Tekno

Philips Hue, Lampu Pintar yang Mampu Dukung Suasana Hati

Cahaya memiliki peran penting dalam kehidupan. Kita mampu melihat objek dan warna karena cahaya. Lebih dari itu, cahaya juga memberi pengaruh terhadap mood atau perasaan. Antara cahaya dengan warna satu dan yang lain, mood yang ditimbulkan tidaklah sama. Karenanya, cahaya tak lagi sekedar terang dan gelap.

Pengaturan pencahayaan untuk hunian menjadi hal penting, karena akan mempengaruhi mood penghuninya. Ada dua teknik menciptakan pencahayaan untuk hunian, yaitu dengan cahaya alami dan dengan lampu. Di waktu siang hari, cahaya matahari dapat kita manfaatkan untuk pencahayaan tersebut. Namun ketika malam hari, kita memerlukan sumber pencahayaan yang lainnya, yaitu lampu.

Dalam menggunakan lampu, prinsip ‘asal terang’ sudah tidak tepat lagi. Untuk membantu kenyamanan, kita perlu mengontrolnya saat menggunakannya. Sebuah lampu tak hanya memiliki fungsi yang berhubungan dengan terang yang dihasilkan, namun juga efek yang ditimbulkan dari cahaya terang tersebut. Dengan mengontrol cahaya di dalam hunian, manfaat cahaya tersebut dapat secara optimal didapatkan. Manfaat tersebut antara lain:

Mencipta Keindahan. Cahaya dapat meningkatkan kualitas estetika sebuah hunian. Detail dan elemen arsitektur yang spesifik bisa dititonjolkan dengan jenis pencahayaan tertentu, sehingga objek tersebut menjadi dominan dan lebih indah.

Memperbaiki Mood. Cahaya dalam sebuah hunian dapat memberi kesan tertentu yang berpengaruh pada penghuninya. Cahaya biru mampu menenangkan pikiran, atau hijau cocok untuk relaksasi dan menyeimbangkan emosi.

Membentuk Persepsi. Cahaya juga dapat menciptakan nuansa dan karakter ruang yang diinginkan. Efek cahaya bisa menciptakan kesan lebih luas pada sebuah ruang yang sempit,  atau kesan lebih tinggi pada sebuah ruang yang rendah.

Philips Hue Inovasi Lampu Masa Kini

Philips Indonesia sebagai produsen elektronik ternama tidak pernah berhenti melakukan inovasi. Jika selama ini kita harus membeli banyak lampu untuk memperoleh beragam varian warna, maka kini sudah ada solusi terhadap permasalahan tersebut. Philips Indonesia meluncurkan Philips Hue, sebuah lampu pintar yang memiliki kombinasi 16 juta warna.

dok. pribadi

Philips Hue hadir sebagai lampu pintar yang mampu menciptakan suasana dengan berbagai warna sesuai keinginan. Philips Hue dikatakan ‘lampu pintar’ karena lampu ini menggunakan jaringan nirkabel yang memungkinkan orang menjadi terhubung, mengelola, dan mengendalikan suasana pencahayaan di berbagai ruangan dari jarak jauh melalui smartphone. Pencahayaannya dapat diselaraskan dengan perangkat lain seperti televisi, unit radio, dan konsol permainan.

Dalam acara peluncuran Philips Hue di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, pada Senin, 20 Mei 2019, Ibu Indah Suzanti, Product Marketing Manager Philips Indonesia mengatakan bahwa lampu ini bukan sekadar alat untuk menerangi ruangan, tapi juga mendukung suasana hati penggunanya dengan berbagai warna yang dapat ditampilkan.

Jika dihubungkan ke aplikasi e-mail atau layanan chat, maka ketika ada notifikasi email ataupun pesan masuk, Philips Hue bisa diatur untuk berkedip ataupun berubah warna,” demikian diungkapkan Ibu Indah Suzanti.

Dalam acara tersebut, hadir juga seorang vloger yang memberikan testimoni tentang Philips Hue tersebut. Ia sering membuat video tentang review beberapa produk dan mengunggahnya di kanal Youtube miliknya.

Salah satu kendala non teknis yang ia hadapi yaitu mengenai lokasi untuk pengambilan gambar. Menurutnya, ruang kerja miliknya terkesan ‘begitu-begitu saja’ dan perlu sentuhan agar tidak terkesan membosankan.

dok. pribadi

Untuk mengakali kesan membosankan tersebut, ia menggunakan Philips Hue untuk pencahayaan ruangan. Lampu ini bisa diatur warnanya, sesuai yang diinginkannya. Dengan demikian, ia bisa mengubah-ubah warna ruang kerjanya tanpa harus mengganti warna cat dindingnya.

Beberapa manfaat yang dihadirkan oleh Philips Hue antara lain

Kemudahan pengendalian dan kenyamanan. Philips Hue menyalakan lampu saat kita tiba di rumah dan memungkinkan kita mengendalikan lampu dari kamar tidur atau halaman belakang rumah. Bahkan membuat tampak seperti kita berada di rumah padahal tidak. Semua tentang menyederhanakan rutinitas.

Lampu untuk momen.Philips Hue menciptakan suasana yang tepat untuk setiap momen. Philips Hue dapat membangunkan kita secara alami, membantu membangkitkan energi, bersantai, dan bahkan membantu kita tertidur.

Semua bisa dilakukan.Dengan mengunakan Philips Hue, maka kita dapat mengubah lampu biasa menjadi pengalaman yang luar biasa. Pilih warna atau selaraskan lampu cerdas kita dengan musik, permainan, dan film. Dengan ratusan aplikasi yang dapat dipilih, semuanya tergantung imajinasi kita.

Pengoperasian yang Mudah

Meski sebagai lampu pintar, Philips Hue tidaklah susah dalam pengoperasiannya. Cara pengoperasian Philips Hue begitu mudah, yaitu:

www.meethue.com

– Pasang bola lampu Philips Hue (Hue Bulb) ke fitting yang ada dan atur saklar di dinding pada posisi ON.

www.meethue.com

– Pasang Bridge dan hubungkan Bridge dengan router Wi-Fi mengunakan kabel jaringan yang disediakan. Tunggu hingga tiga lampu menyala dan Bridge siap digunakan. Perangkat Bridge bisa didapatkan melalui pembelian paket Philips Hue Bulb Starter Kit yang beisi 3 Hue Bulb dan Bridge

www.meethue.com

– Unduh aplikasi Philips Hue di App Store atau Google Play Store. Hubungkan dengan Bridge dan temukan tipe lampu. Philips Hue siap digunakan.

Selain menggunakan smartphone, Philips Hue juga bisa dikontrol melalui saklar biasa, local control (jika kita punya lampu standing yang memiliki kabel), atau smart control melalui perangkat dimmer switch.

Ada tiga tipe lampu cerdas dengan berbagai macam bentuk, ukuran, dan model yang ditawarkan oleh Philips Hue, yaitu Hue Bulb E27 yang mudah dikendalikan dan nyaman, lalu ada Hue Lightstrip untuk cahaya yang nyaman dan hangat sampai ke putih sejuk untuk menemani aktivitas sehari-hari, dan Hue Go untuk mendapatkan pengalaman cahaya yang lebih dramatis

www.meethue.com

Produk-produk tersebut tersedia di Erafone dan Urban Republic.

Philips Hue bisa bertahan hingga 20 ribu jam. Lampu ini bukan sekadar alat untuk menerangi ruangan, tapi juga mendukung suasana hati penggunanya dengan berbagai warna yang dapat ditampilkan.

Dari segi perangkat lunak, ada 700 aplikasi yang bisa mengendalikan Philips Hue. Salah satunya adalah Hue Disco. Jika pengguna memutar lagu melalui speaker, warna cahaya pada lampu akan mengikuti irama.

Dengan menggunakan koneksi internet, Philips Hue bisa dihubungkan dengan berbagai aplikasi yang ada di smartphone. Misalnya dihubungkan dengan e-mail atau layanan chat, maka ketika ada notifikasi email ataupun pesan masuk, Philips Hue bisa diatur untuk berkedip ataupun berubah warna.

dok. pribadi

Pada acara peluncuran Philips Hue tersebut, dilakukan juga kunjungan ke Urban Republic di Pondok Indah Mall untuk menjajal secara langsung pengoperasian Philips Hue.

Menarik sekali, dengan hanya menggunakan aplikasi pada tablet (yang sudah terkoneksi dengan produk Philips Hue), maka warna lampu bisa diubah-ubah sesuai keinginan.

Pada layar tablet, tampil sebuah lingkaran yang memuat bermacam-macam warna. Kita tinggal menyentuh lingkaran tersebut. Ketika bagian warna pada layar tersebut disentuh, maka warna lampu akan menyesuaikan. Biru, kuning, purple, tosca, dan bermacam warna lainnya.

Selain melalui sentuhan pada layar, Philips Hue juga memanjakan penggunanya dengan fitur perintah suara melalui Google Home dan alat perintah suara lainnya. Dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Inggris, warna lampu akan mengikuti instruksi tersebut. Misalnya: “Turn on blue,” maka lampu Philips Hue pun berubah warnanya menjadi biru.

dok. pribadi

Inovasi Philips Indonesia melalui produk Philips Hue ini sangat menarik. Warna ruangan bisa diatur untuk menghasilkan mood yang diinginkan, tanpa harus mengganti warna cat dindingnya. Home Sweet Hue!

Banyak inspirasi yang akan lahir berkat kehadiran lampu pintar ini. Mari munculkan banyak inspirasi dan ciptakan bermacam kreasi dengan Philips Hue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *