Menjadi Ahli komputer
Sains & Tekno

Tips Mudah untuk Menjadi Ahli Komputer

[ A+ ] /[ A- ]

Perkembangan teknologi mendorong banyak orang untuk bisa menggunakan gadget, salah satunya komputer. Saat ini komputer bukan hanya digunakan untuk pendidikan, tetapi digunakan di tempat usaha, kantoran maupun pribadi. 

Saat ini hampir semua tempat kerja menggunakan komputer. Ilmu dalam penggunaan komputer semakin meningkat oleh sebab itu bagi Anda yang ingin mendalami pengetahuan tentang komputer,

Tips Mudah Menjadi Ahli Komputer

Ahli komputer harus mengetahui tentang sistem operasi, software, hardware dan lainnya yang ada pada komputer. Oleh karena itu berikut akan dijelaskan tips mudah untuk menjadi ahli komputer seperti yang dilansir dari Kokjadikepo.id.

Mempelajari dasar-dasar perangkat keras

Saat ini referensi belajar sangatlah mudah dengan adanya bantuan internet. Anda bisa mencari materi tentang dasar-dasar perangkat keras di internet maupun buku. Untuk menjadi ahli komputer Anda perlu mengetahui nama perangkat keras yang ada di komputer. 

Bukan hanya mengetahui namanya saja tetapi mengetahui pengertian beserta fungsinya. Tidak hanya belajar melalui internet, Anda juga bisa belajar melalui video sehingga lebih mudah dipahami. 

Gunakan sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda

Sistem operasi komputer berbeda-beda seperti Mac OS X, Windows, Linux, Chrome OS dan lainnya. Menjadi ahli komputer salah satunya bisa menggunakan sistem operasi apa saja. Dengan begitu kunjungi situs web sistem operasi untuk memahami fitur apa saja yang ditawarkan. 

Ketika sudah mengetahui perbedaannya Anda bisa mengutak-atik sistem operasi sehingga mengasah apa yang Anda pelajari tentang sistem operasi. Anda juga bisa mencoba memasang perangkat lunak baru seperti Linux. Linux merupakan sistem operasi secara gratis yang dikenal dan populer di kalangan orang yang menyukai dan memiliki pengetahuan banyak pada suatu bidang.

Mempelajari kemampuan lebih tinggi

Mempelajari kemampuan lebih tinggi maksudnya adalah Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman seperti SQL, Java, Ruby dan lainnya. Ketika sudah memahami dasar-dasar bahasa  pemrograman cobalah mempelajari bahasa pemrograman yang lebih rumit. Tidak hanya belajar bahasa pemrograman, tetapi Anda mencoba membuat jaringan komputer.  

Menyambungkan jaringan internet ke komputer sangat sederhana, namun bila menyambungkan ke beberapa komputer lumayan sulit. Maka dari itu tantang diri Anda untuk mempelajari berbagai cara untuk menyambungkan komputer ke jaringan internet. 

Mempelajari yang berhubungan dengan komputer belum cukup untuk melindungi komputer dari ancaman. Oleh karena itu pelajari yang biasa mengancam komputer seperti peretasan, kerentanan pada kode, virus, dan database. 

Dapat memecahkan masalah 

Pecahkan masalah yang berhubungan dengan komputer, maka hal tersebut menunjukkan keahlian Anda. Bila Anda mengalami kendala segera temukan penyebabnya. Kemudian Anda bisa tingkatkan kemampuan menggunakan Google. 

Harus memiliki kemampuan yang baik dalam menemukan informasi bila ingin dikatakan sebagai ahli komputer. Anda harus mengetahui teknik yang bisa diterapkan saat menggunakan Google. Langkah selanjutnya mencoba memperbaiki komputer milik keluarga ataupun sahabat. 

Ketika sudah mempelajari cara menyelesaikan masalah tentang komputer Anda bisa mengaplikasikan ilmu tersebut kepada orang yang sedang membutuhkan pertolongan karena komputernya memiliki kendala. 

Perbarui komputer sendiri

Pastikan Anda menggunakan sistem operasi yang terbaik dan terbaru. Saat ini sistem operasi secara otomatis akan memeriksa apakah ada pemutakhiran terbaru atau tidak.  

Mempelajari banyak hal tentang topik komputer

Menjadi ahli komputer juga harus rajin membaca dari berbagai sumber mengenai berbagai topik komputer. Bisa dari buku, artikel atau blog bahkan video yang memberikan pengetahuan tentang topik yang lebih mudah dipahami. 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *