Cara freelancer tetap bisa berinvestasi dengan aplikasi investasi
Ekonomi & Bisnis

Cara Freelancer Tetap Bisa Berinvestasi Meski Pemasukan Tak Pasti

Melakukan investasi sangat penting untuk dilakukan oleh siapa saja, bahkan jika Anda seorang freelancer yang mana memiliki pendapatan yang selalu tidak tetap. Seorang freelancer atau pekerja lepas, akan mendapatkan penghasilan ketika mengerjakan sebuah proyek, jadi bisa dibilang memiliki keadaan keuangan yang tidak menentu. Namun Anda tetap bisa berinvestasi dengan aplikasi investasi menggunakan strategi yang tepat. 

Investasi tetap penting bagi pekerja lepas. Ini karena investasi sendiri bisa menjadi sarana sumber pendapatan, apalagi jika ingin mempercepat tujuan keuangan.  Maka Anda harus membuka sumber pendapatan lebih banyak pula, alias tidak boleh bergantung hanya pada satu sumber saja. 

Cara Freelancer Tetap Bisa Investasi 

Sebelum memilih aplikasi investasi yang tepat akan lebih baik jika freelancer atau pekerja lepas mengetahui strategi untuk bisa investasi secara konsisten. 

  1. Persiapkan Anggaran Dana 

Saat ingin melakukan investasi, meskipun menjadi seorang pekerja lepas Anda tetap harus membuat anggaran tiap bulan. Dengan membuat anggaran, maka Anda bisa tahu berapa biaya pengeluaran setiap bulannya. Setelah itu Anda tinggal menyiapkan dana untuk berinvestasi yang sudah dikurangi dari biaya pengeluaran primer.

Sebagai seorang pekerja lepas maka Anda juga harus benar-benar memahami mana kebutuhan primer dan mana kebutuhan yang bersifat konsumtif. Hal tersebut agar membuat Anda, tidak mengalami permasalahan finansial.

  1. Belajar Instrumen Investasi

Punya penghasilan tidak tetap, tapi tetap ingin berinvestasi maka Anda harus yang namanya belajar sungguh-sungguh terhadap instrumen investasi. Salah satunya dengan memilih aplikasi investasi terbaik. Saat ini, investasi lebih mudah karena bisa dilakukan secara online bahkan lewat smartphone saja. 

Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah memahami setiap instrumen investasi yang ada. Ada beberapa jenis instrumen investasi seperti misalnya investasi dalam bentuk emas, saham atau yang cukup populer adalah investasi Reksadana. Di investasi Reksadana sendiri, bahkan terdapat beberapa pilihan instrumen investasi lainnya yang setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. 

Dalam hal ini, Anda juga harus belajar setiap risiko investasi pada semua instrumen untuk membuat Anda memiliki pondasi yang kuat dalam berinvestasi.

  1. Menentukan Tujuan Investasi

Bagi freelancer sangat penting untuk menentukan tujuan investasi. Dimana Anda harus memikirkan apakah ingin investasi jangka panjang atau jangka pendek. Dengan menentukan satu tujuan investasi, Anda jadi lebih mudah untuk konsisten terhadap tujuan tersebut. 

Yang paling penting adalah tidak menjadikan investasi sebagai cara instan untuk cepat kaya. Namun Anda harus berpikir bahwa investasi adalah sarana untuk mendapatkan kenyamanan finansial di masa depan. 

  1. Cari Sumber Pendapatan Lain

Jika sudah menentukan instrumen investasi dan aplikasi investasi yang tepat, maka untuk menghindari krisis keuangan sehingga tidak bisa konsisten investasi Anda bisa cari sumber pendapatan lain. Karena saat pekerja lepas tidak mendapatkan klien, maka otomatis Anda tidak bisa mendapatkan uang. 

Jadi untuk meminimalisir hal tersebut, maka Anda harus mencari lebih banyak sumber pendapatan. Misalnya dengan mengembangkan kemampuan ke bidang lain. Atau mempelajari keahlian yang memang tujuannya untuk menghasilkan pendapatan lebih banyak. 

  1. Investasi Ke Beberapa Jenis Instrumen

Lewat aplikasi investasi Anda juga dapat dengan mudah melakukan investasi ke beberapa jenis investasi. Investasi di beberapa jenis instrumen bukan tanpa sebab, karena hal ini untuk menghindari dari yang namanya risiko investasi. 

Apalagi jika Anda sudah melakukan investasi ke instrumen yang memiliki risiko tinggi, sebaiknya dana lainnya bisa diinvestasikan ke instrumen yang memiliki risiko lebih aman. Dengan begini, jika misalnya 1  jenis investasi memiliki penurunan nilai maka Anda masih punya instrumen investasi lainnya yang bisa memberikan imbal hasil. 

Menabung dan Investasi Lebih Mudah di digibank by DBS

Sumber gambar: freepik.com

Setelah mengetahui cara yang tepat untuk konsisten investasi meski memiliki pendapatan yang tidak tetap, kini saatnya menemukan aplikasi investasi terbaik. Anda bisa memanfaatkan salah satunya yaitu Aplikasi digibank by DBS sebagai platform investasi yang aman. Lalu apa saja keunggulan dari aplikasi ini?

  1. Buka Rekening Secara Online

Dalam melakukan investasi secara online, tentu saja penting  bagi Anda untuk memiliki yang namanya rekening bank. Untuk itu, aplikasi investasi digibank by DBS memberikan fasilitas yaitu melakukan pembukaan rekening secara online. Dengan cara ini, maka Anda tidak perlu lagi mengunjungi cabang Bank terdekat untuk membuka rekening.

Anda juga tidak perlu yang namanya melakukan pengisian formulir dengan lebih banyak dokumen, karena bisa dilakukan lewat smartphone saja. 

  1. Proses Verifikasi Mudah

Aplikasi investasi digibank by DBS juga memudahkan untuk proses verifikasi saat ingin buka rekening. Anda hanya membutuhkan e-KTP lalu dilanjut dengan pengisian biodata kemudian lakukan verifikasi wajah dengan kamera depan handphone. Sistem face biometric ini memudahkan Anda dengan proses verifikasi 100% digital. 

  1. Gratis  Biaya Transfer dan Tarik Tunai

Selain buka rekening yang mudah, Aplikasi digibank by DBS juga memberikan keunggulan yaitu gratis biaya transfer dan tarik tunai. Bahkan Anda bisa melakukan tarik tunai dengan biaya gratis di semua ATM dengan syarat harus punya saldo rata-rata minimal 1 juta perbulan. 

Itu tadi beberapa strategi yang bisa dilakukan sebagai freelancer, untuk tetap bisa konsisten dalam berinvestasi. Jadi meski punya pendapatan tidak tetap jika memiliki strategi yang tepat maka investasi tetap bisa dilakukan. Untuk pilihan aplikasi investasi yang tepat bagi para freelancer, maka Anda bisa mengandalkan Aplikasi digibank by DBS.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.