Film Avatar: The Way of Water karya James Cameron
Seni & Hiburan

Avatar: The Way of Water, Film dengan Visual Spektakuler yang Wajib Ditonton di Akhir Tahun 2022

Setelah menunggu sekian lama, saya akhirnya bisa menyaksikan film Avatar: The Way of Water yang tayang di bulan Desember 2022 ini. Film Avatar 2 ini merupakan sekuel dari film pertama yang dirilis pada tahun 2009.

Sama seperti film pertama, Avatar 2 juga disutradarai oleh James Cameron. Sutradara berkebangsaan Kanada ini memang dikenal dengan film-film. Seperti The Terminator (1984), Terminator 2: Judgement Day (1991), Titanic (1997), dan lainnya.

Flashback ke Avatar (2009)

Sebelum membahas Avatar 2, saya akan flashback ke film Avatar pertama yang menjadi box office atau film terlaris saat itu. Bahkan, hingga saat ini Avatar (2009) masih memuncaki daftar film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

Kepopuleran Avatar (2009) karena kualitas animasi yang begitu menakjubkan. Visualnya terasa megah jika dibandingkan dengan film-film di masa itu. Durasinya memang cukup lama yaitu 161 menit. Namun, penonton tidak akan pernah bosan menyaksikan indahnya Pandora, sebuah bulan berpenghuni dan berhutan lebat yang berada di sistem bintang Alpha Centaury.

Dikisahkan krisis energi terjadi akibat habisnya sumber daya di bumi. Sekelompok ilmuwan dari bumi kemudian menemukan sumber energi di Pandora. Atmosfer Pandora beracun dan berbahaya bagi manusia. Tak hanya itu, Pandora juga dihuni oleh suku Na’vi dengan tubuh raksasa berwarna kebiruan dan memiliki ekor.

Untuk bisa bertahan di Pandora, diciptakanlah avatar yang merupakan klon hibrida atau campuran manusia dengan Na’vi. Cara kerjanya yaitu dengan memasukkan kesadaran manusia ke dalam tubuh pengganti atau avatar tersebut.

Seorang marinir bernama Jake Sully dikirim untuk program tersebut. Dengan avatarnya, Jake Sully masuk dan beriteraksi ke kehidupan suku Na’vi. Bahkan, ia jatuh cinta dengan Neytiri, salah satu anggota dari suku Na’vi tersebut. 

Di tengah ambisi manusia untuk menguasai dan mengeruk sumber daya Pandora, Jake Sully memilih untuk berpihak kepada suku Na’vi. Pertempuran menegangkan antara manusia dan Na’vi pun tak dapat terhindarkan. 

Dari Hutan ke Lautan, Avatar: The Way of Water Tetap Menakjubkan

Setelah sukses di tahun 2009, kelanjutan kisah Avatar kembali hadir di tahun 2022 ini. Bulan September lalu film Avatar (2009) sempat diputar kembali di bioskop, untuk mengingatkan pemirsa yang mungkin lupa, belum lahir, atau belum menonton keindahan Pandora 13 tahun lalu. 

Di film Avatar 2, dikisahkan bahwa Jake Sully dan Neytiri telah memiliki 4 anak yaitu Neteyam, Lo’ak, Kiri, dan Tuk. Jake Sully yang menyadari kondisinya tak lagi aman, kemudian membawa keluarganya pergi ke klan Metkayina di pesisir timur Pandora. 

Di sana keluarga Sully harus beradaptasi dengan budaya Metkayina, suku yang hidup harmonis dengan lingkungan perairan. Konflik film pertama pun berlanjut di sekuelnya, yaitu pertempuran antara penghuni Pandora dengan manusia bumi yang juga disebut “orang-orang langit” tersebut.  

Keindahan khas film Avatar pun kembali bisa dinikmati penonton film. Jika di Avatar pertama digambarkan bagaimana indahnya hutan Pandora, maka di film kedua ini pemirsa akan disuguhkan alam bawah laut yang luar biasa menakjubkan. 

Selain menampilkan visual yang indah, Avatar: The Way of Water juga membawa pesan moral yang baik. Yakni, bagaimana pentingnya hubungan di dalam keluarga. Masalah yang terjadi di keluarga Sully menggambarkan masalah yang terjadi di keluarga pada umumnya.

Pesan moral lainnya ialah perlunya menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan. Kita perlu memanfaatkan sumber daya secara bijak dan menjaganya dari upaya eksploitasi berlebihan yang bisa membuatnya rusak. 

Film kedua ini juga memiliki durasi yang cukup lama, 192 menit. Tiga jam lebih, tapi tidak terasa membosankan. Ceritanya yang sederhana, namun dengan visual memukau.

Nobar Avatar 2 Bareng Ultra Voucher
(Nonton bareng film Avatar: The Way of Water)

Saya menyaksikan film ini di bioskop CGV di FX Sudirman. Pembelian tiket filmnya menggunakan aplikasi Ultra Voucher. Yang menarik, saya dapat potongan harga. Aplikasinya bisa diunduh di Google Play maupun App Store.

Melalui Ultra Voucher, kita bisa berbelanja di banyak merchant dengan berbagai macam ketegori. Mulai dari makanan dan minuman (F&B), fashion, belanja kebutuhan rumah tangga, hotel dan travel, sampai aktivitas hiburan.

Bagi teman-teman yang mau nonton Avatar: The Way of Water, jangan lupa beli voucher tiket nontonya di aplikasi Ultra Voucher. Selamat menyaksikan keindahan dunia Pandora!

(sumber gambar utama: imdb.com)

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *