Tekno

CoroMap: Peta Digital Kasus Virus Corona di Jepang

coromap

Senin kemarin (2/3) kasus positif virus corona ditemukan di Indonesia. Pengumuman resmi dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Virus corona hingga saat ini telah menjangkiti lebih dari 90 ribu orang. Jumlah kematian akibat virus ini lebih dari 3.000 orang di seluruh dunia, terbanyak terjadi di Tiongkok sebanyak lebih dari 2900 orang.

Total korban meninggal akibat virus corona di luar daratan Tiongkok yaitu di Iran sebanyak 54 orang, Italia sebanyak 34 orang. Selanjutnya, 20 orang meninggal di Korea Selatan, 12 Orang di Jepang, masing-masing dua orang di Hong Kong, Prancis, dan AS, serta masing-masing satu orang di Filipina, Taiwan, Australia, dan Thailand.

Selama ini, informasi tentang ‘di mana orang yang terinfeksi dikonfirmasi’ sering kita baca media massa. Namun peta di mana lokasi orang yang terinfeksi virus corona, baru di Jepang dikonfirmasi.

Adalah`CoroMap, sebuah peta  yang menyediakan informasi tentang orang yang terinfeksi yang dirilis oleh Departemen Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan dan Biro Kesehatan dan Kesejahteraan Tokyo. Layanan ini bisa diakses baik melalui PC maupun smartphone di coromap.info.

Saat mengakses situs tersebut melalui smartphone, saya diperlihatkan sebuah peta Jepang dengan beberapa simbol di dalamnya dengan keterangan dalam tulisan Jepang. Beruntung di smartphone yang saya pergunakan, ada pilihan untuk terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Hingga Selasa (3/3) malam waktu Indonesia, telah terjadi sebanyak 268 kasus virus Corona di Jepang. Pada peta yang ditampilkan di CoroMap, setiap kasus disimbolkan dengan lingkaran.

Ada lingkaran berwarna hijau, merah, dan biru yang tersebar di berbagai perfektur di Jepang. Dan bila setiap lingkaran tersebut diklik, akan muncul sebuah kotak informasi yang cukup detail tentang kronologi kasus atau pasien corona tersebut, dan status terakhirnya.

Saya mencoba mengklik lingkaran tersebut. Kasus 1, misalnya, dengan lingkaran berwarna hijau. Setelah lingkaran diklik, muncul informasi yaitu pada tanggal 16/1 diumumkan oleh Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Hidup di Kanagawa.

Di bawahnya tertulis kronologinya: tanggal 3/1 mengalami demam, 6/1 kembali dari Wuhan, dan seterusnya. Status terakhir: saat ini sudah habis (selesai).

Secara acak, saya mencoba mengklik lingkaran lainnya. Misalnya pasien ke-111 dengan lingkaran merah dan pasien ke-73 dengan lingkaran berwarna biru. Untuk pasien ke-73 ini, ada beberapa lingkaran dengan nomor tersebut brikut garis-garis dengan tanda panah yang mnunjukkan bahwa pasien no-73 ini berpindah dari satu tempat ke tempat lain (dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain).

Baik pasien ke-111 dan ke-73, status terakhirnya saat ini dirawat di rumah sakit.

Dari 3 kasus yang saya ambil secara acak, saya brkesimpulan bahwa lingkaran berwarna hijau menunjukkan kasus sudah selesai, sedangkan merah dan biru menunjukkan pasien sedang dirawat. Ada sebuah pertanyaan yaitu saya belum menemukan apa maksud dari perbedaan warna merah dan biru tersebut.

Pertanyaan lain yaitu untuk lingkaran warna hijau, apakah kasus yang sudah selesai tersebut berakhir dengan kesembuhan atau kematian. Mengingat ada korban meninggal di Jepang (sebanyak 12 orang). Di luar pertanyaan-pertanyaan di atas, setidaknya apa yang ditampilkan oleh CoroMap ini sangat informatif. Kita bisa mengetahui peta setiap kasus Corona yang terjadi di Jepang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *