cat dasar tembok, manfaat dan jenis-jenisnya
Griya

Beragam Manfaat dan Jenis Cat Dasar Tembok yang Anda Perlu Ketahui

Mengecat rumah dengan warna kesukaan bisa menambah keindahan rumah serta memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Sebelum melakukan pengecatan dengan cat utama, Anda perlu mengaplikasikan cat dasar tembok dulu.

Penggunaan cat dasar atau cat primer ini kerap dilewatkan begitu saja. Alasannya beragam, seperti menghemat waktu dan tenaga, serta menghemat biaya. Padahal, penggunaan cat dasar untuk tembok akan memberikan beberapa manfaat. 

Manfaat Cat Dasar Tembok

Berikut beberapa manfaat cat dasar yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain:

1. Memberikan lapisan dasar 

Pengaplikasian cat dasar atau cat primer akan memberikan lapisan dasar yang konsisten. Hal ini bisa memudahkan proses pengecatan selanjutnya dengan cat utama. Jika pengecatan tanpa dilapisi cat dasar terlebih dahulu, maka cat bisa tidak menempel dengan sempurna. 

2. Melindungi tembok dari garam alkali 

Penggunaan cat dasar juga bisa melindungi tembok dari garam alkali (air garam dari semen). Garam alkali ini kerap menimbulkan berbagai masalah pada tembok rumah. Mulai dari munculnya jamur dan lumut, tembok rumah basah, munculnya serbuk halus pada cat, hingga lapisan cat mengelupas. 

3. Menghasilkan warna cat dinding yang sempurna 

Cat primer mempunyai sifat netral, yaitu berwarna putih transparan yang akan membuat warna cat di atasnya terlihat lebih sempurna. Jika tanpa cat primer, maka warna material dinding seperti acian atau batu bata akan berpengaruh terhadap hasil warna cat dinding.

Bila Anda ingin mengganti cat dinding yang lama, maka cat primer juga perlu digunakan. Apalagi jika Anda ingin mengganti warna dari gelap ke terang, maka warna muda tidak akan bisa menutup warna gelap secara sempurna jika tidak menggunakan cat primer lebih dahulu.

4. Menjaga daya tahan cat pada dinding 

Pemakaian cat dasar sebelum mengecat dinding juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan cat utama pada dinding. Dengan demikian, warna dan kualitas cat yang diaplikasikan ke dinding bisa bertahan dalam waktu lama dan tidak terjadi permasalahan dengan cepat. 

5. Menyembunyikan cacat pada tembok 

Cacat pada permukaan dinding seperti tidak rata atau cacat warna bisa disembunyikan dengan penggunaan cat dasar. Cat dasar akan menutupi cacat atau bagian yang tidak sedap dipandang tersebut, sehingga memberikan hasil warna yang lebih baik.

Jenis-Jenis Cat Dasar untuk Tembok

Cat dasar atau cat primer memiliki jenis-jenis yang berbeda, sesuai dengan jenis tembok yang akan dicat. Berikut jenis-jenis cat dasar:

1. Alkali Killer Oil Based

Cat primer ini memiliki bahan dasar minyak dan cocok untuk digunakan pada tembok eksterior rumah yang sering terpapar cuaca, seperti panas matahari, debu, dan hujan. Dengan menggunakan cat primer ini, maka lapisan cat luar tidak akan mengalami reaksi kimia.

2. Alkali Resisting Primer Acrylic

Cat primer dengan bahan dasar emulsi akrilik digunakan pada dinding tembok yang baru saja selesai dibangun. Penggunaan cat primer ini akan membuat pori-pori pada tembok bisa tertutup secara sempurna. Selain itu, cat primer ini juga membuat lapisan cat luar bisa diaplikasikan secara sempurna.

3. Wall Sealer Primer

Wall sealer primer ini cocok untuk diaplikasikan pada tembok yang sudah pernah dicat sebelumnya. Lapisan cat primer akan berfungsi sebagai sealer tembok yang akan memudahkan cat baru bisa menempel dengan baik.

4. Waterproofing Sealer Primer

Cat primer yang berjenis waterproofing sealer cocok digunakan untuk daerah lembab. Cat primer ini mampu untuk membuat tembok lebih tahan terhadap kelembaban tinggi. Selain itu, cat dasar ini mampu mengurangi risiko tembok menjadi rembes dan basah, serta bisa digunakan untuk menutup tembok yang retak.

Cat Dasar dari Avian Brands

Itulah manfaat dan jenis cat primer atau cat dasar yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa melakukan pengecatan tembok rumah dengan baik serta mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa memilih cat dasar tembok dari Avian Brands. Avian Brands lebih dari 4 dekade telah memberikan warna bagi kehidupan jutaan keluarga Indonesia melalui produk-produk berkualitas. 

Selamat mencoba!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.