Jenis-jenis Obligasi
Ekonomi & Bisnis

Kenali Jenis-Jenis Obligasi Berdasarkan Pembayaran Kuponnya

Dari banyaknya instrumen investasi yang ada saat ini, obligasi merupakan satu jenis instrumen investasi yang lumayan populer, utamanya di Indonesia. Akan tetapi perlu Anda pahami bahwa jenis pada instrumen ini ternyata sangat beragam. Anda harus mengenalnya satu persatu agar tak salah ketika memutuskan berinvestasi pada instrumen tersebut. 

Adapun jenis pada instrumen yang juga disebut dengan surat utang ini pembagiannya berdasarkan karakteristik hak penukaran, penerbit, pembayaran kupon dan sebagainya. Khusus pembagian surat utang berdasarkan pembayaran kupon, ada 4 kelompok yang perlu Anda ketahui dan pahami lebih dalam. Apa saja 4 kelompok tersebut, silakan simak ini hingga akhir.

Kenali Jenis-jenis Obligasi Berdasarkan Pembayaran Kupon

Investasi sudah menjadi hal yang biasa di zaman serba digital saat ini. Bukan hanya proses transaksinya yang mudah tetapi juga karena banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Pada umumnya ada tujuh instrumen investasi yang berlaku dan bisa Anda pilih. Salah satunya adalah surat utang.

Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2002, definisi surat utang atau obligasi adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang baik dalam bentuk rupiah atau valuta asing. Pembayaran bunga dan pokoknya pada surat utang ini mendapatkan jaminan dari Negara Republik Indonesia yang sesuai dengan masa berlakunya.

Surat utang yang diterbitkan biasanya menyebutkan bahwa setiap pembelian aset dari surat utang tersebut, para investor berhak mendapatkan bunga. Bunga atau kupon merupakan bukti kepemilikan atas keuntungan investasi surat utang. Nah, pembagian jenis surat berharga berdasarkan pembayaran kupon atau bunga ini terdiri atas:

Obligasi Kupon Atau Interest Bearing Bond

Merupakan surat utang yang memberikan bunga secara berkala pada para investornya. Kupon ini punya nominal tertentu sesuai kesepakatan antara penerbitnya dan investor. Surat utang ini dikenakan pajak penghasilan sebesar 20 % dari jumlah bruto bung yang sesuai dengan masa kepemilikan. 

Pajak penghasilan juga dikenakan pada diskontonya sebesar 20%.  Ini  berasal dari selisih lebih harga jual ketika transaksi jatuh tempo di atas harga perolehan. 

Obligasi Tanpa Bunga Atau Zero Coupon Bond

Yaitu surat utang yang tidak ada bunga dan tanpa kupon secara berkala. Investor biasanya akan memperoleh keuntungan dari hasil selisih harga jual diskonto dan nilai awal surat utang. Jatuh temponya pun beragam, bisa kurang dari satu tahun atau lebih dari sepuluh tahun. 

Jenis surat utang ini juga terkena pajak penghasilan sebesar 20% namun hanya pada diskontonya saja. 

Obligasi Suku Bunga Tetap Atau Fixed Coupon Bond

Surat utang ini menawarkan tingkat suku bunga tetap sampai jatuh tiba jatuh tempo surat utang. Pembayaran suku bunganya dilakukan secara berkala selama masa berlaku surat utang.

Surat Utang Dengan Suku Bunga Mengambang Atau Floating Rate Note Coupon Bond

Untuk jenis surat utang dengan suku bunga mengambang, perhitungan besaran bunganya sesuai dengan indeks pasar uang. Misalnya EURIBOR atau LIBOR. Dalam surat utang ini, ada kupon batas minimal, artinya kupon pertama ditetapkan akan menjadi besaran kupon minimal dan berlaku sampai jatuh tempo.

Memilih Investasi Obligasi Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Sumber gambar: pexels.com

Obligasi adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki nilai lebih aman dan menjanjikan. Salah satu platform berbasis online yang menyediakan instrumen investasi ini adalah Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi investasi terbaik yang mudah untuk Anda operasikan ini memiliki banyak keunggulan yaitu:

Membeli obligasi mulai dari Rp1 juta rupiah

Jika Anda memutuskan untuk investasi surat utang melalui Aplikasi digibank by DBS, tak perlu mengeluarkan modal besar. Hanya dengan satu juta rupiah  saja, Anda sudah bisa membeli surat utang tersebut. Selain mata uang rupiah, Anda juga bisa investasi surat utang menggunakan Dollar dengan modal sebesar 1,000 US Dollar. 

Produk surat utang lebih lengkap di pasar sekunder

Ada lebih dari 70 pilihan produk surat utang tersedia di pasar sekunder yang bisa Anda beli melalui Aplikasi digibank by DBS. Dengan pilihan yang banyak ini, Anda dapat memilih jenis produk yang sesuai dengan tujuan investasi.

Proses registrasi sampai pembelian menggunakan satu aplikasi

Sebelum membeli surat utang, Anda harus memiliki SID (Single Investor Identification) terlebih dahulu. SID bisa Anda peroleh dengan cara registrasi. Selain SID, Anda juga bisa melakukan registrasi lain yaitu E-SBN atau Surat Berharga Negara online. Kedua proses registrasi ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi terbaik yaitu digibank by DBS.

Baiknya, Anda tak perlu melakukan registrasi berkali-kali. Cukup dengan satu kali registrasi saja, Anda sudah bisa bebas membeli instrumen ini kapan pun. 

Sama halnya ketika Anda akan melakukan pembayaran atas pembelian surat utang ini. Anda tak perlu menggunakan platform lain. Cukup menggunakan satu aplikasi saja, semua transaksi bisa Anda lakukan dengan mudah dan efisien. 

Kini, setelah Anda mengenali jenis surat utang ini, saatnya Anda meyakinkan diri untuk berinvestasi. Anda hanya memerlukan aplikasi terpercaya seperti Aplikasi digibank by DBS, kemudian memilih obligasi lalu tunggu dan nikmati keuntungannya. 

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *