Charging station untuk mobil listrik
Otomotif

Jenis Charger Mobil Listrik dan Cara Pakainya

Saat ini semakin banyak orang yang sudah familiar dengan penggunaan mobil listrik terutama di kota-kota besar. Mobil listrik ini tidak seperti mobil dengan bahan bakar bensin karena membutuhkan daya listrik untuk membuat mobil bisa dikendarai dengan nyaman seperti layaknya barang elektronik seperti handphone yang harus di charger. Pengisian daya listrik pada mobil listrik tentu bisa dilakukan di rumah ataupun mengunjungi charging station mobil listrik atau disebut stasiun pengisian kendaraan listrik umum SPKLU yang disediakan pemerintah. Untuk selengkapnya seputar charger mobil listrik akan dijelaskan berikut ini.

Jenis Charging Mobil Listrik

Adapun jenis charging mobil listrik ada dua jenis yaitu onboard charger dan offboard charger. Apa perbedaan keduanya dan bagaimana cara kerjanya?

  1. Onboard Charger

Merupakan charger listrik yang dapat mengisi mobil listrik dengan cara kerja mengisi secara langsung pada mobil. Di mana charger akan disambungkan ke mobil, kemudian listrik disalurkan langsung ke komponen baterai yang ada dalam mesin mobil. Charger di sini berperan sebagai adaptor dengan prinsip kerja mirip charger handphone atau laptop.

  1. Offboard Charger

Offboard Charger merupakan tipe pengisi daya mobil listrik yang sistem pengisian dayanya, membuat baterai mobil listrik dilepas atau dipisahkan dari kendaraan terlebih dahulu. Jadi bisa dibilang selama pengisian daya listrik, mobil tidak akan tersambung langsung ke sumber pengisian listrik. Pada Offboarf Charger, charger tidak berperan sebagai adaptor melainkan sebagai pengisi daya listrik yang terpisah. 

Namun perlu diketahui bahwa jenis charger ini tidak banyak ditemukan pada mobil listrik. Bahkan hanya ditemukan pada motor listrik dari merk Honda.

Cara Pakai Charger Mobil Listrik

Untuk yang baru mulai pakai mobil listrik, kemungkinan Anda akan merasa sulit saat hendak men-charger mobil listrik baik lewat stasiun umum maupun di rumah. Karena faktanya kedua tempat pengisian daya mobil listrik ini punya cara yang berbeda.

  1. Charger Mobil Listrik di Rumah

Untuk pengisian daya mobil listrik di rumah, Anda harus memasang wall charger terlebih dahulu pada garansi dengan kapasitas 7 KW. Adapun charger ini dijual bebas dengan harga mulai dari 17 jutaan dan belum termasuk biaya jasa pemasangan. Meski harganya mahal, namun pada beberapa merek mobil listrik sudah dibekali dengan fasilitas wall charger sehingga tidak perlu memberinya lagi atau bisa juga memanfaatkan portable charger.

Adapun wall charger pada mobil listrik ini memakai soket dengan AC Type 2. Anda bisa dibantu pihak PLN untuk memasang wall charger dengan membuat meteran baru terpisah dari meteran rumah khusus untuk instalasi wall charger

Sementara jika menggunakan portable charger maka tidak perlu pasang alat khusus tinggal disambungkan portable charger ke outlet listrik rumah lalu langsung dihubungkan ke mobil listrik.  Perlukan sekali pengisian mobil listrik 2.200 VA dengan bantuan wall charger di rumah. 

  1. Charger Mobil Listrik di Charging Station

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa selain melakukan pengisian daya mobil listrik di rumah, Anda juga bisa melakukan pengisian daya mobil listrik dengan SPKLU. Untuk pengisian daya lewat charging station maka perlu memakai aplikasi Charge.IN. 

  • Pertama-tama terlebih dahulu unduh aplikasi Charge.IN. 
  • Telusuri lokasi charging station terdekat lewat aplikasi dan datangi. 
  • Setelah itu colokan GUN yang sesuai dengan tipe mobil listrik dan tempelkan kartu NFC agar mobil listrik bisa langsung melakukan pengisian dengan otentikasi.
  • Anda bisa scan QR Code kemudian masukkan KWH yang ingin diisi ke mobil dan total biaya charging langsung otomatis muncul. 
  • Kemudian lakukan pembayaran dengan aplikasi LinkAja dan tinggal tunggu proses pengisian daya listrik.
  1. Pada Charging Station Resmi

Cara ketiga dengan melakukan pengisian daya mobil listrik lewat charging stasiun resmi atau dealer. Namun saat ini belum banyak mobil listrik yang menyediakan fasilitas tersebut dan bila ada hanya di sekitar Jakarta.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu sistem charging mobil listrik di mana fungsinya adalah untuk mengisi daya pada mobil listrik agar bisa dikendarai. Mobil listrik cukup populer dan hadir dalam berbagai merek salah satunya Anda bisa memilih Neta V. 

Neta V merupakan mobil listrik yang menggabungkan kinerja canggih dan juga desain mobil elegan serta ramah lingkungan. Mobil ini cocok untuk mobilitas perkotaan dengan panjang 4.070 mm dengan lebar 1690 mm dan tinggi 1540 mm. Berat mobil ini sendiri 1151 kg. 

Dilengkapi dengan baterai tipe lithium-ion kapasitas 40,7 KWH dengan efisiensi secara energi. Pilihan warnanya ada 5 yaitu sky blue, midnight gray, sakura pink, storm white dan moonlight green. 

Harga mobil ini juga terbilang cukup terjangkau untuk kategori mobil listrik yaitu Rp379 juta OTR Jakarta dan menawarkan fitur-fitur modern seperti sistem Filtrasi Udara N95, hingga Panel Instrumen digital 12 inci untuk pengalaman berkendara yang informatif bagi pengemudi.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *