kertas untuk pertama kalinya. Pengundian hadiah menggunakan cara baru yaitu dengan melakukan snap QR LinkAja.

Di akhir acara, Wendy membawakan sebuah lagu untuk menghibur pemirsa dengan suara merdunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *