Serba-serbi

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 untuk Semangat Kolaborasi Generasi Muda

Hai, teman-teman! Ada acara keren, nih. IDN Media mengadakan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS). Even tahunan ini diadakan secara offline di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta pada 29-30 September 2022. 

IMGS 2022 mengusung tema ‘Indonesia Fast Forward’. Acara keren ini akan menjadi platform bagi anak muda untuk bisa saling menginspirasi. Sehingga, anak muda bisa memberikan berbagai macam kontribusi positif bagi Indonesia. 

Ada beragam sesi panel di Indonesia IMGS 2022 dengan menghadirkan lebih dari 50 pembicara inspiratif. Para pembicara ini akan mengisi tiga panggung, yaitu Visionary Leaders, Future is Female, dan Talent Trifecta. Selain itu akan ada pertunjukan hiburan di Entertainment Stage bagi para pengunjung.

Panggung Visionary Leaders akan menghadirkan para pemimpin dari sektor publik dan privat. Mereka akan membahas isu-isu penting di bidang sosial, politik, serta ekonomi yang ada di Indonesia. 

Panggung Future Is Female merupakan persembahan Popbela.com. Di panggung ini, beberapa tokoh perempuan Indonesia inspiratif akan hadir dan bertukar cerita mengenai pentingnya peranan dan kepemimpinan perempuan saat ini. 

Terakhir, panggung Talent Trifecta persembahan ICE akan memberikan kesempatan kepada figure publik dan anak muda yang sukses di berbagai bidang. Mereka akan berdiskusi mengenai isu-isu terkini, serta kontribusi yang diberikan pada Indonesia.

Peran Penting Generasi Muda bagi Indonesia

Teman-teman tentunya memahami bahwa generasi muda punya peran yang besar dalam sejarah Indonesia. Sejarah telah mencatat peran dan keterlibatan generasi muda dalam mengubah arah sejarah bangsa ini. Mulai dari masa kolonial, proklamasi kemerdekaan, masa revolusi, hingga gerakan reformasi tahun 1998.

Organisasi modern bernama Boedi Oetomo pada 2 Mei 1908 dibentuk oleh anak-anak muda dari sekolah kedokteran Stovia. Kesadaran berorganisasi ini kemudian menyebar dan membangkitkan rasa nasionalisme para pelajar dan mahasiswa. Tanggal 2 Mei kemudian dijadikan sebagai hari kebangkitan nasional.

Dua dekade selanjutnya, terjadilah peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Saat itu, oleh para pelajar dan mahasiswa dari seluruh wilayah nusantara menyelenggarakan sebuah kongres di Jakarta. Dari kongres tersebut lahirlah ikrar Sumpah Pemuda, yaitu:

Kami putra dan putri Indonesia: mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia; mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Sewaktu Jepang menyerah kepada sekutu di akhir Perang Dunia ke-2, sejumlah tokoh muda menjadi katalisator kemerdekaan. Atas desakan kelompok muda, maka pada tanggal 17 Agustus 1945 memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya, peristiwa reformasi Mei 1998 tak lepas dari kritik keras intelektual-intelektual muda Indonesia terhadap rezim Orde Baru. Pada akhirnya, kelompok muda ini berhasil menggulingkan kepemimpinan Orde Baru yang dinilai totaliter dan membungkam demokrasi.

Sejak tahum 2020, dalam 2 tahun terakhir seluruh dunia mengalami pandemi Covid-19. Kondisi ini telah membatasi ruang gerak anak muda. Tahun ini situasi telah membaik, sehingga bisa menjadi momentum yang tepat untuk kembali berkarya dengan maksimal.

IDN Media Gelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022

Sebagai media platform untuk milenial dan Gen-Z di Indonesia, IDN Media ikut berkontribusi memeratakan akses informasi dari Aceh hingga Papua. Sejalan dengan semangat ini, maka IDN Media kembali menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS).

IDN Media adalah perusahaan media platform untuk milenial dan Gen-Z di Indonesia, dengan lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU). IDN Media memiliki visi untuk mendemokrasikan informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

CEO IDN Media, Winston Utomo mengungkapkan, “Dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, generasi muda selalu punyai peran strategis di setiap peristiwa penting yang terjadi. Kami di IDN Media percaya bahwa generasi muda merupakan tulang punggung dan cerminan suatu bangsa.” 

“Tahun ini, IDN Media dengan bangga menghadirkan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang diperuntukkan bagi para generasi milenial dan Gen-Z di Indonesia. Acara ini merupakan wujud komitmen IDN Media untuk mendemokratisasi informasi serta mengangkat berbagai isu yang dapat menginspirasi generasi muda. One step at a time, for a better Indonesia.”

IMGS 2022 merupakan sebuah pertemuan independen oleh IDN Media yang berkomitmen untuk membentuk masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dari seluruh penjuru nusantara dan lintas disiplin ilmu. Acara ini melibatkan para pemimpin dari akademisi, atlet, pejabat pemerintah, pemimpin bisnis, pemimpin LSM, pengusaha, artis, pemimpin agama, dan media.

Pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini diselenggarakan dengan nama Indonesia Millennial Summit. Dan tahun ini IDN Media turut menjangkau para Gen-Z yang juga menjadi salah satu kelompok demografi terbesar dengan banyak potensi. 

Nah, jangan lewatkan acara keren ini. Catat tanggalnya, ya! Indonesia Millennial and Gen-Z Summit secara offline akan hadir di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta selama dua hari, 29-30 September 2022. Informasi lebih lanjut bisa kalian peroleh melalui akun Instagram @indonesia.summit ya!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.