Sehat

Pria Juga Perlu Perawatan Wajah

Tidak hanya wanita yang perlu memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat, pria juga membutuhkan hal yang sama. Kenyataannya, bila dibandingkan dengan wanita, kebanyakan pria memang memiliki segudang aktivitas luar ruangan. Kondisi inilah yang membuat kulit wajah pria lebih berisiko kotor.

Saya sendiri menyadari aktivitas yang saya lakukan berdampak pada kulit wajah saya. Empat tahun terakhir saya memang memiliki hobi baru yaitu berlari. Dalam satu minggu, saya biasa berlari tersebut 2-3 kali. Saya melakukan aktivitas tersebut di luar ruangan, yaitu di jalan yang berada di kompleks perumahan tempat saya tinggal.

Setiap berlari, waktu yang saya perlukan 1-2 jam. Biasanya saya melakukannya pada sore hari, sekitar jam 4 sore. Keringat, debu, asap kendaraan bermotor dan sinar matahari menjadi hal yang tidak bisa terhindarkan. Tentu saja hal ini berdampak pada kulit wajah.

Intensitas berlari semakin bertambah saat saya mengikuti lomba. Tidak terlalu sering, saya 4-6 kali dalam satu tahun mengikuti lomba lari yang sebagian besar adalah nomor jarak jauh.

Saya bukanlah pelari cepat, sehingga butuh banyak waktu untuk menyelesaikan lomba. Untuk nomor full marathon yang berjarak 42 kilometer, saya membutuhkan waktu sekitar 7 jam. Jangan bandingkan dengan pelari profesional yang cukup 2,5 jam saja untuk menyelesaikannya. Bisa dibayangkan, betapa beratnya ‘penderitaan’ yang harus dialami oleh kulit wajah saya.

Keringat serta paparan sinar UV dari matahari, debu, dan asap kendaraan menjadi hal tak terhindarkan. Setiap kali selesai mengikuti lomba lari, kulit wajah saya akan terlihat lebih gelap dan kusam selama berhari-hari, bahkan bisa sampai 2 minggu. Saya tidak memiliki perawatan kulit wajah secara khusus. Produk yang biasa saya pakai selama ini yaitu foam pembersih wajah untuk pria yang banyak dijual di toko atau minimarket. Hasilnya, menurut saya, tidak maksimal untuk mengatasi problem kulit wajah.

Beruntung, saya bersama teman-teman Komunitas Sahabat Blogger pada tanggal 25 Maret 2019 terundang untuk menghadiri acara 1st Anniversary ID Beauty Clinic. Setiap peserta yang hadir mendapat goodie bag yang salah satunya berupa voucher senilai Rp 3.300.000,-untuk treatment ID Satin Glow di ID Beauty Clinic. Pada hari itu juga, saya melakukan reservasi untuk penjadwalan treatment.

Sesuai jadwal, saya kembali datang ke ID Beauty Clinic yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol Jakarta tersebut untuk mendapatkan perawatan ID Satin Glow. Ada 3 tindakan utama yang dilakukan, yaitu: Diamond Microdermabrasion, Instabrite Laser, dan Oxygen Infusion Mask. Semua produk, bahan, dan mesin yang ada di ID Beauty Clinic Jakarta sudah teregister di BPOM dan disetujui FDA.

Diamond Microdermabrasion

Proses Diamond Microdermabrasion ini dilakukan di lantai dasar klinik. Sesuai namanya, proses ini merupakan tindakan mengabrasi atau mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

Sebagai langkah awal, kulit wajah dibersihkan dengan sabun dan selanjutnya dilakukan proses scrub. Rasanya sejuk dan segar di kulit wajah saya. Setelah dilakukan dua langkah awal tersebut, langkah berikutnya adalah tahapan inti untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah.

Bisa dibilang langkah ini mirip proses peeling, namun dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang ujungnya terdapat diamond. Ada kesan sedikit kasar seperti amplas halus, namun tidak terlalu sakit, yang perlahan diaplikasikan ke wajah saya.

Bagian kiri wajah saya terlebih dahulu mendapatkan treatment ini. Sebelum dilanjutkan ke sebelah kanan, mbak terapis sejenak mempersilakan saya memegang kulit wajah saya. Beda sekali rasanya, bagian kiri yang sudah dibersihkan jauh terasa halus jika dibandingkan dengan bagian kanan.

Kemudian mbak terapis melanjutkan proses pada bagian kanan wajah saya. Pada akhir proses ia memperlihatkan kepada saya, ada semacam serpihan-serpihan hitam yang menempel pada kapas. Sebenarnya itu adalah sel-sel kulit mati yang sudah diangkat dari kulit wajah saya. Hasilnya kulit begitu halus.

Instabrite Laser

Dari lantai dasar, saya menuju lantai 2 untuk proses Instabrite Laser. Proses ini bertujuan untuk mencerahkan kulit menggunakan sinar laser. Sinar laser akan ditembakkan ke bagian kulit dan mencerahkan pigmen yang gelap.

Prosesnya cukup singkat, sekitar 5 menit saja. Saat menerima treatment ini, ada sensasi terkena percikan kembang api pada kulit wajah, tidak begitu sakit. Kemudian ada aroma gosong yang tercium. Selesai mendapatkan treatment ini, wajah terasa sedikit panas.

Oxygen Infusion Mask

Dari lantai 2, saya kembali ke ruangan semula di lantai 1 untuk mendapat treatment Oxygen Infusion Mask. Prosesnya secara garis besar dibedakan menjadi 2, yaitu pemberian serum dan masker ke wajah.

Pemberian serum berupa serum oxy dan stem cell dilakukan dengan cara semprot atau spray, berfungsi untuk mengurangi kemerahan serta menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit wajah. Ada sensasi dingin saat kulit wajah menerima spray tersebut. Terasa segar.

Setelah pemberian serum, tahapan selanjutnya adalah pemberian masker yang dioleskan ke wajah. Saya sempat menanyakan kepada terapis mengenai masker tersebut, katanya masker terbuat dari kaviar. Kaviar adalah telur dari ikan (biasanya ikan sturgeon). Harganya fantastis. Silakan googling untuk mengeceknya.

Rangkaian perawatan yang secara keseluruhan memakan waktu sekitar 1,5 jam pun selesai. Hasilnya memang sangat terasa. Kulit wajah saya terlihat lebih cerah dan halus dibandingkan sebelumnya.

Selain hasil akhir yang bagus, layanan ID Beauty Clinic juga memuaskan. Personil yang ada sangat ramah dan dengan baik menjawab setiap pertanyaan yang saya ajukan sepanjang perawatan.

Sekilas tentang ID Beauty Clinic

Genap 1 tahun ID Beauty Clinic Jakarta melayani masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya kesehatan dan kecantikan kulit alami. ID Beauty Clinic merupakan one stop aesthethic clinic dan franchise dari ID Hospital Korea Selatan.

ID Hospital Korea sendiri merupakan rumah sakit bedah platik dan estetika terbaik di Korea Selatan yang mendapat dukungan penih dari pemerintah setempat serrta didukung oleh tim dokter terbaik dari ahli dermatologi dan dokter kecantikan.

Pada acara temu media dalam rangka 1st Anniversary ID Beauty Clinic Jakarta, hadir Dr. Sang Hook Park (Dr. Park), Lead Doctor and Founder dari ID Beauty Hospital Korea dan ID Beauty Clinic Korea. Beliau menjelaskan bahwa dalam 1 tahun ID Beauty Clinic telah menyediakan berbagai perawatan seperti luxury brightening & tightening treatment, Ultherapy treatment, serta berbagai solusi untuk masalah kulit.

Hadir juga Ricardo Manaloto selaku Country Manager MERZ Indonesia pada acara 1st Anniversary ID Beauty Clinic. Saat itu ia menyampaikan bahwa sudah diluncurkan aplikasi Real Matters ID. Aplikasi ini bertujuan membantu pasien agar dapat memastikan perawatan Ultherapy yang dilakukan di klinik kecantikan menggunakan perangkat mesin yang asli.

Alamat ID Beauty Clinic Jakarta
Jl. Imam Bonjol 72 Menteng, Jakarta Pusat.
Telp.: 021 3918930
WA: 0822 9999 8930
IG: @idbeautyclinic_indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *