salah satu investasi sebagai sumber pendapatan yaitu obligasi pemerintah
Ekonomi & Bisnis

Investasi Sebagai Sumber Pendapatan, Simak Selengkapnya!

Anda tentunya menyadari kalau setiap orang pasti ingin memperbaiki kondisi finansial dan meningkatkannya melalui cara investasi. Namun untuk melakukan hal tersebut tentunya harus memahami semua yang berkaitan dengan investasi itu sendiri. Salah satu investasi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan pendapatan adalah investasi pada obligasi pemerintah.

Obligasi atau surat utang pemerintah ini merupakan satu investasi yang bisa Anda jadikan sebagai sumber pendapatan. Tepatnya sebagai pendapatan pasif. Akan tetapi bukan tak mungkin Anda memanfaatkan investasi ini sebagai sumber penghasilan yang dapat diandalkan. Artinya investasi ini menjadi sumber penghasilan utama yang bisa Anda terima setiap bulan.

Jika memang benar demikian maka ini merupakan hal yang bagus. Dari pada menjadi kuli kantoran yang pergi pagi pulang petang dan penghasilan pas-pasan, bukankah lebih baik berinvestasi? Lantas bagaimana caranya agar investasi ini bisa menjadi penghasilan utama? 

Alasan investasi sebagai sumber pendapatan utama

Investasi bisa saja menjadi sumber pendapatan utama. Alasannya karena investasi ini bisa menghasilkan keuntungan yang berupa bunga, capital gain, dividen atau bentuk pembagian keuntungan lain yang berasal dari investasi. Sebagai investor, Anda boleh menentukan ingin berinvestasi pada instrumen yang mana agar mendapatkan keuntungan.

Beberapa orang berpendapat bahwa keuntungan dari investasi ini dapat menjadi tujuan dan memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang. Namun ada juga yang berpendapat kalau keuntungan investasi ini untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Besarnya penghasilan yang akan Anda terima juga bisa menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan investasi sebagai pendapatan utama. Ini juga dapat menjadi petunjuk apakah instrumen investasi tersebut baik atau tidak.

Berdasarkan hal tersebut, banyak investor yang yakin kalau investasi yang dapat memberikan nilai keuntungan baguslah yang cocok menjadi penghasilan utama.

Ini yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memanfaatkan Investasi Sebagai Penghasilan Utama

Memanfaatkan investasi sebagai penghasilan utama memerlukan beberapa pertimbangan yang matang. Anda tak bisa berlepas diri dari alasan mengapa harus menjadikan investasi ini sebagai sumber penghasilan. Nah, beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan tersebut antara lain:

  • Melakukan diversifikasi 

Instrumen investasi baik saham maupun obligasi seperti halnya obligasi pemerintah merupakan dua produk investasi yang sesuai untuk menjadi sumber penghasilan. Sebagai investor Anda juga bisa menambah jenis instrumen lain yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan.

Ini artinya Anda sebaiknya melakukan diversifikasi ketika ingin menjadikan investasi sebagai penghasilan utama. Diversifikasi merupakan sebuah strategi investasi yang meletakkan investasi pada beberapa instrumen. 

Lebih mudahnya begini, jika investasi saham Anda mengalami kerugian maka obligasi pemerintah serta jenis investasi lainnya bisa jadi tetap menguntungkan. Sehingga mampu menutup kerugian yang bersumber dari investasi saham. Inilah yang dimaksudkan jika diversifikasi akan membantu menghindarkan Anda dari risiko kerugian. 

  • Nilai investasi harus besar

Hal kedua yang harus Anda pertimbangkan saat ingin menjadikan investasi sebagai sumber utama pendapatan adalah nilai investasi harus besar. Tujuannya tak lain agar investasi yang Anda lakukan menghasilkan keuntungan yang besar sehingga mampu menutupi kerugian juga kebutuhan bulanan. 

  • Tepat dalam memilih instrumen investasi

Selanjutnya Anda juga harus memilih instrumen yang tepat agar bisa menghasilkan keuntungan yang dapat menutupi kebutuhan hidup. Anda harus memahami bahwa tak semua investasi bisa Anda jadikan sebagai penghasilan utama. Dari beberapa instrumen, Anda bisa memilih jenis investasi seperti:

  1. Investasi jangka pendek yang bisa menghasilkan keuntungan harian seperti saham, emas, atau forex. Jika memilih investasi ini Anda harus memantau harga pasar agar bisa tahu kapan harus membeli dan menjual.
  2. Investasi dengan keuntungan mingguan atau bulanan misalnya P2P lending dan reksadana. 
  3. Jenis investasi jangka panjang yaitu saham, deposito, obligasi juga emas. Jenis investasi ini bisa mendatangkan keuntungan di akhir periode. Misalnya seperti obligasi dan deposito. Anda bisa memperoleh keuntungan setelah 3 atau 6 bulan. Bahkan bisa juga Anda baru akan memperoleh keuntungan setelah 1 tahun.
  • Memilih perusahaan investasi yang resmi dan berizin

Pertimbangan selanjutnya adalah memilih perusahaan investasi yang legal. Perusahaan yang legal atau berizin ini akan menjamin investasi yang Anda lakukan aman. Oleh karena itu anda harus pastikan memeriksa perusahaan investasi sebelum memilihnya. 

Caranya adalah dengan mengecek legalitas perusahaan tersebut apakah sudah berijin BAPPEBTI atau Bursa Efek. Atau Anda juga bisa memilih perusahaan investasi yang berada di bawah naungan atau binaan bank nasional.

menjadikan investasi sebagai sumber penghasilan utama yakni memilih instrumen obligasi di digibank by DBS
Sumber gambar: istockphoto.com

Aplikasi Investasi Obligasi Untuk Sumber Penghasilan Utama

Langkah tepat yang bisa Anda coba menjadikan investasi sebagai sumber penghasilan utama yakni memilih instrumen obligasi di digibank by DBS. Aplikasi ini menyediakan beragam produk obligasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan tujuan investasi. Salah satunya adalah obligasi atau surat utang pemerintah yang terbukti menguntungkan.

Adapun cara membeli obligasi pemerintah ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengaksesnya langsung melalui Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini sangat mudah, terjamin keamanannya serta memiliki beberapa keunggulan yang menarik, yaitu:

  • Dapat membeli produk dengan nominal mulai dari Rp1 juta dan USD minimal $1000
  • Produk obligasi lengkap tersedia di pasar perdana dan sekunder
  • Melakukan seluruh proses transaksi dalam satu aplikasi

Keunggulan pada aplikasi ini tentunya menjadi jaminan terbaik yang bisa meyakinkan Anda. Sehingga Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut tanpa keraguan sama sekali. Seiring dengan keunggulannya, Anda juga bisa merasakan kemudahan saat menggunakan aplikasi. 

Hal ini tampak pada menu dan fitur aplikasi yang user friendly. Sehingga ketika ingin mengetahui cara membeli obligasi pemerintah, Anda tak perlu lagi berlama-lama mempelajari bagaimana langkahnya. Tentunya ini sangat efektif dan efisien kan?

Dari semua ulasan di atas, bisa disimpulkan kalau investasi termasuk obligasi pemerintah bisa menjadi sumber penghasilan utama dengan beberapa pertimbangan. Anda hanya perlu memilih cara investasi yang sesuai agar bisa menghasilkan banyak keuntungan. Cara terbarunya yakni menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Untuk informasi detail silakan langsung cek di sini.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *