bantu UMKM melalui pendanaan online Akseleran
Ekonomi & Bisnis

Bantu UMKM Melalui Pendanaan Online Bersama Akseleran

Kebangkitan UMKM menjadi kunci penting bagi perekonomian nasional. Tak hanya pemerintah atau perusahan besar, ternyata kita juga bisa bantu UMKM Indonesia untuk segera bangkit dari pandemi. Caranya mudah, yaitu melalui pendanaan online bersama P2P Lending Akseleran.

Pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun memiliki dampak besar terhadap para pelaku usaha di Indonesia. UMKM yang merepresentasikan 99 persen pelaku usaha nasional tersebut menjadi sektor perekonomian yang paling terkena dampak yang diakibatkan oleh pandemi.

Riset UNDP pada Oktober 2021 menyebutkan beberapa kendala yang dihadapi oleh UMKM saat pandemi. Kendala tersebut ialah kekurangan produksi, penurunan permintaan, regulasi pemerintah, akses keuangan, dan bahan baku.

Transformasi Digital di Masa Pandemi

Seperti yang kita lihat, terjadi perubahan besar di dalam perilaku kita selama pandemi yaitu terjadinya transformasi digital. Aktivitas yang biasanya kita lakukan di dunia nyata berubah ke online. Bekerja, belajar, meeting, belanja, dan aktivitas lainnya banyak beralih ke platform digital atau online.

Banyak pelaku UMKM yang juga memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk pengembangan usahanya. Survei Asosiasi E-commerce Indonesia menyebutkan terjadinya kenaikan penjualan sebesar 25% selama pandemi.

Sementara Kemenkop UKM mencatat jumlah UMKM yang telah bergabung ke dalam ekosistem digital mencapai 12 juta lebih per Juni 2021. Angka tersebut baru 19% dari UMKM nasional, dan akan terus meningkat.

Pendanaan Online Bersama P2P Lending Akseleran

Platform digital menjadi sarana yang efektif bagi UMKM untuk terus berkembang. Platform digital juga menjadi sarana yang tepat bagi kita untuk membantu para pelaku UMKM tersebut. Kita bisa memberikan pendanaan online bersama P2P Lending Akseleran, mulai dari Rp100.000 saja.

Akseleran adalah peer-to-peer (P2P) lending platform di Indonesia. Platform ini menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman usaha dengan para pemberi pinjaman untuk mendanai pinjaman tersebut. Akseleran sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kita tak perlu ragu terhadap legalitasnya, ya!

Bagi pelaku usaha, Akseleran menyediakan akses permodalan dengan suku bunga kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Sementara bagi pemberi pinjaman, Akseleran membuka alternatif peluang untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada. Dengan kata lain, Akseleran memberikan solusi yang menguntungkan baik bagi peminjam maupun pemberi pinjaman.

Fintech P2P Lending Akseleran ini memiliki catatan positif dalam penyaluran dana selama tahun 2021. Total penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp1,9 triliun lebih, atau mengalami pertumbuhan 102 persen dari periode tahun 2020. Melihat pencapaian tersebut, tentunya kita akan makin yakin terhadap Akseleran sebagai tempat yang tepat bagi kita untuk melakukan pendanaan UMKM.

Cara Memberikan Pinjaman Dana Melalui Akseleran

Untuk mendapatkan peluang memberikan pinjaman kepada UKM, caranya cukup mudah. Yaitu:

1.      Daftar

Daftarkan di website Akseleran.co.id atau lewat aplikasi Akseleran. Buat akun Akseleran dengan melengkapi data diri (KTP, nomor rekening bank, serta NPWP) secara online. Tunggu proses verifikasi data diri paling lambat 1×24 jam sebelum mulai memberikan pinjaman.

2.      Pilih

Pelajari profil usaha peminjam, suku bunga, tenor dan rating pinjaman tiap peluang usaha. Pilih peluang usaha yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

3.      Beri Pinjaman

Berikan pinjaman minimal Rp100,000 ke UKM pilihan. Pastikan dananya cukup. Jangan lupa lakukan diversifikasi untuk meminimalisasi risiko.

4.      Tunggu

Penggalangan dana berhasil jika dana terkumpul lebih dari 80% atau mencapai jumlah yang ditargetkan sebelum 30 hari. Jika penggalangan dana tidak berhasil, dana akan dikembalikan ke akun Akseleran.

5.      Selesai

UKM pilihan berhasil didanai. Pantau perkembangan portofolio pinjaman dan nikmati pengembalian imbal hasilnya tiap bulan.

Pelajari Profil Usaha Peminjam

Sebagai pemberi pinjaman, kita bisa mengetahui informasi mengenai kegiatan usaha apa yang akan kita danai. Selain itu, kita juga mendapatkan informasi terkait profil peminjam tersebut. Contohnya adalah pinjaman berikut ini dengan jumlah pinjaman sebesar Rp520 juta dan tenor pinjaman 5 bulan, dengan bunga efektif 12% per tahun. Adapun dana telah terkumpul 100% dari 376 lender atau peminjam.

Informasi lainnya terkait penggalangan dana juga bisa kita peroleh sebagai berikut:

Mulai penggalangan dana: 31/01/22
Batas akhir penggalangan dana: 02/03/22
Tujuan penggalangan dana: Pinjaman ini merupakan pinjaman Modal Kerja
Agunan: Pinjaman ini dilindungi oleh asuransi pinjaman dengan nilai proteksi pengembalian sebesar 99% dan menggunakan agunan berupa jaminan fidusia atas PO dari Perusahaan Oil and Gas dengan nilai tidak kurang dari Rp ~1,8 Miliar.

Jadwal angsuran:

Informasi lainnya yaitu mengenai peminjam dana sebagai berikut ini:

Bentuk usaha: PT
Domisili usaha: KOTA DEPOK
Tahun pendirian: 2005
Kategori usaha: Oil/Gas (Integrated)
Grup Usaha: ISSI.
Deskripsi usaha: Berbentuk badan hukum PT sejak tahun 2005, perusahaan ini bergerak di bidang distribusi instrumen laboratorium yg kebanyakan untuk industri minyak & gas. Customer perusahaan ini adalah Pertamina (Pertamina Persero & Pertamina Lubricants), PT Wijaya Karya, Perkindo Mitra Analitika, Trakindo, Elnusa Petrofin, dan banyak lainnya.

Kita juga bisa mengetahui highlight keuangan dari peminjam tersebut dan informasi riwayat peminjaman.

Dengan mengetahui informasi dan data yang lengkap tersebut, kita bisa memilih usaha mana yang akan didanai sesuai dengan preferensi kita. Jadi, kita tidak asal pilih kucing dalam karung.

Kode Referral

Bagi kalian yang tertarik untuk memberikan pendanaan bagi UMKM Indonesia, segeralah bergabung di Akseleran. Jangan lupa gunakan kode referral di bawah ini:

AKSLDANIEL365203

Dengan menggunakan kode referral ini, kalian bisa memperoleh saldo gratis sebesar Rp100.000 yang bisa kalian gunakan untuk mulai memberikan pinjaman UMKM.

Perlu untuk diperhatikan, dana referral yang didapat referee ini tidak dapat ditarik sebelum dipinjamkan ke UKM pilihannya, minimal 1 kali. Masa berlaku dana referral adalah 7 hari setelah mendaftar di Akseleran, dan seorang referee hanya bisa menggunakan kode referral ini sebanyak 1 kali saja.

Nah, ternyata kita bisa membantu UMKM mulai dari dana Rp100.000 saja. Yuk, segera bantu UMKM melalui pendanaan online bersama Akseleran, agar UMKM tanah air bisa bangkit dari pandemi ini! Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.