Perlukah unreg kartu yang hangus atau hilang
Sains & Tekno

Perlukah Unreg Kartu yang Hangus atau Hilang?

Berdasarkan peraturan yang berlaku, kartu provider tidak akan bisa berfungsi sebelum registrasi. Di mana satu NIK hanya bisa kamu gunakan untuk meregistrasi tiga nomor saja. Nah, bagaimana jika nomor terlanjur hangus atau hilang lalu kamu harus registrasi nomor baru? Solusinya, kamu harus unreg kartu yang hangus atau hilang tersebut. 

Dengan melakukan unreg atau pembatalan registrasi, maka NIK atau identitas kamu masih bisa digunakan untuk registrasi nomor baru. Umumnya, cara unreg dari berbagai provider tidak jauh berbeda. Baik cara unreg kartu Indosat, Telkomsel, XL, maupun provider lainnya. Namun jika kamu belum tahu, bisa mengikuti panduan berikut! 

Panduan Unreg Kartu All Provider 

Sebenarnya cara unreg kartu cukup mudah dan bisa kamu lakukan secara online. Namun ternyata tidak semua orang memahami tentang hal ini. Jadi, bagi kamu yang belum paham mengenai pembatalan registrasi, bisa simak panduan yang akan kami hadirkan. 

1. Pembatalan Registrasi Via SMS 

Cara pertama yang bisa kamu coba yaitu melalui pesan singkat atau SMS. Nomor tujuannya sama semua yaitu 4444, akan tetapi berbeda format pesannya bagi tiap-tiap provider. Format pesan berdasarkan masing-masing provider antara lain, adalah: 

  • UNPAIR#Nomor telepon seluler# untuk IM3 atau Indosat 
  • UNREG#Nomor Handphone# untuk AXIS/XL dan Smartfren 
  • UNREG#NIK# pada provider AS/LOOP/Telkomsel

2. Cara Unreg Kartu Via Panggilan Telepon

Sama halnya dengan pembatalan via SMS yang memiliki format pesan berbeda di setiap provider, cara kedua ini juga memiliki perbedaan di masing-masing provider. Bahkan ada juga yang tidak memiliki opsi cara ini. Berikut ini beberapa provider yang bisa unreg via panggilan berikut caranya. 

  • Tekan *123*4444# lalu panggil, dan ikuti instruksi yang diberikan hingga proses pembatalan registrasi terkonfirmasi. Ini adalah cara pembatalan pada kartu AXIS dan XL 
  • Panggil *123*4444# kemudian setelah muncul menu pilihan, tekan angka 4. Konfirmasi pembatalan registrasi dengan menekan angka 1, lalu tunggu notifikasi konfirmasi yang berbunyi “UNPAIR nomor Anda telah berhasil”. Ini berlaku di nomor IM3 atau Indosat
  • Tekan *444* lalu panggil. Tunggu hingga opsi menu ditampilkan, tekan angka 3 untuk opsi UNREG. Lanjutkan dengan memasukkan NIK yang kamu gunakan saat registrasi, tunggu notifikasi konfirmasi bahwa unreg kartu atau nomor kamu berhasil. Ini adalah cara pembatalan registrasi pada kartu Telkomsel, LOOP, dan AS 

3. Pembatalan Registrasi Via Website 

Proses pembatalan registrasi secara online, tidak hanya lewat panggilan ataupun SMS. Kamu juga bisa membatalkan registrasi via website resmi provider. Cara ini berlaku pada provider Smartfren dan juga ‘3’. 

Perbedaannya terletak pada alamat website saja, karena memang berbeda provider. Sementara mekanismenya tidak jauh berbeda, yaitu memasukkan nomor identitas yang kamu gunakan saat registrasi. Biasanya, pada provider ‘3’ Anda akan menerima kode OTP untuk konfirmasi pembatalan. 

Itulah beberapa cara pembatalan registrasi kartu pada semua provider yang bisa kamu coba. Proses unreg atau pembatalan ini dibutuhkan bagi kartu yang hilang. Sementara kartu yang hangus karena telah melewati masa tenggang tidak perlu di-unreg karena data secara otomatis akan terhapus. 

Namun jika kamu ingin mengaktifkan kembali nomor yang sudah hangus tersebut juga bisa langsung ke kantor pelayanan provider terdekat. Namun jangan sampai lewat dari dua bulan sejak nomor hangus, ya! Hal itu dikarenakan pihak provider akan mengaktifkan kembali nomor hangus tadi sebagai nomor baru setelah lewat dua bulan. 

Jadi, kalau tidak ingin kartu hangus maka perhatikan masa aktifnya dan jangan sampai telat mengisi pulsa. Dengan begitu masa aktif akan diperpanjang dan nomor kamu tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Beda cerita jika kartu hilang, maka kamu harus segera unreg kartu agar tidak disalahgunakan.

Oh ya, kamu punya pulsa berlebih tapi nggak dipakai? Tukar pulsa kamu jadi uang tunai atau saldo e-wallet hanya dalam hitungan menit di Viapulsa. Download sekarang juga di Google Play Store atau Apple App Store sekarang! Jangan ragu, langsung saja buktikan.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *