Ekonomi

Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit”, Dukung Pelaku Usaha Ultra Mikro

Debitur UMi asal Telaga - Majalengka, Ibu Nonoh Ukinah. Program Bersama Sahabat - UMi Bangit

Debitur UMi asal Telaga – Majalengka, Ibu Nonoh Ukinah (60 tahun) sedang menggoreng tahu yang akan dijual

Pelaku usaha UMKM banyak terdampak oleh pandemi COVID-19, sebanyak hampir 50% dari mereka terpaksa menutup usahanya. Usaha ultra mikro memiliki komposisi paling besar dari seluruh pelaku usaha tersebut. Menyikapi masalah ini, Pusat Investasi Pemerintah meluncurkan kampanye “Bersama Sahabat – Umi Bangkit” agar pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro mampu bertahan di masa pandemi ini.

Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” sebagai bentuk dukungan Pusat Investasi Pemerintah bagi para pelaku usaha ultra mikro. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong ekosistem pinjaman para pelaku usaha khususnya segmen usaha Ultra Mikro (UMi).

Upaya Pusat Investasi Pemerintah untuk Bantu Usaha Ultra Mikro

Selama ini, Pusat Investasi Pemerintah telah banyak membantu usaha Ultra Mikro di seluruh Indonesia. Dukungan yang diberikan berupa pinjaman usaha, serta pelatihan dan pendampingan dalam hal pemasaran, keuangan, masalah legal, digitalisasi, dan lain-lain.

Program-program yang dilakukan Pusat Investasi Pemerintah diharapkan bisa mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 23/2020. Program PEN merupakan bagian dari kebijakan keuangan negara untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19 serta menghadapi ancaman terhadap perekonomian nasional.

Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit”

Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” bertujuan untuk memperkuat ekosistem UMi di Jawa dan Maluku Utara sebagai percontohan untuk daerah lain. Program-program yang dilakukan antara lain inkubasi UMi di Bandung Barat, Majalengka, dan Malang. Selain itu juga dibentuknya satu wadah untuk para pelaku usaha UMi di Maluku Utara. Penguatan ekosistem UMi tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan beberapa pihak baik dari lingkungan Kementerian Keuangan, akademisi, pihak swasta, dan lain-lain.

Suami dari Ibu Dedoh (46 tahun), debitur UMi asal Banjaran, Majalengka sebagai pengusaha retail barang bekas sedang memilah barang untuk diolah kembali.

Inkubasi UMi di Bandung Barat dan Majalengka melalui kegiatan pendampingan terhadap 35 debitur UMi. Para debitur diberikan pelatihan dalam hal peningkatan pengetahuan, perbaikan kualitas produk, legalitas produk, dan peningkatan pengetahuan digital. Inkubasi UMi di Jawa Barat ini dilakukan dengan menggandeng Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas  Padjajaran.

Sementara inkubasi UMi di Malang, Jawa Timur, pendampingan dan pelatihan difokuskan pada dua hal yaitu pengelolaan pemasaran digital dan pembukuan keuangan. Inkubasi UMi ini dilakukan melalui kerjasama dengan Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB).

Terbentuknya wadah bagi para pelaku usaha UMi di Ternate, Maluku Utara, dilakukan dengan melakukan pendampingan dan pelatihan bagi 13 debitur UMi Ternate terkait nama produk, manajemen, pinjaman, dan pemasaran. Wadah ini sekaligus sebagai sarana promosi usaha dan belajar manajemen usaha agar pelaku usaha di Ternate tersebut bisa naik kelas.

Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” merupakan bentuk nyata dukungan Pusat Investasi Pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Harapannya, semakin banyak pelaku usaha mikro bisa naik kelas sehingga memberikan manfaat bagi mereka sendiri, keluarga, dan lingkungannya.

Program Lelang Produk UMi Unggulan Tahun 2021

Program Lelang Produk UMi Unggulan Tahun 2021 dilakukan pada hari Senin (30/08) dengan sistem lelang terbuka ataupun tertutup. Produk yang ditawarkan kepada masyarakat sebanyak 76 paket/lot dari 15 debitur, yang terdiri dari berbagai produk makanan dan minuman, kain batik, hasil rotan, pakaian, kerajinan kayu, dan lainnya.

Pusat Investasi Pemerintah melakukan Program Lelang Produk UMi Unggulan Tahun 2021, sebagai hasil kolaborasi antarlembaga di bawah Kementerian Keuangan seperti Koperasi Pegawai Kantor Pusat Perbendaharaan (Koppbn) – Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Lelang – Ditjen Kekayaan Negara, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) – 1 Jakarta.

Program lelang ini untuk membantu memasarkan produk dari debitur UMi. Selain itu, lelang juga bertujuan mendukung penguatan Ekosistem UMi, menambah saluran penjualan produk UMi, serta sebagai wujud sinergi antar lembaga dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Program lelang dilakukan melalui platform www.lelang.go.id yang disediakan oleh Direktorat Lelang, DJKN dapat menjadi alternatif penjualan produk UMi. Kegiatan lelang ini dapat meningkatkan jangkauan pasar para pelaku Ultra Mikro sekaligus memperkenalkan www.lelang.go.id kepada masyarakat luas.

Ibu Nonoy Nurhasanah (45 tahun) dan suami, pelaku usaha kuliner Sorabi Jaya di Banjaran, Majalengka.

Tentang Pusat Investasi Pemerintah

Pusat Investasi Pemerintah merupakan unit organisasi non eselon di bidang pinjaman usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pusat Investasi Pemerintah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Pusat Investasi Pemerintah melaksanakan koordinasi dana (coordinated fund) pinjaman Ultra Mikro (UMi) dengan memberikan fasilitas maksimal Rp 20 juta kepada debitur yang selama ini tidak dapat mengakses pinjaman perbankan dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan pola langsung (one step) atau two step melalui linkage koperasi/lembaga keuangan mikro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *