Kuliner

Perayaan 70 Tahun Hubungan Indonesia-Amerika dengan Nasi Tumpeng Kismis a la Kem Chicks

70 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 28 Desember 1949, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat secara resmi dimulai. Peristiwa bersejarah tersebut ditandai dengan pengakuan Amerika Serikat atas kemerdekaan Indonesia dan penunjukkan Duta Besar pertama di Indonesia H. Merle Cochran untuk Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Satu tahun kemudian, Indonesia menunjuk Dr. Ali Sastroamdjojo sebagai duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada tangal 25 Februari 1950.

Peringatan hubungan Indonesia-Amerika Serikat yang ke-70 tahun ini dirayakan dengan berbagai acara oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah maupun swasta. Kem Chicks, salah satu supermarket yang berada di Kemang, Jakarta Selatan memeringatinya dengan melakukan syukuran pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 lalu. Acara pemotongan tumpeng dilakukan di area supermarket yang didirikan oleh pengusaha Bob Sadino tersebut. 

Para petinggi Kem Chicks dan perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat turut hadir pada acara tersebut. Mereka adalah Bapak Leonard Tjahjadi (Vice President Peka Consult, Inc.), Ibu Nurwati Brotoleksono (Direktur Kem Chicks Kemang) dan Chris Ritggers (Konsuler Pertanian dan Perdagangan Kedutaan Besar Amerika Serikat).

Dalam sambutannya, Bapak Leonard Tjahjadi mengatakan bahwa nasi kuning (tumpeng) dibuat sangat istimewa yaitu dengan paduan kismis, begitu juga dengan perkedel yang dibuat dari  kurma Amerika, juga empal dari daging Amerika.

Sementara Chris Ritggers memberikan apresiasi atas acara yang diselenggarakan oleh Kem Chicks. Kem Chicks merupakan supermaket yang dikenal menyediakan makanan dari seluruh dunia. Acara tersebut sangat baik untuk sharing makanan langsung dari seluruh penjuru dunia khususnya dari Amerika. Acara tersebut juga menjadi contoh yang baik yang menunjukkan hubungan yang kuat antara Amerika dan Indonesia dalam hal makanan, dan juga budaya dari Amerika Serikat bisa share dengan Indonesia.

Setelah selesai sambutan, acara dilanjukan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Director Kemchicks Kemang Ibu Nurwati Brotoleksono. Ibu Nurwati kemudian secara simbolis menyerahkan potongan tumpeng kepada Bapak Leonard dan Chris yang menandakan hubungan baik antara Indonesia dan Amerika.

Nasi tumpeng yang biasanya dibuat dari nasi putih atau nasi kuning atau nasi gurih, pada acara tersebut memang dibuat lebih spesial yaitu berupa nasi tumpeng dengan taburan kismis. Berbagai lauk menjadi pelengkapnya, yaitu berupa perkedel, sambal goreng kentang hati, dan lain-lain. Kismis atau raisin yang dipergunakan tersebut merupakan produk dari Amerika Serikat. Lauk yang lain juga menggunakan perpaduan bahan dari Indonesia dan Amerika Serikat. Hal ini menjadi bukti bahwa kuliner Indonesia juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal Amerika Serikat.

Selain nasi tumpeng dan aneka lauknya, bebagai makanan khas Amerika juga disajikan. Seperti burger, salad, roti, skutel, pizza, dan lain-lain. Saya ikut mencicipi berbagai kuliner tersebut, dan rasanya begitu enak.

Pengenalan kuliner Amerika juga ditampilkan melalui demo memasak yang dilakukan oleh Chef Andi. Chef Andi menunjukkan bagaimana membuat steak dengan bahan daging yang diimpor dari Amerika Serikat. Terampil dan atraktifnya Chef Andi membuat demo mampu menarik perhatian dari para pengunjung Kem Chicks.

Bagi pengunjung yang ingin mencicipi kuliner Amerika lainnya, bisa datang ke Bob Bistro yang lokasinya masih satu atap dengan Kem Chicks. Resto ini menyajikan berbagai olahan daging sapi dari Amerika. Ada dabu-dabu rib eye, daging sapi US lada hitam, daging sapi US sambal matah, dan menu yang lainnya.

1 thought on “Perayaan 70 Tahun Hubungan Indonesia-Amerika dengan Nasi Tumpeng Kismis a la Kem Chicks”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *