Cara Cek Tagihan PDAM dengan menggunakan HP
Sains & Tekno

Cara Cek Tagihan PDAM Menggunakan HP

Bagi Anda yang ingin cek tagihan PDAM, Anda bisa melakukannya dengan memakai smartphone atau HP. Cara ini tentunya lebih cepat dan praktis dibandingkan bila Anda datang langsung ke kantor PDAM.

Untuk mengecek tagihan PDAM melalui HP, Anda juga bisa melakukannya lewat website PDAM. Selain melalui website, ada beberapa aplikasi yang juga bisa Anda gunakan.

Cek Tagihan PDAM di Website  

PDAM (Perusahan Daerah Air Minum) merupakan perusahaan BUMD yang memberikan jasa pelayanan di bidang air minum kepada masyarakat, baik perorangan maupun bisnis. PDAM ada di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.

Karena merupakan BUMD, maka masing-masing PDAM di tiap daerah memiliki sistem pengelolaan yang berbeda. Setiap PDAM juga memiliki website masing-masing, sehingga cara cek tagihan PDAM juga bisa berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Pastikan juga apakah PDAM di daerah Anda berlagganan sudah memiliki laman web atau belum.

Secara umum, cara cek tagihan PDAM melalui website yaitu dengan membuka laman resmi PDAM sesuai dengan daerah tempat Anda berlangganan. Selanjutnya pilih menu untuk melihat tagihan PDAM. Masukkan ID pelanggan dan data yang dibutuhkan, serta klik Submit untuk melihat informasi tagihan.

Cek Tagihan PDAM Melalui Aplikasi

Anda juga bisa melakukan cek tagihan PDAM melalui aplikasi yang sudah terpasang di HP dan sering Anda gunakan setiap hari. Misalnya, melalui aplikasi Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia, dan lainnya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi m-banking untuk cek tagihan tersebut.

1. Gojek

Buka aplikasi Gojek dan masuk ke menu GoTagihan. Kemudian klik logo PDAM. Pilih lokasi tempat Anda berlangganan. Masukkan nomor atau ID pelanggan. Tunggu sampai informasi tagihan PDAM muncul.

2. Grab

Buka aplikasi Grab dan masuk menu Tagihan. Pilih dan klik PDAM. Masukkan nomor pelanggan dan pilih area PDAM tempat Anda berlangganan. Klik Enter dan tunggu informasi jumlah tagihannya.

3.  Shopee

Buka aplikasi Shopee dan pilih menu Pulsa, Tagihan, dan Hiburan. Selanjutnya pilih Tagihan PDAM. Pilih wilayah tempat berlangganan dan masukkan nomor pelanggan. Setelah itu klik Lihat Tagihan dan Anda bisa melihat jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

4. Tokopedia

Masuk ke aplikasi Tokopedia dan pilih menu Tagihan Air PDAM. Kemudian pilih cluster dan wilayah, serta masukkan nomor pelanggan PDAM. Klik Cek Tagihan dan tunggu informasi tagihan PDAM muncul.

5. Bukalapak

Buku aplikasi Bukalapak dan pilih menu e-Voucher dan Tiket. Selanjutnya pilih pembayaran air PDAM.
Masukkan nomor pelanggan PDAM. Kemudian, informasi tagihan akan muncul.

6. Blibli

Buka aplikasi Blibli dan pilih menu Tagihan dan Isi Ulang. Pada kategori tagihan pilih menu Tagihan Air. Tentukan penyedia PDAM. Masukkan nomor pelanggan atau ID PDAM. Pilih lihat tagihan. Informasi tagihan pun Anda akan terlihat

7. Traveloka

Buka aplikasi Traveloka dan pilih menu Tagihan Isi Ulang. Kemudian klik kategori PDAM. Masukkan nomor pelanggan dan pilih area berlangganan. Klik Enter dan tunggu informasi jumlah tagihannya.

8. M-Banking BCA

Buka aplikasi BCA Mobile dan pilih menu m-BCA. Login dengan memasukkan kode akses yang Anda miliki.  Pilih m-Payment. Plih opsi Publik/Utilitas. Pilih PAM pada Nama Perusahaan, masukkan ID pelanggan, pilih wilayah PAM, dan pilih kantor area empat berlangganan. Selanjutnya Anda akan melihat rincian tagihan.

9. M-Banking BRI

Buka aplikasi Brilink Mobile dan pilih menu PDAM. Pilih daerah tempat Anda berlangganan. Masukkan ID Pelanggan PDAM. Klik Kirim dan tunggu informasi tagihan muncul.

10. M-Banking Mandiri

Buka aplikasi Livin by Mandiri dan pilih menu Bayar. Pilih PAM dan pilih penyedia jasa PDAM Daerah. Masukkan nomor pelanggan. Klik Lanjut dan tunggu informasi tagihan muncul.

11. M-Banking BNI

Buka aplikasi BNI mobile banking dan pilih menu Pembayaran. Pilih Pembayaran PDAM dan IPL. Masukkan data nama perusahaan PDAM, rekening debit, dan data-data lainnya. Klik Lanjut dan tunggu informasi tagihan muncul.

Itulah beberapa cara untuk cek tagihan PDAM yang bisa anda pilih. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan HP saja, jadi begitu cepat dan praktis. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Saat ini juga banyak aplikasi yang menawarkan fitur pembayaran salah satunya yaitu aplikasi Bukuwarung. Anda bisa memanfaatkan fitur pembayaran tersebut untuk keperluan bisnis. Silakan download Aplikasi Bukuwarung secara gratis di Playstore.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan cek tagihan PDAM. Selamat mencoba!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.