Ekonomi

Cara Promosi di Instagram agar Bisnis Semakin Berkembang

cara promosi di instagram untuk mengembangkan bisnis

Agar bisnis semakin bekembang, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melakukan promosi di Instagram. Karena itu, kamu perlu mengetahui cara promosi di Instagram yang jitu agar memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis.

Di era digital ini, media sosial seperti Instagram memberikan pengaruh luar biasa dalam banyak aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Tak heran jika banyak bisnis, mulai dari toko online berskala rumahan hingga perusahaan besar berskala internasional, menggunakan platform ini. Tujuannya untuk menyampaikan informasi bisnis kepada konsumen.

Cara promosi di Instagram yang tepat akan menentukan keberhasilan penyampaian informasi tersebut. Dampaknya, konsumen akan menangkap pesan yang kamu sampaikan, kemudian timbul keingintahuan lebih lanjut dan akhirnya membeli produk yang kamu jual.

Manfaat Melakukan Promosi di Instagram

Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh sebuah bisnis jika melakukan promosi melalui Instagram. Manfaat tersebut antara lain:

1. Gratis

Untuk mengunduh aplikasi serta membuat akun di Instagram, tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Sedangkan untuk melakukan promosi di Instagram, kamu bisa memilih promosi yang gratis atau berbayar.

Promosi gratis bisa dilakukan melalui posting konten, baik gambar maupun video. Sementara promosi berbayar, kamu bisa mengendorse influencer atau membuat iklan melalui Instagram Ads.

2. Tampilan Visual

Instagram merupakan platform media sosial berbasis visual. Hal ini akan memberikan keuntungan untuk menyampaikan gambaran produk yang kamu tawarkan. Penjelasan secara visual, baik melalui gambar atau video, kadang lebih mudah diterima oleh audiens daripada penjelasan melalui tulisan.

3. Memiliki Banyak Pengguna

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan banyak pengguna yang jumlahnya akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Saat ini jumlah pengguna Instagram di atas 1 milyar.

Dari jumlah tersebut, Indonesia berada di peringkat ke-4 dengan total pengguna sebesar 93 juta, di bawah India (180 juta), Amerika Serikat (170 juta), dan Brazil (110 juta). Banyaknya pengguna Instagram tersebut merupakan potensi yang bagus untuk melakukan promosi bisnismu.

4. Terkoneksi dengan Media Sosial yang Lain

Akun Instagram bisa dikoneksikan dengan media sosial lainnya, yaitu Facebook. Saat kamu membuat postingan di Instagram, maka postingan tersebut juga tampil di Facebook.

Hal ini tentunya sangat praktis. Kamu cukup melakukan satu kali postingan, dan selanjutnya postingan tersebut bisa dilihat baik oleh follower Instagram maupun teman di Facebook.

Cara Promosi di Instagram untuk Bisnismu

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, kamu perlu juga mengetahui cara promosi di Instagram agar bisnis semakin berkembang. Berikut tips-tips jualan di Instagram yang bisa kamu lakukan:

1. Profil Bisnis

Pakailah profil bisnis jika kamu ingin berjualan di Instagram. Profil bisnis Instagram ini memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak ditemukan pada profil personal, misalnya fitur insight, ads targeting, tombol kontak, dan yang lainnya.

Fitur profil bisnis yang paling populer yaitu insight. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetahui informasi tentang followermu. Misalnya, melihat follower berdasarkan jenis kelamin, lokasi, umur, dan lainnya. Bahkan, fitur ini bisa menampilkan kapan mereka paling aktif di Instagram, sehingga kamu bisa tahu waktu yang paling tepat untuk membuat postingan.

Selain informasi tentang follower, kamu juga bisa mengetahui kinerja dari konten yang kamu posting. Seperti banyaknya impression, reach, dan engagement dari tiap postingan tersebut.

2. Buat Profil yang Menarik

Buatlah profil akun Instagram kamu agar menarik bagi audiens. Cara yang bisa dilakukan misalnya memasang foto profil yang menarik dan relevan dengan bisnis kamu (misalnya logo atau brand). Dengan demikian, perusahaan atau bisnismu akan mudah untuk dikenal.

Selain itu, buatlah bio Instagram yang bagus. Tulislah penjelasan mengenai bisnis yang kamu jalankan, lokasi bisnis, jam operasional, dan informasi penting lainnya. Juga, isilah bagian URL dengan link menuju website bisnismu.

3. Buat Konten Menarik

Karena Instagram merupakan platform media sosial berbasis visual, kamu perlu membuat foto dan video yang bisa menarik audiens. Perhatikan juga agar feed terlihat rapi dan menarik, seperti dengan menggunakan tema warna yang sesuai dengan brand atau bisnismu. Misalnya jika brand milikmu mengandung unsur warna biru muda, maka unggahlah foto dan video yang juga memiliki unsur warna biru muda tersebut.

Selain itu, tulislah caption yang menarik dengan menggunakan hastag yang efektif. Pilihlah hastag yang unik dan jarang dipakai, sehingga postingan yang kamu buat tidak tertimbun oleh banyaknya postingan dari pengguna lain.

4. Beriklan di Instagram

Kamu bisa memanfaatkan Instagram Ads agar postingan bisa muncul di feed orang-orang yang bukan followermu. Agar iklan tersebut efektif, buatlah konten yang sesuai dengan minat target yang kamu tetapkan. Gunakanlah opsi penargetan agar iklanmu terlihat oleh audiens yang tepat.

Untuk beriklan di Instagram, kamu bisa memilih postingan yang memiliki engagement bagus untuk dipromosikan.

5. Kolaborasi dengan Influencer

Kamu juga bisa melakukan kemitraan dengan influencer yang memiliki banyak follower di Instagram. Konsumen biasanya lebih memercayai rekomendasi dari figur publik dibandingkan dengan iklan suatu produk.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berjualan di Instagram. Jika membutuhkan tips-tips yang lebih lengkap lagi, kalian bisa cek cara promosi di Instagram di blog Zyro. Blog Zyro berisikan informasi penting di antaranya tentang cara membuat website, cara memulai bisnis online, ide-ide bisnis digital dan juga membahas tentang cara berjualan di Instagram. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *