Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gambar kamera CCTV yang bergelombang
Sains & Tekno

Cara Mengatasi Gambar Kamera CCTV yang Bergelombang

Ketika menggunakan kamera CCTV untuk memperketat keamanan rumah, menemukan gangguan yang terjadi pada CCTV sudah pasti begitu menyulitkan. Tidak jarang, kerusakan ini dapat menjalar ke perangkat lain bila tidak segera ditangani.

Sebenarnya, semua merk CCTV dapat mengalami gangguan seperti gambar yang dihasilkan bergelombang. CCTV dengan gambar gelombang dapat membatasi jarak pandang untuk melihat video dengan jelas.

Merawat serta memastikan CCTV tidak mengalami masalah memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Apalagi jika kamu baru pertama kali menggunakan CCTV ini untuk memperkuat keamanan rumah.

Cara Mengatasi Gambar Kamera CCTV Bergelombang

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pemanas-air-terpasang-di-dinding-putih-dan-hitam-6064902/

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mendapati gambar kamera CCTV bergelombang, seperti:

1. Pindahkan slot kamera

Untuk mengatasi gambar CCTV yang bergelombang, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memindahkan slot kamera. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada alat elektronik adalah slot tempat kabel.

Oleh sebab itu, jika gambar yang dihasilkan kamera CCTV tiba-tiba bergelombang, tidak ada salahnya kamu segera memindahkan beberapa slot. Namun, pastikan kembali untuk memindahkannya dengan aman.

2. Cek sambungan kabel

Bila kamu sudah memindahkan beberapa slot CCTV namun gambar yang dihasilkan kamera masih saja bergelombang, cara lain yang bisa dilakukan adalah mengecek sambungan kabel yang terpasang di sekitar CCTV.

Pastikan kamu mengecek kondisi kabel, lebih-lebih yang berada di sambungan kabel. Terkadang bagian jack di DVR tidak berfungsi secara maksimal serta efisien karena berbagai macam faktor. Oleh sebab itu, pastikan mengecek sambungannya dengan baik.

3. Atur koneksi CCTV

Bila cara pertama dan cara kedua di atas tidak bisa mengatasi gambar kamera CCTV yang bergelombang, kamu bisa mengatur koneksi CCTV. Gambar yang bergelombang pada CCTV juga bisa disebabkan karena koneksi CCTV yang tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengatur koneksi CCTV jarak pendek dengan menggunakan kabel coaxial kurang lebih 1 meter. Tujuan pengaturan ini ialah untuk memastikan letak masalah CCTV bergelombang berasal dari jack atau dari sinyal.

4. Mengecek cara pemasangan

Jika gambar kamera CCTV bergelombang sesaat setelah melakukan pemasangan, kamu bisa mengecek cara pemasangannya. Apakah cara pemasangan yang kamu lakukan sudah betul atau sudah mengikuti seluruh langkah yang diberikan dengan baik.

Terkadang, setelah membeli CCTV, kita ingin melakukan pemasangan sendiri, sayangnya setelah CCTV berhasil dipasang, CCTV malah menghasilkan gambar gelombang. Gambar gelombang yang muncul pada CCTV juga bisa disebabkan oleh tidak tepatnya pemasangan.

Oleh sebab itu, jika langkah 1 hingga 3 sudah kamu lakukan namun gambar masih bergelombang, kamu bisa mengulangi pemasangan atau menghubungi teknisi profesional untuk melakukan pemasangan CCTV.

5. Kualitas barang

Jika slot kamera sudah dirubah, sambungan kabel sudah dipastikan dengan baik, koneksi CCTV juga demikian, bahkan kamera CCTV sudah dibongkar pasang kembali, tetapi CCTV masih dalam keadaan yang tidak baik, masalah bisa terjadi karena kualitas CCTV yang kamu miliki.

Tidak semua CCTV baru memiliki kualitas yang baik. Untuk kamera CCTV wireless, mungkin kamu tidak perlu meragukan kualitasnya.

Namun, untuk CCTV analog yang masih biasa dengan banyak kabel dalam pemasangannya, kualitas bisa menjadi salah satu penyebabnya. Akan lebih baik jika kamu mengganti CCTV dengan produk yang berkualitas, memiliki garansi, serta terbukti dapat diandalkan.

Pilihan CCTV yang Tepat Saat Ini

Jika kamu ingin mengganti CCTV yang kamu miliki dengan kamera CCTV wireless, Hikvision ColorVu bisa dijadikan sebagai pilihan. Hikvision ColorVu merupakan sebuah CCTV dengan teknologi terdepan dalam dunia kamera keamanan.

Bayangkan saja, Hikvision ColorVu dapat merekam video dengan hasil penuh warna serta memiliki kualitas tinggi. Hikvision ColorVu dapat menjadi kamera pengawasmu selama 24 jam penuh. Hikvision ColorVu bahkan memiliki teknologi untuk menangkap semua detail meskipun di dalam pencahayaan yang rendah.

Ada berbagai macam keunggulan yang dimiliki kamera CCTV wireless ini, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Memberikan informasi warna yang sebenarnya

Hikvision ColorVu mampu memberikan informasi warna yang sesungguhnya. Hal ini disebabkan karena Hikvision ColorVu dapat melakukan render warna dengan sangat akurat.

Kinerja Hikvision ColorVu yang sangat luar biasa bahkan ditunjukkan ketika dipasang di lingkungan yang memiliki tingkat pencahayaan rendah. Dengan penggabungan teknologi yang ada, Hikvision ColorVu bisa menangkap target manusia serta kendaraan dengan warna sangat hidup.

2. Memberikan detail yang terlihat lebih banyak

Hikvision ColorVu bisa dengan sangat jelas merekam berbagai informasi warna serta detail dengan begitu jelas dan kaya bila dibandingkan dengan CCTV analog hitam putih.

Kamera CCTV Hikvision ColorVu bahkan memiliki keandalan yang super tinggi dengan adanya Ultra HD ColorVu sehingga kontrol kualitas yang dimiliki sangat baik.

3. Memberikan pengalaman visual yang semakin baik

Sebagai konsumen, tentu saja kamu ingin mendapatkan produk CCTV yang berkualitas sehingga bisa mendapatkan gambar yang semaksimal mungkin. Hikvision ColorVu tentu dapat mewujudkannya.

Hikvision ColorVu memiliki tingkat kecerahan yang seimbang, bahkan Hikvision ColorVu mempunyai aperture super F1.0 serta sensor lanjutan sehingga bisa menjamin perenderan dengan sangat realistis.

Hikvision ColorVu memiliki F.1 Super aperture sehingga bisa menangkap cahaya dengan jumlah sebanyak mungkin, selain itu Hikvision ColorVu juga memiliki 1/1.2” Large Sensor sehingga akan memaksimalkan penggunaan cahaya yang ada.

Bahkan, Hikvision ColorVu bisa bekerja dengan maksimal meskipun berada di lingkungan yang minim cahaya.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan Hikvision ColorVu, sayang bukan jika mengabaikannya begitu saja. Pilih kamera CCTV Hikvision ColorVu agar keamanan rumahmu menjadi semakin terjaga maksimal.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.