liburan happy tanpa drama ruam popok dengan MAKUKU SAP Diapers Slim
Sehat

Tips Liburan Happy Tanpa Drama Ruam Popok

Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Ada beragam pilihan kegiatan untuk mengisi waktu libur. Mulai dari pergi ke luar kota, hingga melakukan hobi di rumah saja. Namun, ada kalanya waktu liburan tersebut terganggu oleh hal-hal tertentu. Misalnya, si kecil yang rewel karena ruam popok. Untuk mengatasi ruam popok tersebut, kenakan MAKUKU SAP Diapers Slim pada bayi.

Bayi rewel bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya karena bayi merasa lapar, lelah, tidak nyaman, ruam, dan lainnya. Jika ruam popok menjadi penyebabnya, langkah yang perlu diambil ialah mengganti popok bayi dengan popok yang berkualitas baik.

Nah, pada tulisan ini saya akan membahas mengenai ruam popok dan penyebabnya. Juga, bagaimana memilih popok yang baik sehingga bisa mencegah terjadinya ruam pada kulit bayi.

Ruam Popok Membuat Bayi Jadi Rewel

Ruam popok adalah peradangan yang terjadi pada kulit bayi, yaitu pada area yang tertutup popok. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya bercak merah, kulit kering, atau lecet. 

Ada beragam hal yang bisa menyebabkan ruam popok. Mulai dari kondisi popok yang lembab, terlalu ketat, infeksi jamur dan bakteri, hingga jenis kulit bayi yang sensitif. Hal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga ia menjadi rewel dan terganggu kualitas tidurnya.

Padahal, tidur menjadi aktivitas utama otak sepanjang awal pekembangan bayi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), periode tidur bayi hingga 1 tahun yang ideal adalah 14-15 jam. Untuk bayi usia 1-3 tahun, periode tidur yang ideal adalah 12 jam. Dari periode waktu tidur ini, yang paling lama berada pada malam hari yaitu selama 8 jam.

Ketika periode tidur mengalami gangguan, bayi pun mudah rewel dan menangis. Hal ini tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur bayi, tetapi juga kualitas tidur ibu. Padahal, ibu perlu istirahat cukup untuk memproduksi ASI yang dibutuhkan bayi. 

“Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi,” kata dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A.

Memilih Popok Berkualitas agar Bayi Tidak Mudah Rewel

Memilih popok bayi kelihatannya adalah perkara mudah. Cukup dengan pergi ke toko perlengkapan bayi atau dengan berbelanja online. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih popok untuk si buah hati.

Bahan lembut

Pilihlah popok yang memiliki bahan lembut. Hal ini untuk melindungi kulit bayi yang tipis dan sensitif. Popok berbahan lembut bisa menghindarkan bayi dari gesekan yang memungkinkan terjadinya iritasi maupun ruam pada kulit bayi.

Tipis 1,6 mm

Bayi memang belum melakukan banyak gerakan, tetapi tetap membutuhkan popok yang membuatnya bisa merasa nyaman. Pilihlah popok yang tipis. Hal tersebut untuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi bayi saat bergerak. Popok yang tipis juga memudahkan kita saat packing baju untuk liburan, lho!

Daya serap dan daya tampung yang baik

Frekuensi bayi untuk buang air cukup intens. Bayi usia 0-6 bulan buang air sebanyak 6-12 kali dalam sehari. Kondisi ini tentunya akan membuat kulit bayi lebih sering kontak langsung dengan urin atau kotoran, sehingga popok perlu sering diganti.

Menurut dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, pada umumnya popok bayi perlu diganti setiap 3-4 jam sekali. Tujuannya untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat mengakibatkan kenaikan pH basa pada kulit bayi.

Bayi akan merasa tidak nyaman saat popok yang digunakan terasa penuh atau bocor sebelum waktu mengganti popok. Karenanya, penting bagi orang tua untuk memilih popok dengan daya serap tinggi dan daya tampung besar.

MAKUKU SAP Diapers Slim

Bagi orang tua yang memerlukan produk popok bayi berkualitas, MAKUKU SAP Diapers Slim adalah pilihan yang tepat. MAKUKU SAP Diapers adalah pelopor popok dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) di Indonesia. SAP ialah polimer hidrophilik yang bisa menyerap dan menahan cairan dalam jumlah besar.

Popok bayi super tipis MAKUKU SAP Diapers Slim
(MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran M)

MAKUKU SAP Diapers Slim sendiri merupakan upgrade dari produk MAKUKU Air Diapers sebelumnya. Dengan upgrade ini, tentunya membuat MAKUKU SAP Diapers Slim mempunyai kemampuan yang lebih baik lagi. 

Popok bayi dari MAKUKU bisa didapatkan baik melalui online maupun offline store. Untuk online store, produk tersedia di Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, dan Tiktok. Sedangkan untuk offline store, produk bisa didapatkan di Natasha Susu, Transmart Carrefour, Suzanna Babyshop, Babyshop Perdana, Raja Susu, dan lainnya. 

MAKUKU SAP Diapers ini terdiri dari 3 lapisan. Ketiga lapisan tersebut yaitu lapisan permukaan non woven, lapisan inti struktur SAP, dan lapisan bawah anti bocor + kain non woven.

Lapisan pertama yang merupakan lapisan permukaan non woven tersebut menggunakan permukaan 3D. Sehingga, lapisan ini memiliki keunikan yaitu desain benjolan, mempunyai sirkulasi udara pada popok yang baik, mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi, serta efektif melindungi kulit bayi dari ruam popok. Permukaan 3D mengurangi gesekan antara popok dengan kulit bayi yang memicu ruam.

Pada lapisan kedua yang memiliki inti struktur SAP, hal ini memungkinkan pantat bayi tetap terjaga kenyamanannya, serta lembut dan tipis di saat yang bersamaan

Sedangkan lapisan ketiga berupa lapisan bawah anti bocor dan kain non-woven. Keunikan lapisan ini ialah sirkulasi udara yang baik serta tekstur yang lembut.

Popok super tipis dari MAKUKU ini tersedia dalam bentuk celana dan perekat. Sedangkan ukuran popoknya mulai dari ukuran NB (newborn), S, M, L, XL, hingga XXL. 

Ukuran NB untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 1 bulan dengan berat 0-5 kg. Ukuran S untuk usia 1-3 bulan (berat 4-8 kg). Ukuran M untuk usia 4-6 bulan (berat 6-11 kg). Ukuran L untuk usia 7-12 bulan (berat 9-14 kg). Ukuran XL untuk usia 12-15 bulan (berat 12-17 kg). Dan ukuran XXL untuk bayi berusia di atas 15 bulan (berat 15-25 kg).

MAKUKU SAP diapers slim popok denganbahan lembut dan tipis
(Popok bayi dengan bahan lembut dan tipis)

Keunggulan yang dimiliki oleh MAKUKU SAP Diapers Slim antara lain:

Tipis 1,6 mm

Ada anggapan bahwa popok yang tebal itu baik, padahal belum tentu tepat. Popok yang tebal belum tentu memiliki daya penyerapan yang besar dan baik. Selain itu, popok tebal malah bisa menghambat perkembangan bayi.  Pantat bayi seperti ada yang mengganjal, dan  jika popok sudah penuh dengan cairan maka akan terasa berat.

MAKUKU SAP Diapers Slim cukup tipis, hanya 1,6 mm saja. Hal ini membuat popok terasa ringan, sehingga bayi bisa leluasa bergerak dan tetap merasa nyaman. Bayi yang aktif bergerak tentunya akan memiliki perkembangan yang baik. Popok yang tipis juga dapat mendukung kenyamanan si kecil yang aktif. Hal itu serupa dengan tren pemilihan pembalut pada wanita di mana pembalut yang tipis dinilai lebih nyaman daripada yang tebal.

Anti gumpal

Gumpalan pada popok terjadi ketika popok memiliki penyerapan di satu titik saja. Kondisi ini akan menyebabkan permukaan popok menjadi lembab dan basah, sehingga memungkinkan bertumbuhnya bakteri yang bisa menyebabkan ruam merah pada kulit bayi. Bakteri dan urin lama-kelamaan akan memicu tumbuhnya ruam popok.

Popok MAKUKU mempunyai inti struktur SAP yang membuat popok tidak menggumpal pada satu titik saja. Penyerapan cairan merata ke seluruh bagian dan permukaan popok tetap kering. 

Bentuk U (untuk produk NB)

Khusus untuk NB atau New Born, desain popoknya berbentuk “U. Pada bagian tengah yang didesain berbentuk “U” ini, fungsinya untuk melindungi tali pusar bayi serta mengurangi gesekan dengan tali pusar.

Bayi yang baru lahir akan diikat tali pusarnya 24-48 jam sesudah dilahirkan. Aliran darah ke tali pusar akan terhenti sehingga tunggul tali pusar berubah secara perlahan menjadi hitam, kemudan mengeras dan kering. Tali pusar biasanya akan lepas setelah 1 minggu.

Daya serap hingga 500 ml

Inti struktur SAP  pada popok MAKUKU akan mengunci cairan dengan baik sampai 500 ml. Dengan daya tampung yang besar seperti ini, popok akan menyerap lebih banyak cairan dan permukaan popok terjaga tetap kering. Bayi pun terhindar dari ruam popok.

Menguji Daya Serap MAKUKU SAP Diapers Slim

Kemampuan SAP (Super Absorbent Polymer) yang menakjubkan membuat saya tertarik untuk mengujinya. Fokusnya yaitu untuk mengetahui apakah MAKUKU SAP Diapers Slim ini bisa menyerap banyak cairan.

Produk yang saya uji ialah popok dengan ukuran M (satu pack-nya berisi 32 popok). Saya ambil satu popok yang berbentuk pant (celana). Saat saya raba, bahan popoknya lembut dan tipis. Selanjutnya, saya ambil perlengkapan yang akan digunakan untuk uji daya serap popok yaitu 2 buah gelas plastik ukuran 250 ml dan 1 buah kontainer plastik.

menguji daya serap MAKUKU SAP Diapers Slim
(Perlengkapan untuk menguji kemampuan serap popok bayi MAKUKU)

Dua gelas plastik saya isi air. Popok bayi saya renggangkan sedemikian rupa dan saya tempatkan ke dalam kontainer plastik.

Air dari gelas pertama saya tumpahkan ke dalam popok. Air dengan cepat terserap oleh popok. Dan saat saya raba, permukaan dalam popok tersebut tetap kering.

Saya lanjutkan menuangkan air dari gelas kedua. Sama seperti sebelumnya, air juga terserap dengan cepat oleh popok. Namun, permukaan dalam popok terasa lembab saat saya raba. Saya menunggu tak sampai 30 detik untuk kemudian merabanya kembali, dan ternyata permukaan popok telah kering.

Memasukkan air ke popok bayi MAKUKU SAP Diapers Slim
(Menuangkan air ke dalam popok bayi MAKUKU)

MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki daya serap bagus. Popok ini mampu menampung air sebanyak 500 ml dengan baik, dan permukaannya tetap kering. Tak hanya itu, kondisi popok setelah terisi 0,5 liter air juga tetap baik. Lipatan atau kerutan bahan pada bagian pinggang kondisinya bagus.

Kemudian saya mencoba mengamati popok yang berisi air tersebut apakah air menggumpal pada satu titik saja, atau tersebar secara merata ke seluruh bagian. Dan hasilnya yaitu seluruh bagian popok mampu menyerap air dengan baik. Jadi, popok tidak menggumpal atau menonjol pada satu bagian tertentu saja. 

Untuk melihat lebih jelas, saya potong popok tersebut. Hasilnya seperti gambar di bawah ini, di mana mulai dari bagian depan sampai belakang popok terisi air.

Air tidak menggumpal di satu titik popok bayi MAKUKU SAP
(Air tidak menggumpal pada satu titik, tapi menyebar ke seluruh bagian popok)

Dari percobaan yang telah saya lakukan, terbukti bahwa teknologi SAP MAKUKU dapat membantu ibu-ibu di Indonesia mengatasi ruam popok. Sehingga, bayi tidak gampang rewel dan ibu bisa melakukan aktivitas dengan baik saat liburan

Layanan Konsultasi Dokter Gratis dari MAKUKU Indonesia 

MAKUKU Indonesia melakukan kolaborasi dengan para ahli kesehatan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia. Berbagai layanan kesehatan disediakan secara gratis seperti konsultasi privat dan kuliah WhatsApp.

Kesempatan konsultasi dokter gratis ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Orang tua yang membutuhkan konsultasi ibu dan anak terkait pencegahan ruam popok, bisa tanya dokter gratis alias tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun.

MAKUKU diapers menjadi solusi kebutuhan ibu dan anak di hari liburan, tanpa harus khawatir soal ruam popok. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait produk dan layanan MAKUKU, bisa hubungi website https://makuku.co.id/ maupun media sosial (Youtube, Facebook, Instagram, atau Twitter) serta ecommerce MAKUKU.

Share this:

1 thought on “Tips Liburan Happy Tanpa Drama Ruam Popok”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *