Tekno

Pentingnya Laptop Mobile Workstation untuk Karir di Era Digital

pentingnya laptop mobile workstation

10-15 tahun lalu, mungkin tidak banyak orang yang memperkirakan jika seseorang tidak perlu memiliki tempat bekerja permanen namun bisa mempunyai penghasilan lumayan. Namun di era digital sekarang, sebuah laptop mobile workstation memungkinkan kita melakukan pekerjaan tanpa harus memiliki kantor.

Saya coba flashback ke tahun 2000-an. Orang disebut bekerja bila ia setiap hari berangkat ke kantor, pabrik, toko, bengkel, pasar, dan tempat kerja lainnya. Tempat kerja adalah tengara bahwa orang memiliki pekerjaan. Andai ada pekerjaan yang dilakukan di rumah, biasanya hanya sampingan. Hasil yang didapatkan pun tidak begitu besar.

Namun semua anggapan di atas tak berlaku lagi saat ini. Seiring perkembangan teknologi digital, beragam jenis pekerjaan bisa dilakukan di rumah atau di mana saja, tak perlu memiliki kantor tetap. Contohnya youtuber, content creator, blogger, programmer, web developer, animator, dan beragam profesi lainnya. Mereka yang menekuni profesi tersebut bisa memiliki penghasilan yang lumayan besar. Bahkan bisa saja jauh lebih besar jika dibandingkan dengan penghasilan pekerja kantoran.

Profesi-profesi tersebut tidak lagi mengharuskan ‘pergi ke kantor’ setiap hari. Pun, tidak mensyaratkan kewajiban mengenakan pakaian seragam. Tak jadi soal jika hanya mengenakan kaos oblong, celana pendek, dan sandal jepit. Yang harus dimiliki yaitu perangkat mumpuni, misalnya laptop mobile workstation.

Apa itu Laptop Mobile Workstation?

Laptop menjadi sebuah kebutuhan sebagai penunjang produktivitas di era teknologi saat ini. Laptop memiliki bermacam jenis, yaitu notebook, laptop multimedia, laptop gaming dan laptop workstation.

Laptop mobile workstation bisa diartikan sebagai laptop dengan spesifikasi teknis yang mampu memenuhi kebutuhan profesional di bidang pekerjaan spesifik, seperti content creator, web engineer dan sebagainya.

Dengan fitur komputasi kelas atas, seperti prosesor grafis yang lebih cepat, CPU yang lebih kuat, dan memori tambahan, sebuah laptop mobile workstation memungkinkan para profesional untuk melakukan desain 3D portabel, komputasi ilmiah dan pembuatan multimedia.

Content Creator Perlu Terus Kembangkan Skill

Teknologi terus bekembang, maka skill yang dimiliki perlu berkembang juga. Beberapa tahun lalu mungkin saya ‘cukup’ memiliki keterampilan dasar dalam menulis dan fotografi untuk membuat konten di blog atau media sosial. Sekarang, saya tidak cukup hanya menguasai keterampilan tersebut. Jika tidak, saya akan tertinggal dan kalah bersaing dengan para content creator di era digital saat ini.

Dalam menulis, teknik SEO terus berkembang dari waktu ke waktu. Saya pun mau tak mau harus menguasainya agar tulisan bisa bersaing dalam pencarian Google. Hal ini akan berbuah pada banyaknya jumlah pengunjung yang mampir ke blog.

Selain kemampuan menulis SEO, saya perlu menguasai keterampilan menggunakan bermacam aplikasi untuk menyunting foto, membuat infografis, dan hal lain yang akan mempercantik dan memperkaya materi tulisan.

Tidak hanya di blog, saya juga membuat konten di media sosial. Seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube. Media sosial tersebut berbasis visual, baik berupa gambar maupun video. Gambar dan video yang berkualitas akan menentukan konten yang berkualitas pula. Karenanya, kemampuan membuat gambar dan video perlu saya pelajari.

Di masa mendatang, keterampilan membuat animasi sederhana perlu saya kuasai untuk mendukung materi blog dan media sosial.

Laptop Mobile Workstation untuk Content Creator

Tuntutan untuk memproduksi konten berkualitas perlu diimbangi dengan skill dan peralatan yang berkualitas pula. Karenanya, saya ingin memiliki laptop mobile workstation sebagai pendukung produktivitas di era digital ini.

Selama PPKM ini saya memang lebih banyak berada di rumah. Bekerja pun di rumah. Namun saat kondisi telah membaik nanti, saya bisa kembali beraktivitas di luar rumah bahkan di luar kota. Dengan mobile workstation, saya bisa memproduksi konten untuk blog dan media sosial di mana pun.

Laptop mobile workstation menjadi piranti yang pas untuk mendukung produktivitas pencipta konten seperti saya, juga bagi teman-teman yang bekerja di bidang teknik, desain, animasi, dan rancang bangun. Laptop desain ini memiliki performa, portabilitas, serta fitur untuk menyelesaikan pekerjaan berat.

sumber: hp.com

HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation

Dari berbagai referensi yang saya baca, saya jatuh hati pada HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation.  Laptop ini memiliki spesifikasi yang andal. Kemampuannya untuk menyelesaikan pekerjaan berat tak perlu diragukan. Mobile workstation ini punya spesifikasi mumpuni, mulai dari processor, display, graphics dan lainnya.

HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation menampilkan desain clamshell 170 ° sehingga memungkinkannya diletakkan hampir rata. Desain seperti ini tentunya bisa memberikan keleluasaan dan tampilan yang nyaman karena kita bisa membukanya dalam berbagai sudut hingga nyaris rata.

Dengan grafis NVIDIA T500 (4 GB GDDR6 dedicated), mobile workstation ini sesuai untuk pekerjaan berat seperti content creator, desainer, atau arsitek. Sementara layar 14″ 1920 x 1080 IPS mampu memberikan visual yang tajam dan realistis. Selain itu, kecepatan refresh 60 Hz membantu membuat gerakan yang halus.

HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation menyediakan penyimpanan SSD 512 GB. Kapasitas yang besar ini sangat mendukung untuk menyimpan berbagai pekerjaan yang saya lakukan untuk membuat konten blog dan media sosial.

Laptop mobile workstation ini memiliki desain clamshell 170 °. Desain seperti ini tentunya bisa memberikan keleluasaan dan tampilan yang nyaman karena kita bisa membukanya dalam berbagai sudut hingga nyaris rata.

Dengan grafis NVIDIA T500 (4 GB GDDR6 dedicated), mobile workstation ini sesuai untuk pekerjaan berat seperti content creator, desainer, atau arsitek. Sementara layar 14″ 1920 x 1080 IPS mampu memberikan visual yang tajam dan realistis. Selain itu, kecepatan refresh 60 Hz yang ada pada laptop untuk desain ini membantu membuat gerakan yang halus.

HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation menyediakan penyimpanan SSD 512 GB. Kapasitas yang besar ini sangat mendukung untuk menyimpan berbagai pekerjaan yang saya lakukan untuk membuat konten blog dan media sosial.

Untuk memeroleh laptop desain terbaik ini, saya memilih Synnex Metrodata Indonesia sebagai distributor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terpercaya. Dengan pengalaman kelas dunia dan jaringan global Synnex Group, Synnex Metrodata Indonesia terbukti sebagai distributor produk dan solusi TIK paling efisien dan bernilai tambah tinggi.

Synnex Metrodata Indonesia (SMI) memiliki mitra bisnis yang tersebar luas di Indonesia. Bermacam produk TIK berkualitas bisa kita dapatkan, seperti laptop, smartphone, printer, dan lainnya, termasuk HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation dan PC workstation HP. Selain itu, SMI menyediakan layanan online portal 24/7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *