Camera CCTV
Gawai & Elektronik

Perhatikan Hal Ini saat Memasang Camera CCTV di Kantor Arsitek

[ A+ ] /[ A- ]

Camera CCTV merupakan salah satu peralatan penting yang wajib Anda gunakan di zaman sekarang ini. Terlebih bagi Anda yang memiliki usaha dan membutuhkan tingkat pengawasan yang ekstra. Salah satunya yakni kantor arsitek yang menyimpan banyak aset fisik dan nonfisik yang sangat berharga. Sehingga, sangat dibutuhkan CCTV yang mampu meningkatkan keamanan.

Tentu saja hal ini digunakan untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan misalnya saja kasus pencurian aset. Dengan menggunakan CCTV pastinya jauh lebih mudah dalam hal pengawasan dan Anda juga bisa turut mengontrolnya meski sedang tidak di lokasi.

6 Hal Penting saat Memasang Camera CCTV di Kantor Arsitek

Dalam pemasangan CCTV di kantor arsitek tentu harus mempertimbangkan beberapa hal agar camera CCTV dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, sebelum pemasangan ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini sehingga pemasangan CCTV dapat meningkatkan keamanan bagi usaha Anda.

1. Perhatikan Jenis Kamera yang Akan Digunakan

Banyak orang mengira bahwa semua jenis kamera CCTV memiliki kegunaan yang sama. Padahal ada banyak sekali perbedaan yang tergantung pada tempat, waktu, dan kegunaan dari CCTV tersebut. Ada banyak sekali jenis CCTV yang beredar di pasaran.

Misalnya saja untuk CCTV lalu lintas tentu tidak akan sama dengan CCTV yang digunakan untuk pabrik. Selain itu, CCTV yang hanya diaktifkan malam hari tentu tidak sama dengan CCTV harus aktif sepanjang waktu. 

Ada juga spesifikasi yang berbeda misalnya fitur yang bisa bergerak ke berbagai arah, gambar HD atau hal lain. Sehingga, pertimbangkan dulu tempat, waktu, dan kegunaan sebelum memilih jenis CCTV nya.

2. Memiliki Banyak Perangkat Pendukung

Bagi orang yang awam dengan camera CCTV tentu akan mengira bahwa CCTV hanya menggunakan lensa kamera saja. Padahal ada banyak sekali perangkat pendukung CCTV yang harus dirawat sehingga CCTV bisa bekerja secara optimal.

Adapun perangkat CCTV tersebut diantaranya yakni perangkat terhubung, adaptor, hard disk, perekam HD, koneksi internet dan masih banyak lagi yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang CCTV. Tentu, dengan mengetahui akan jauh lebih mudah dalam merawatnya.

3. CCTV Indoor dan CCTV Outdoor

Sebelum pemasangan, Anda harus mengetahui letak pemasangan CCTV apakah CCTV tersebut digunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Pasalnya, ini menentukan jenis CCTV atau lensa yang akan digunakan. Anda tidak bisa menggunakan CCTV indoor untuk outdoor, begitupun sebaliknya. 

CCTV outdoor dari segi ketahanan juga berbeda dengan yang diperuntukkan di dalam ruangan. Untuk CCTV outdoor pasti memiliki pelindung casing yang disesuaikan dengan kondisi luar ruangan seperti hujan dan panas. Beberapa CCTV luar ruangan juga dilengkapi blower untuk perlindungan dimana CCTV indoor tidak memilikinya.

4. Titik Pemasangan, Area dan Jumlah CCTV

Sebelum memutuskan membeli kamera CCTV, sebaiknya tentukan terlebih dahulu titik mana yang akan dipasangi CCTV. Karena hal ini menyangkut tipe CCTV yang akan digunakan. Misalnya saja untuk tipe CCTV dome diperuntukkan untuk dalam ruangan yang bisa menjangkau berbagai sudut dalam rumah. Lain hal, dengan CCTV outdoor yang hanya bisa digunakan untuk luar ruangan. 

Sedangkan untuk jumlahnya, Anda perlu memastikannya. Pasalnya, CCTV hanya memiliki kemampuan 70 derajat untuk menjangkau ruangan. Sehingga, perhatikan penting peletakannya usahakan yang luas sehingga dapat menjangkau semua sudut. Hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah CCTV yang akan dipasang. Nah, yang terpenting yakni dengan mengutamakan ruangan aset, ruang kerja dan ruangan lain yang sekiranya membutuhkan CCTV untuk pengawasan.

5. Analog vs IP CCTV

Penting juga untuk mengetahui jenis kamera CCTV yang akan Anda gunakan apakah jenis analog atau IP CCTV. Dalam hal ini IP CCTV memiliki teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan CCTV analog. Dengan menggunakan CCTV IP Anda dapat melihat gambar secara real time dengan menautkan CCTV dan perangkat bisa hp ataupun laptop.

Tidak hanya itu saja, IP CCTV juga memiliki fitur zoom dan juga speaker yang bisa Anda gunakan untuk komunikasi dua arah dengan orang lain yang ada di titik CCTV itu berada. Meskipun dari segi budget cenderung lebih mahal, akan tetapi sangat sesuai dengan kualitas yang ditawarkan terutama yang recommended bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

6. Kualitas Gambar yang Dihasilkan

Pertimbangan lain yang harus Anda pikirkan adalah hasil gambar yang dihasilkan. Anda harus mempertimbangkan apakah jenis CCTV ini memiliki gambar yang jelas dan jernih meskipun di malam hari sekalipun. Semakin tinggi kualitas gambar yang dihasilkan tentu akan semakin baik pula pengawasan di tempat Anda. 

Hikvision AcuSense, Kamera CCTV Terbaik untuk Kantor Arsitek

Sumber gambar: pexels.com

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas tentu Anda akan mendapatkan kinerja yang optimal dari CCTV tersebut. Salah satu produk IP CCTV yang paling banyak digunakan karena kualitasnya yang baik yakni CCTV Hikvision AcuSense. Adapun keunggulan yang ditawarkan dari CCTV digital Hikvision AcuSense, adalah: 

  • Performa hasil rekaman sangat responsif dan real time. 
  • Punya akurasi rekaman yang tinggi
  • Pencarian hasil rekaman lebih mudah karena teknologi AcuSense memiliki kemampuan untuk membedakan orang dan kendaraan dari objek bergerak lainnya
  • Pemasangannya mudah, bahkan bisa dipasang sendiri. 

Untuk keamanan yang ekstra, Anda dapat mempertimbangkan camera CCTV Hikvision AcuSense yang memiliki berbagai keunggulan. Selain dapat merekam gambar secara real time, teknologi pada kamera ini juga menghasilkan gambar yang jelas dan jernih meskipun malam hari. Anda juga bisa memanfaatkan fitur speaker pada kamera untuk melakukan komunikasi dua arah dengan orang yang berada dalam kamera CCTV tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemantauan dari jauh karena CCTV dapat ditautkan dengan perangkat hp ataupun laptop. Sehingga mobilitas Anda yang tinggi tidak jadi hambatan untuk melakukan pengawasan. Untuk info lebih detail terkait produk Hikvision AcuSense, silakan cek di link berikut 

https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/acusense-products/

 
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *