Petualangan Naik Gunung di Jelajah Makki Ungu Net TV
Hiburan

Serunya Petualangan Naik Gunung di Jelajah Makki Ungu

Petualangan naik gunung biasanya identik dengan anak muda. Namun anggapan tersebut tak selamanya benar. Makki Parikesit yang berusia 50 tahun bahkan berhasil naik 7 gunung di Jawa dan Lombok. Aksi dari musisi band Ungu ini bisa disaksikan dalam program Jelajah Makki Ungu di Net TV mulai 23 April 2022.

Jelajah Makki Ungu dikemas dalam format film semi-dokumenter. Di film tersebut diperlihatkan Makki Ungu melakukan motor-riding dan hiking bersama tim, dimulai dari Jakarta dan berakhir di Lombok. Kualitas visualnya yang bagus membuat film ini enak untuk ditonton.

Saya berkesempatan hadir di press conference dan buka puasa bersama ‘Ekspedisi Parikesit 7 Saga’ di Vadeva Cafe, Kemang, Jakarta Selatan (20/4). Makki Parikesit mengaku gemar melakukan petualangan dan pendakian sejak duduk di bangku SMP. 

Persiapan fisik untuk program Jelajah Makki Ungu dilakukannya beberapa bulan sebelumnya. Makki melakukan olahraga seperti renang dan jogging. Selain itu ia juga melakukan pendakian ke beberapa gunung yang ada di Jawa Barat.

Ia sangat bangga bisa menyelesaikan pendakian 7 gunung di pulau Jawa dan Lombok tersebut. Ketujuh gunung yang ditaklukkannya yaitu Gunung Ciremai (Jawa Barat), Gunung Sindoro dan Sumbing, (Jawa Tengah), Gunung Lawu (perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur), Gunung Arjuno dan Welirang (di Jawa Timur), serta Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat). Produksi film Jelajah Makki Ungu “Ekspedisi Parikesit 7 Saga” sekaligus untuk merayakan usia 50 tahun sang musisi, yang mengibarkan bendera Makki Parikesit Adventure pada setiap puncaknya.

Acara press conference tidak hanya menghadirkan Makki Parikesit, tetapi juga tim dari Belantara Studio yang memproduksi tayangan semi-dokumenter tersebut. Belantara Studio sendiri merupakan Studio IP (Intelektual Property) dan Rumah Produksi Film Animasi dan karya audio-visual. 

Belantara Studio (Belantara Budaya Indonesia) didirikan pada tahun 2012 serta berfokus pada kreasi dan pengembangan Intelectual Property dan jasa kreatif. Dengan team yang berpengalaman di bidang desain grafis dan industri animasi, maka tidak mengherankan bila hasil karyanya sangat berkualitas. Dipimpin oleh Oktodia Mardoko (Odi) dan Setia Sari (Arie), Belantara Studio siap meluncurkan IP pertamanya “Makki Parikesit Adventure” melalui program  Jelajah Makki Ungu. 

Dalam produksi film semi dokumenter petualangan tersebut, Makki ditemani oleh beberapa talent. Antara lain Didi Fauzie, Fahmi Pahlevi (VP dan Group Head Indosat), Aulia Ibnu Sina, Khansa (seven summiter termuda), Setia Sari (sang produser), Sofyan Arief Fesa (seven summiter dari Indonesia), Andy Fatic, dan Nunu (founder Kata Hati Institute).

Ada satu talent yang berhasil menarik perhatian pada press conference, yaitu Khansa. Di usianya yang baru 16 tahun, Khansa telah mendaki 70 gunung di Indonesia dan luar negeri. Ia telah menaklukkan gunung-gunung tertinggi di dunia, seperti Kilimanjaro (Tanzania) dan Puncak Kartenz (Pegunungan Jaya Wijaya di Papua).

Film Ekspedisi Parikesit 7 Saga ini tak hanya menampilkan aktivitas motor-riding dan hiking yang berlatar belakang keindahan alam Indonesia. Dalam program tersebut, tim Makki Parikesit Adventure juga berinteraksi dengan warga lokal. 

Kegiatan sosial pun dilakukan oleh tim di setiap lokasi yang dikunjungi. Antara lain Parikesit Peduli untuk pariwisata, lingkungan dan pendidikan seperti pembuatan plang penunjuk di base camp dan jalur pendakian, Pojok Pustaka Parikesit, serta pelatihan manajemen sampah dan fotografi. 

Penduduk Indonesia memang dikenal dengan keramahtamahannya. Hal ini dirasakan pula oleh tim Makki Parikesit Adventure. Kedatangan mereka mendapat sambutan yang luar biasa oleh masyarakat setempat. Misalnya atraksi drum band yang dilakukan oleh anak-anak SD untuk menyambut tim. Meskipun dalam kondisi hujan, atraksi tetap dilakukan anak-anak tersebut.

Jelajah Makki Ungu tentunya menjadi tayangan yang perlu disaksikan oleh pemirsa televisi tanah air. Pemirsa bisa mengenal petualangan naik gunung yang tidak hanya mengeksplor keindahan alam Indonesia, tetapi juga pesan sosial yang ada di dalamnya. Penonton bisa menikmati alam, kuliner, atau hal-hal lainnya yang tersembunyi dari tiap daerah di tanah air. 

Secara personal, acara ini juga memberikan inspirasi bagi saya. Apa yang dilakukan oleh Makki Ungu di usianya yang tak lagi muda membawa pesan bahwa usia bukanlah halangan untuk menaklukkan tantangan-tantangan besar.

Yuk, saksikan program Jelajah Makki Ungu “Ekspedisi Parikesit 7 Saga” yang ditayangkan di Net TV mulai 23 April 2022. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.