Ekonomi

Alat Kasir untuk Kelola Bisnis di Era Digital

alat kasir digital untuk kelola bisnis

Berbagai aktivitas berubah ke digital. Dalam bisnis, pengelolaan secara digital tidak hanya mengikuti tren namun juga untuk mencapai tujuan. Alat kasir digital diperlukan oleh pebisnis untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih optimal.

Transformasi digital tidak hanya terjadi di bisnis berskala besar belaka. Peralihan tersebut juga terjadi pada UMKM. Bahkan di masa pandemi Covid-19 ini, pelaku UMKM banyak yang melakukan digitalisasi bisnisnya. Data Kementerian UMKM menyebutkan sebanyak 301.115 UMKM bertransformasi ke digital selama periode Mei-Juni 2020 yang lalu.

Penggunaan teknologi digital menjadi keniscayaan bagi bisnis untuk menyelaraskan diri dengan perkembangan zaman. Mesin kasir misalnya, perangkat ini kini digunakan oleh pedagang untuk memudahkan transaksi. Pebisnis yang menjalankan usahanya di toko, kios, mobil, bahkan gerobak banyak yang memanfaatkan alat ini untuk memudahkan transaksi non tunai.

Manfaat Transaksi Non Tunai

Transaksi secara cashless bukanlah hal yang baru bagi masyarakat modern, khususnya yang tinggal di kota. Tempat-tempat perbelanjaan seperti mal, minimarket, toko, bahkan warung kecil melayani cara pembayaran yang lebih praktis tersebut. Orang-orang tak perlu lagi repot membawa uang kertas atau uang logam dalam jumlah banyak untuk berbelanja, namun cukup memiliki kartu atau uang elektronik yang bisa digunakan saat bertransaksi.

Apalagi saat pandemi saat ini, banyak orang cenderung menghindari transaksi tunai untuk mencegah penularan penyakit. Uang secara fisik yang berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain berpotensi menjadi media penularan bakteri maupun virus. Transaksi non tunai menjadi pilihan tepat bagi masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 tersebut, selain juga melaksanakan protokol kesehatan yang lain seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Alat Kasir dan Keunggulannya

Sesuai namanya, piranti ini berfungsi untuk menjalankan tugas laiknya kasir yang mencatat dan menghitung transaksi penjualan pada sebuah bisnis. Dengan adanya mesin kasir ini, cara-cara tradisional yang biasanya merepotkan bisa ditinggalkan. Kesalahan penghitungan yang juga sangat mungkin terjadi sewaktu menggunakan cara lama, bisa terhindarkan dengan bantuan teknologi.

Alat kasir ini juga ada yang dilengkapi dengan cash drawer atau laci untuk menyimpan uang. Selain itu, perangkat ini bisa mencetak struk transaksi atau nota belanja melalui printer. Mesin kasir juga ada yang sudah dilengkapi dengan barcode scanner yang tentunya membuat proses transaksi menjadi semakin mudah dan cepat.

Pada perkembangannya, alat kasir juga ada yang berupa mesin dengan sistem POS (Point of Sale). Dengan kecanggihan teknologi yang ada di dalamnya, POS yang merupakan seperangkat sistem komputerisasi tersebut bisa didesain sesuai dengan keperluan bisnis. POS juga dapat diintegrasikan dengan beberapa alat pendukung guna mempercepat proses transaksi, mencatat stok barang, dan fungsi yang lainnya.

Mesin kasir dengan sistem POS (Point of Sale) memiliki beberapa keunggulan, yaitu:
– Fleksibel, di mana programnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan user.
– Dapat diintegrasikan dengan berbagai macam hardware pendukung.
– Mempunyai fasilitas yang lebih banyak, sehingga bisa menjalankan bermacam fungsi seperti pencatatan transaksi secara detil, perubahan harga jual secara cepat, dan pemantauan persediaan barang secara akurat.

Alat kasir dari GoBiz
Sumber gambar: GoBiz

Perangkat Multifungsi dari GoBiz

Pengguna layanan GoFood dari GOJEK tentunya merasakan betapa mudahnya menikmati makanan kesukaan ketika lapar melanda, tanpa harus beranjak dari rumah atau kantor. Dari hari ke hari, jumlah merchant yang tergabung dalam GoFood pun bertambah. Hal ini tentunya membuat pembeli memiliki pilihan yang lebih banyak untuk memuaskan selera.

Semakin bertambahnya merchant, yang tidak hanya berasal dari restoran besar namun juga merambah ke UMKM, tentunya tak lepas dari sistem yang mudah digunakan oleh merchant saat bertransaksi. GoBiz menjadi aplikasi yang digunakan oleh merchant tersebut untuk mengelola bisnisnya yang terdaftar di GoFood. Aplikasi GoBiz ini memudahkan merchant mulai dari mencatat pesanan yang masuk hingga menyediakan berbagai jenis pembayaran.

GoBiz dilengapi dengan alat kasir yang memberikan banyak manfaat. Perangkat multifungsi dari GoBiz ini memiliki beragam fitur, seperti mencetak struk instan karena dilengkapi dengan built-in printer yang sangat sesuai dengan aplikasi GoBiz, sehingga merchant tidak perlu membeli mesin tambahan untuk mencetak struk.

Alat ini juga bisa menerima pembayaran semua kartu debit yang diterbitkan di Indonesia dan semua pembayaran digital dengan kode QR berbasis QRIS. Jadi tidak perlu beli mesin EDC, cukup dengan 1 alat dengan beragam fungsi.

GoBiz menyediakan fitur POS (Point of Sale) yang memungkinkan merchant untuk mencatat semua pesanan online maupun makan di outlet dengan mudah. Merchant juga akan mendapatkan laporan harian yang terintegrasi untuk semua transaksi.  Fitur POS pada aplikasi super GoBiz dapat digunakan pada ponsel pintar Android. Sementara untuk fitur laporan penjualan dapat diakses pada GoBiz Dashboard dari computer.

Dengan perangkat multifungsi dari GoBiz ini, merchant akan semakin mudah untuk menjalankan usahanya. Alat kasir ini memungkinkan pelaku bisnis, bahkan di level UMKM, untuk mengembangkan bisnisnya menjadi semakin besar.

Pinjaman Modal Usaha

Selain mendapatkan perangkat multifungsi dari GoBiz, pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha dari GoModal. GoModal menyediakan fasilitas pinjaman usaha hingga Rp150 juta, dengan pilihan jangka waktu cicilan 2, 3, 6, dan 12 bulan melalui aplikasi GoBiz.

Pinjaman GoModal merupakan program pinjaman modal usaha untuk Mitra Usaha Gojek terpilih yang telah terintegrasi dengan fitur GoFood. GoModal diluncurkan dengan nama Pinjaman Modal Usaha (PMU) pada September 2018, dan sukses membantu Mitra Usaha Gojek mengembangkan usaha kelas kecil dan menengah.

9 thoughts on “Alat Kasir untuk Kelola Bisnis di Era Digital”

  1. Yang bisa membeli dan menggunakan alat kasir GoBiz apakah hanya mitra Gojek? Wah berapa nih kira-kira harganya? Praktis dan komplet bisa menangani banyak alat pembayaran.

  2. Simple banget ini dari GoBiz, apalagi nggak perlu pakai lagi mesin EDC. Semoga banyak bermanfaat dan digunakan oleh para penggunanya

  3. Semoga aja makin banyak pedagang yg memakai alat ini dan bermitra dengan go food, supaya bisa memajukan UMKM pastinya.

  4. Wow invasion terbaru Dari gojek ini bisa banget jadi solusi yah buat para pengusaha khususnya bidang kuliner.

  5. Kalo udah ada yg go digital dan serba praktis kayak gini, udah makin banyak diminati org jaman skrg

  6. Ini bagus banget kak alat kasirnya, temen ku yang jualan pisang tanduk pakai ini dan semua cabangnya juga pakai ini.. dimana-mana sekarang pakainya ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *