Tes TOPIK Korean di Lister agar Semakin Cakap Berbahasa Korea
Edukasi

Tes TOPIK Korean di Lister agar Semakin Cakap Berbahasa Korea

Setiap bahasa asing memiliki ujian kecakapan masing-masing. Jika TOEFL untuk bahasa Inggris, maka tes TOPIK dipergunakan untuk menguji kemampuan berbahasa Korea.

TOPIK adalah singkatan dari Test of Proficiency in Korean. Sesuai dengan namanya, tes ini merupakan tes kemampuan berbahasa Korea untuk penutur asing yang bahasa pertamanya bukan bahasa Korea.

TOPIK diselenggarakan oleh National Institute for International Education (NIIED), bagian dari Kementerian Pendidikan di Korea. Di Korea, ujiannya dilaksanakan enam kali dalam setahun. Namun, di Indonesia hanya diadakan dua kali yaitu tiap April dan Oktober.

Meningkatnya Minat Belajar Bahasa Korea

Kita tentu ingat, beberapa waktu lalu serial Squid Game begitu populer dan ramai diperbincangkan. Serial ini berkisah tentang para kontestan yang melakukan permainan dengan risiko tinggi demi mendapat hadiah uang.

Korea Selatan telah mengukuhkan diri sebagai hub hiburan global. Tidak hanya Squid Game, dunia internasional juga mengenal budaya populer Korea Selatan mulai dari grup BTS, drama Korea, hingga film Parasite yang berhasil memenangkan Oscar.

Fenomena tersebut ikut bepengaruh terhadap budaya Korea Selatan yang kian dikenal banyak orang di dunia. Mulai dari kuliner, fashion, produk kecantikan, hingga bahasa Korea. Minat orang asing untuk belajar bahasa Korea pun meningkat.

Menguasai bahasa Korea tentunya memberikan manfaat bagi kita. Selain lebih mengenal budaya Korea, kita juga bisa mengembangkan jaringan pertemanan dengan orang-orang baru yang berbahasa Korea.

Bila kita yang ingin melanjutkan pendidikan atau tinggal di Korea Selatan dalam waktu lama, kemampuan berbahasa Korea menjadi hal penting. Bahkan, kita perlu mengikuti tes TOPIK untuk menguji kecakapan dalam bahasa Korea tersebut.

Mengikuti Kelas Bahasa Korea di Lister

Bagi kita yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Korea, kita bisa mengikuti kelas di Lister.co.id secara online. Lister adalah one-stop language learning solution yang berfokus pada penyediaan layanan kursus bahasa asing online dengan kualitas premium yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan tiap individu.

Ada beragam kelas bahasa yang tersedia di Lister. Selain bahasa Korea, kita pun bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti kursus Business English. Atau jika kita ingin cakap berbahasa Mandarin, Jepang, Thailand, Arab, Turki, Jerman, Spanyol, Perancis, Belanda, Rusia, Polandia, atau Italia, maka Lister adalah tempat belajar yang tepat.

Untuk kelas bahasa Korea, beragam materi pelajaran diberikan yang tentunya akan bermanfaat bagi kita. Misalnya, pengenalan huruf dan sejarah abjad dalam bahasa Korea (Hanja dan Hangul). Setiap topik di dalam pertemuan terdiri dari kosakata, tata bahasa, penulisan abjad Korea, pengucapan, percakapan, membaca dan menulis bahasa Korea, serta latihan dan wawasan budaya.

Lister Kursus bahasa Korea dirancang untuk membantu setiap siswa belajar dari level dasar hingga mahir. Materi yang diberikan mudah dimengerti oleh siswa yang baru mulai mempelajari bahasa Korea.

Tes TOPIK Korean di Lister

Lister juga menyediakan program untuk persiapan tes TOPIK (Test of Proficiency in Korean). Program ini akan membantu siswa menjadi percaya diri dalam menghadapi tes resmi TOPIK. Siswa akan diberikan strategi, tip dan trik khusus untuk memperoleh skor sesuai dengan yang ditargetkan oleh siswa.

Tes TOPIK Online bersertifikat di Lister dirancang khusus untuk membantu siswa yang ingin menguasai bahasa Korea untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk melanjutkan pendidikan di Korea, bekerja, mendapatkan beasiswa dan beberapa program yang lain. Ada dua jenis tes, yaitu TOPIK I untuk pemula dan TOPIK II untuk lanjutan. Setiap jenis tes memiliki syarat khusus.

Format tes pada sesi mendengarkan (listening) terdiri dari Memilih kata terbaik untuk diisi setelah mendengarkan rekaman, Menyelesaikan percakapan setelah mendengarkan, Memilih tempat percakapan berlangsung setelah mendengarkan, dan lainnya.

Format tes pada sesi membaca (reading) terdiri dari Memilih frasa dari gambar yang cocok dengan kata atau ekspresi yang diberikan, Memilih kata yang sesuai dengan bagian yang kosong dalam kalimat, Memahami iklan atau instruksi, memilih ide-ide utama, dan lainnya.

Format tes pada sesi menulis (writing) terdiri dari; Menghubungkan dua kalimat dan menjadikannya satu, Melengkapi kalimat,. Memilih kalimat yang salah, Menulis esai pendek tentang topik tertentu, dan lainnya.

Nah, dengan beragam keunggulan program yang diberikan tersebut, maka Lister.co.id adalah pilihan tepat bagi kita yang akan mengikuti tes TOPIK. Selamat belajar bahasa Korea!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.