Pengembangan Kepribadian. Sumber gambar: freepik.com
Edukasi

Memahami Pentingnya Etika dan Etiket dalam Pengembangan Kepribadian

[ A+ ] /[ A- ]

Belajar merupakan proses terus-menerus yang perlu dilakukan oleh setiap orang, termasuk blogger. Karenanya, ketika Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) membuka sebuah kelas pengembangan kepribadian (personality development) untuk para blogger, saya pun menyambut baik acara ini.

Kelas ini merupakan kolaborasi antara Komunitas ISB dan Duta Bangsa yang bisa menjadi sarana kontemplasi diri sebagai blogger untuk menemukan nilai, makna dan berbagai benefit yang semestinya didapatkan oleh blogger. Namun, bisa saja nilai, makna, dan benefit tersebut belum tercapai karena blogger kurang menguasai kemampuan berkomunikasi, dan hal-hal lainnya. Untuk itulah blogger perlu melakukan perbaikan terhadap nilai jual dari berbagai skill yang dimilikinya.

Kelas ini mengambil tema Personality Development for Blogger – Narrative for Success, yang diselenggarakan melalui Zoom Meeting pada hari Kamis, 16 Mei 2023. Pemateri pada acara ini yaitu Bapak Rudi Hilman selaku Direktur Program Development Duta Bangsa.

Perlunya Menguasai Keterampilan Sosial (Social Skills)

Pak Rudi membuka kelas dengan sebuah hasil studi dari Harvard yang ditulis si Forbes. Di mana, keberhasilan sebuah bisnis didasarkan pada 85% social skills dan 15% technical skills.

Bapak Rudi Hilman, Direktur Program Development Duta Bangsa

Hal tersebut tak lepas dari fakta di mana seseorang tidak bisa hidup sendiri. Ia perlu bersosialisasi, berkenalan, dan berkomunikasi. Karenanya, keterampilan sosial atau social skills sangat diperlukan. Apa pun profesinya, social skills punya peran besar untuk menentukan kesuksesan seseorang, termasuk bagi blogger.

Statement pembuka ini memberikan sebuah pandangan baru bagi saya. Sebagai seorang blogger, selama ini keterampilan teknis seperti SEO, storytelling, dan lainnya telah saya pelajari. Ternyata hal-hal ini belum cukup. Jika ingin lebih berkembang dan sukses, saya harus juga menguasai keterampilan sosial.

Pentingnya Etika dan Etiket dalam Pengembangan Kepribadian

Pengembangan kepribadian terkait social skills bisa dilakukan dengan memahami etika dan etiket. Etika didefinisikan sebagai falsafah moral dan merupakan cara hidup yang benar dilihat dari sudut budaya, susila, dan agama yang bersifat absolut. Sementara etiket adalah tata cara pergaulan yang baik antar sesama manusia dan bersifat relatif, dapat berubah sesuai dengan waktu, lokasi, atau situasi.

Contoh etika yaitu tidak menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Sementara etiket contohnya seperti bersendawa, di mana di tempat tertentu hal ini dianggap sebagai bentuk penghargaan terhadap tuan rumah atau penyedia hidangan, tetapi di tempat yang lain bisa dianggap tidak sopan.

Baik etika maupun etiket memiliki beberapa fungsi. Seperti memelihara suasana yang menyenangkan, menimbulkan rasa saling menghargai, meningkatkan efisiensi kerja, serta meningkatkan citra pribadi dan lembaga.

Tata cara berjabat tangan

Lebih lanjut, Pak Rudi menjelaskan tata cara yang perlu diketahui oleh blogger. Misalnya, saat berkenalan atau berjabat tangan dengan rekan bisnis.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berjabat tangan. Antara lain mengucapkan nama dengan jelas, melakukan kontak mata dengan lawan bicara, tersenyum, tubuh sedikit condong ke depan, serta jabatlah tangan dengan erat tanpa harus menggenggam terlalu kuat.

Selain itu, hindari hal-hal seperti melakukan perkenalan di tempat umum, memberi pertanyaan yang terlalu pribadi, dan menatap mata terlalu sering atau terlalu lama. Jika kita dalam posisi duduk, lebih baik untuk berdiri sebentar pada saat diperkenalkan dan bersalaman, setelah itu duduk kembali.

Ada beragam social skills lainnya yang juga diajarkan oleh Pak Rudi. Mulai dari bagaimana memperkenalkan orang lain, bertukar kartu nama, hingga menyampaikan kalimat secara profesional dalam sebuah pertemuan bisnis.

Kelas ini benar-benar bermanfaat bagi blogger. Terima kasih kepada Komunitas ISB dan Duta Bangsa yang telah mengadakan edukasi yang keren ini.

Bagi teman-teman yang ingin belajar lebih mendalam mengenai pengembangan kepribadian dan skill lainnya, bisa lakukan kolaborasi dengan Duta Bangsa dengan alamat website www.dutabangsa.co.id. Ikuti juga informasi menarik lainnya di akun Instagram @duta_bangsa, ya!

(sumber gambar utama: freepik.com)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *