Coworking Space
Sains & Tekno

Jaga Keamanan Coworking Space dengan Kamera CCTV

[ A+ ] /[ A- ]

Harga properti yang terus melambung membuat banyak perusahaan dan komunitas memutuskan untuk beralih ke coworking space. Konsep kantor bersama ini tidak hanya bermanfaat menghemat anggaran, tetapi  juga menawarkan peluang koneksi dan kolaborasi yang besar.

Banyaknya perusahaan dan komunitas yang bergabung tentunya menguntungkan bagi Anda pengelola penyewaan coworking space. Di sisi lain, Anda juga harus menciptakan kenyamanan dan keamanan lingkungan kerja bagi semua klien, salah satunya dengan cara memasang kamera CCTV

Tips Menjaga Keamanan Coworking Space

Coworking space menawarkan beragam fasilitas dan manfaat untuk mendukung fleksibilitas kerja yang produktif dan menyenangkan. Hal ini juga rentan terhadap masalah keamanan baik secara fisik maupun digital. Nah, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan keamanan coworking

1. Pasang Kamera CCTV Terbaik 

Salah satu cara terbaik untuk mengamankan kantor dan orang-orang yang bekerja di dalamnya adalah memasang kamera pengintai. Kamera CCTV menjadi alat untuk mengawasi setiap pergerakan yang terjadi di dalam area kantor maupun lingkungan di sekitar kantor bagian luar.  

2. Perketat Akses

Tingkatkan keamanan ruang kerja bersama dengan memperketat akses keluar dan masuk. Pastikan orang-orang yang masuk ke area coworking space memiliki  kartu atau ID Card resmi. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan sistem face recognition dan finger print

 3. Proteksi Jaringan Internet

Untuk mencegah kejahatan di dunia maya atau cyber crime, melindungi jaringan internet di coworking space. Siapkan dua jaringan terpisah: satu untuk pengunjung dan satu lagi untuk pekerja klien Anda yang membutuhkan koneksi yang aman untuk mengakses pekerjaan mereka. 

Klien kerja Anda wajib menggunakan kata sandi atau password yang kuat saat akan mengakses networking. Gunakan autentikasi multifaktor dan firewall untuk perlindungan tambahan. Pastikan jaringan WiFi Anda dienkripsi dan matikan saat kantor tutup. 

4. Terapkan Kata Sandi

Amankan data-data penting di komputer atau laptop dengan password. Terapkan juga penggunaan kata sandi untuk perangkat bersama seperti printer dan mesin faks.

5. Gunakan Sistem Alarm

Anda dapat menerapkan sistem alarm untuk menambah pengamanan ruang kantor coworking Anda setelah usai jam kerja. Sistem alarm ini bisa berfungsi lebih efektif dengan kamera pengintai yang akan memberikan tanda peringatan ketika ada aktivitas yang berpotensi mencurigakan.

5. Pekerjakan Tim Security Profesional

Untuk keamanan berlapis Anda sebaiknya menyewa juga tim keamanan yang bekerja sepanjang waktu terutama saat kantor tutup. Tim security profesional bisa berjaga di area depan, samping dan belakang kantor. Jika Anda belum dapat mempertimbangkan, setidaknya sewa petugas keamanan yang bisa berjaga di waktu malam guna melindungi ruangan dari pelaku jahat.

Manfaatkan Kamera CCTV untuk Keamanan Coworking Space

Pemasangan CCTV ternyata tidak hanya berfungsi menjaga keamanan area coworking space saja. Berikut ini beberapa manfaat lain yang Anda peroleh jika memutuskan memasang kamera CCTV di ruang kerja bersama: 

  1. Memantau Aktivitas Pekerja

Anda dapat melihat kegiatan yang dilakukan oleh pekerja klien Anda. Apakah sesuai atau melanggar perjanjian antara pemilik dan penyewa. Hal ini bisa menjadi pertimbangkan untuk melanjutkan atau memutuskan kerjasama. Melalui kamera CCTV terbaik , klien Anda juga dapat menilai kinerja dan kejujuran dari karyawan atau anggota organisasi.

  1. Melindungi Aset 

Sebagai pemilik coworking, Anda menyediakan fasilitas, properti, sarana dan prasarana untuk kenyamanan kerja penyewa atau klien dan para karyawan yang bekerja di sana. Aset-aset ini perlu dilindungi. Dengan adanya kamera CCTV bisa mencegah terjadinya agar tidak terjadinya pengrusakan atau pencurian terhadap barang-barang milik penyedia coworking maupun klien. 

  1. Bukti dari Tindak Kejahatan

Hasil rekaman dari kamera CCTV terbaik akan tersimpan secara otomatis ke dalam sistem.  Jadi ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan, Anda bisa menggunakannya sebagai alat bukti kejahatan. Arsip dari CCTV tersebut sangat dibutuhkan pihak berwajib proses penyelidikan suatu kasus. 

  1. Mencegah Insiden Berbahaya

Terjadinya kebakaran, kecelakaan atau insiden berbahaya lainnya dapat dicegah jika Anda memasang  CCTV di area rawan. Jika terjadi hal yang tidak beres maka petugas keamanan bisa langsung mengambil tindakan untuk mencegah kerusakan dan kerugian.

  1. Arsip Kegiatan

Setiap usaha membutuhkan arsip kegiatan sebagai sarana evaluasi untuk pengembangan bisnis. Begitu pula dengan bisnis persewaan coworking space. Rekaman dari kamera CCTV bisa menjadi arsip digital terbaik yang mudah diakses kapanpun dan tidak  membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

Gunakan Kamera CCTV Terbaik untuk Keamanan Coworking Space

Sumber gambar: freepik.com

Untuk menciptakan ruang kerja bersama yang aman dan nyaman, Anda dapat mengandalkan kamera CCTV Hikvision dengan teknologi ColorVu. Teknologi ini mampu menghasilkan rekaman gambar dan video yang tajam, jelas dan akurat. Kemampuan ini berasal dari inovasi hardware termutakhir, pemrosesan dengan menggunakan teknologi canggih dan keandalan tingkat tinggi.

Hasil Kamera CCTV Zoom yang disuguhkan juga dalam warna yang cerah. Anda dapat melihat detail wajah seseorang jauh lebih jelas karena kamera CCTV terbaik Hikvision ColorVu dapat mengubah panjang fokus kamera. Ketika Anda ingin memperbesar atau memperkecil objek dalam kamera, kecerahan gambarnya tetap terjamin. Ini karena kamera Varifocal Hikvision memiliki aperture super F1.0 dan sensor lanjutan yang membuat render lebih real

Kemampuan ini tentu akan sangat membantu Anda untuk bisa mengawasi seluruh orang yang berada di ruang kerja bersama. Ayo tingkatkan keamanan coworking space dengan memasang kamera CCTV ColorVu dari Hikvision ini.  Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai produk-produk dan spesifikasi Hikvision, silakan klik di sini.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *