Upgrade limit kartu kredit BCA
Ekonomi & Bisnis

Waspada Penipuan Berkedok Penawaran Upgrade Limit Kartu Kredit BCA

[ A+ ] /[ A- ]

Kartu kredit Bank Central Asia (BCA) memberikan beragam manfaat bagi penggunanya. Namun, kejahatan perbankan kerap mengincar para pengguna tersebut. Salah satunya ialah modus penipuan yang berkedok penawaran upgrade limit kartu kredit BCA.

Daya tarik yang dimiliki kartu kredit BCA kerap dimanfaatkan oknum yang tak bertanggung jawab untuk menipu pemilik kartu kredit. Oknum penipu tersebut menghubungi pemilik kartu kredit BCA melalui telepon atau media sosial. Penipu mengaku sebagai pihak BCA yang menawarkan kenaikan limit kartu kredit BCA.

Lalu, apa yang perlu dilakukan oleh pemegang kartu kredit BCA apabila mendapatkan penawaran dari oknum seperti itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Kenali Ciri Penipuan Berkedok Penawaran Upgrade Limit Kartu Kredit BCA

Oknum penipu yang menyamar sebagai pihak BCA biasanya akan menawarkan kenaikan limit yang cukup tinggi dengan syarat yang mudah. Misalnya, proses upgrade tanpa biaya dan bebas iuran tahunan. Bisa juga dengan memberikan iming-iming hadiah tertentu, voucher diskon belanja, dan lainnya.

Untuk meyakinkan pemilik kartu kredit, penipu tersebut menggunakan nomor telepon yang mirip kontak Halo BCA. Hal ini akan membuat calon korban menjadi percaya bahwa tawaran yang diberikan tersebut bersifat resmi. Namun, di balik penawaran yang memang menggiurkan, tujuan penipu sebenarnya ialah untuk mencuri data pribadi perbankan pemilik kartu kredit BCA.

Cara lainnya yang dilakukan oknum penipu yaitu dengan membuat kepanikan korban. Misalnya, oknum tersebut menginformasikan ada transaksi mencurigakan pada kartu kredit korban. Oknum akan membantu korban untuk melakukan pembatalan transaksi tersebut, di mana korban akan diminta untuk mengisi formulir atau link palsu yang di dalamnya ada data pribadi perbankan. Misalnya, nomor katu kredit, expire date, CVV/CVC, OTP, dan lainnya.

Jika pemilik kartu kredit memberikan data pribadi perbankan yang sifatnya rahasia tersebut, hal ini akan berbahaya. Penipu bisa mengakses kartu kredit korban. Selanjutnya, kartu kredit akan digunakan oleh oknum tersebut untuk melakukan berbagai transaksi online tanpa sepengetahuan pemilik kartu.

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Penawaran Naik Limit Kartu Kredit 

Pemilik kartu perlu waspada terhadap setiap penawaran yang berkaitan dengan kartu kredit BCA, padahal bisa saja hal tersebut adalah penipuan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan dengan dalih penawaran kenaikan limit kartu kredit.

Jangan Berikan Data Pribadi Perbankan

Jika ada oknum yang meminta data-data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti PIN, OTP, CVV/CVC, hingga tanggal kadaluarsa kartu, hampir bisa dipastikan itu adalah upaya penipuan. Lindungi data-data pribadi tersebut dan jangan pernah bagikan kepada siapa pun.

Cek Dulu Kebenarannya

Apabila ada penawaran kenaikan limit kartu kredit BCA, maka pemilik kartu kredit sebaiknya tidak langsung melakukan instruksi yang diberikan oleh oknum penipu. Cek dulu kebenarannya melalui Halo BCA di 1500888 dan nomor WhatsApp resmi BCA di 08111500998 (dengan tanda verified berupa centang hijau).

Ketahui Media Sosial Resmi BCA

Selain nomor Halo BCA dan WhatsApp resmi BCA di atas, dapatkan juga informasi melalui media sosial resmi BCA yang sudah verified dan memiliki centang biru, seperti Instagram @GoodlifeBCA, Twitter @BankBCA atau @HaloBCA, Facebook @BankBCA. Selain itu, perlu juga mengetahui website BCA, yaitu www.bca.co.id.

BCA mobile

Ingin Naik Limit Kartu Kredit, Ini Caranya! 

Jika nasabah atau pemegang kartu kredit BCA merasa limit yang diberikan tak lagi mencukupi kebutuhan, maka ia bisa melakukan permohonan kenaikan limit kartu kredit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu melalui Halo BCA di 1500888 atau melalui BCA mobile.

Jika kartu kredit BCA sudah berhasil terkoneksi dengan BCA mobile, proses permohonan naik limit kartu kredit sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi BCA mobile, pilih m-BCA, masukkan kode akses, serta pilih fitur m-Admin.
  2. Pilih menu Request Limit Kartu Kredit.
  3. Atur limit baru yang diinginkan dengan klik tanda “+”, kemudian klik Send.
  4. Tunggu pihak BCA untuk melakukan penilaian terhadap permohonan kenaikan limit. Jika disetujui, akan dikirimkan konfirmasi melalui SMS beberapa hari kemudian.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua agar terhindar dari upaya penipuan berkedok penawaran upgrade limit kartu kredit BCA. Terus tingkatkan kewaspadaan terhadap setiap tindakan kejahatan perbankan.

Bagikan

11 thoughts on “Waspada Penipuan Berkedok Penawaran Upgrade Limit Kartu Kredit BCA”

  1. ngeri banget emang. kadang kalau punya cc tuh data rasanya nyebar ke seluruh penjuru dunia. ada aja penawaran ina inu lewat wa atau tlpon. harus selalu hhati2. thanks infonya kak!

  2. Sebagai salah satu pengguna BCA, syukur tidak pernah mengalami penipuan berkedok seperti ini, meski memang nama BCA sering digunakan sebagai modus untuk tipu-tipu. Makasih tipsnya mas

  3. Penipu emang gak ada matinya. Dari segala arah mereka mencari celah. Tetap berhati-hati dan waspada adalah antisipasinya.

  4. Wah aku juga nasabah BCA nih. Tapi, Alhamdulillah gak pernah ada yg nipu² atau lain sebagainya. Selama ini terbaru bgt dengan menggunakan BCA. Puas bgt pakai BCA.

  5. Sekarang lagi banyak penipuan macam gini ya Kak. Harus waspada Dan lebih hati-hati dalam mengklik link dan memberi data pribadi. Bank tidak pernah meminta data pribadi seperti no kartu, otp, apalagi untuk CVC dan CVV. mau naik limit sekarang udah gampil, nasabah BCA di manjakan dengan berbagai kemudahan. Tinggal klik klik by mobile banking aja misalnya udah jadi tuh. Aman dan simple.

  6. aku pengguna bca juga nih, harus waspada juga. Makasih bang infonya, soalnya lagi marak kasus penipuan juga

  7. Segala jenis tipu daya manusia akan ada balasannya, jika tidak didunia maka di akhirat. Karena Allah adalah sebaik-baik pembalas tipu daya.

  8. Waahh di masa sekarang ini harus benar benar berhati hati dalam menerima informasi. Salah info bisa bisa kita sendiri yg dirugikan. Terimakasih reviewnya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *