Bagaimana memilih bengkel perawatan sepeda motor
Otomotif

Memilih Bengkel Sepeda Motor yang Terbaik, Perhatikan Tips Berikut Ini!

Memilih bengkel perbaikan untuk sepeda motor bisa menjadi tugas yang menantang. Ketika datang ke bengkel sepeda motor, kita ingin mendapatkan bengkel yang dapat diandalkan, berkualitas, dan tentu saja biaya terjangkau. Tujuannya untuk menjaga performa sepeda motor tetap dalam kondisi prima sehingga nyaman saat kita kendarai.

Pemilihan bengkel yang tepat untuk sepeda motor tentunya memiliki dampak besar pada kinerja dan umur sepeda motor. Dengan memilih bengkel yang baik, kita dapat memastikan bahwa perawatan yang diberikan pada sepeda motor dilakukan dengan baik dan sesuai standar. Namun, dengan begitu banyak pilihan bengkel yang ada, bagaimana kita dapat memastikan bahwa kita memilih bengkel yang tepat?

Di sisi lain, banyak oknum bengkel tak bertanggung jawab yang melakukan kecurangan atau kebohongan kepada konsumen. Selain itu, mekanik bengkel juga kadang memberikan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran.  

Hal tersebut diperparah jika konsumen tidak memahami harga suku cadang. Konsumen pun menjadi sasaran empuk bagi oknum bengkel nakal yang ingin mendapatkan keuntungan lebih. Oknum tersebut menyarankan kepada konsumen untuk mengganti suku cadang, padahal suku cadang tersebut masih layak pakai.

Karena ketidaktahuannya, konsumen mengikuti begitu saja apa yang dikatakan mekanik. Jika hal ini terjadi, kerugian yang dialami oleh konsumen semakin besar. Konsumen pun menyesal karena telah salah memilih bengkel.

Tips Memilih Bengkel Sepeda Motor Terbaik

Dalam artikel ini, kita akan belajar beberapa tips yang berguna untuk membantu kita memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor. Mulai dari harga yang jujur, mekanik yang profesional, hingga metode pembayaran yang fleksibel.

Harga Jujur dan Transparan

Mendapatkan harga yang jujur dan transparan bukanlah hal yang gampang dilakukan. Tidak banyak bengkel yang mau terang-terangan memberikan harga kepada calon konsumen. Karenanya, konsumenlah yang harus aktif bertanya kepada staf atau mekanik bengkel, mulai dari harga layanan atau servis, hingga harga suku cadang sepeda motor.

Tak hanya itu. Sebelum datang ke bengkel, kita perlu melakukan riset terkait harga suku cadang dan servis. Bandingkan harga dari beberapa bengkel yang berbeda, sehingga kita punya berbagai pilihan. Dan pastikan bahwa kita memilih bengkel yang menawarkan harga yang kompetitif dan sesuai dengan anggaran yang kita miliki.

Mekanik Profesional dan Handal

Bengkel yang baik akan memiliki mekanik yang profesional dan handal dalam merawat sepeda motor. Mekanik tersebut memiliki pengetahuan yang mendalam tentang seluk beluk sepeda motor dari berbagai merek dan model, serta pemahaman yang baik tentang bagaimana memperbaiki masalah yang terjadi.

Untuk mengetahui apakah bengkel tersebut memiliki mekanik profesional dan handal, kita dapat mengajukan pertanyaan mengenai masalah motor, tetapi kita sebenarnya sudah mengetahui jawabannya dan apa yang perlu dilakukan pada sepeda motor.

Kita bisa mencocokkan jawaban dari mekanik bengkel dengan pengetahuan yang kita miliki. Jawaban mekanik yang meyakinkan tentunya membuat kita puas dan akan kembali berkunjung ke bengkel tersebut di waktu yang akan datang.

Peralatan Modern

Bengkel motor terbaik menggunakan peralatan dan teknologi modern untuk menjamin kualitas layanannya. Dengan peralatan modern tersebut, pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif serta membuat suku cadang sepeda motor lebih aman saat dilakukan perbaikan.

Misalnya, tersedianya tyre changer oleh bengkel untuk proses penggantian ban motor. Tyre changer yang digunakan untuk melepas dan memasang ban tersebut akan menjamin velg dalam kondisi lebih aman dari goresan.

Tentu akan berbeda jika bengkel hanya menggunakan alat congkel biasa. Alat congkel ini bisa membuat velg menjadi cacat sehingga menyebabkan ban selalu bocor setelah dipasang.

Selain itu, pastikan bengkel yang kita kunjungi memiliki perlengkapan modern untuk melepas dan memasang berbagai baut, mur, dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau menimbulkan goresan.

Suku Cadang Lengkap

Bengkel terpercaya akan menyediakan suku cadang yang lengkap. Dengan lengkapnya suku cadang ini, kita akan merasa nyaman karena mendapatkan layanan yang menyeluruh.

Suku cadang yang lengkap juga memudahkan kita saat membutuhkan layanan perbaikan. Kita tidak perlu beralih ke bengkel lain untuk mendapatkan suku cadang yang mungkin perlu diganti saat perbaikan di bengkel tersebut.

Jaminan Garansi

Kita juga perlu mengetahui apakah bengkel memberikan garansi untuk pekerjaan yang dilakukan. Garansi ini menunjukkan bahwa bengkel akan bertanggung jawab atas suku cadang dan layanan yang mereka sediakan.

Memang tidak mudah mendapatkan bengkel yang memiliki garansi. Dengan garansi ini, kita bisa kembali ke bengkel tersebut apabila sewaktu-waktu sepeda motor mengalami kendala setelah melakukan perbaikan. Atau adanya kerusakan suku cadang padahal belum sampai 7 hari digunakan.

Jam Operasional Panjang

Bengkel dengan jam operasional panjang akan memiliki nilai plus. Hal ini memberikan kemudahan bagi kita saat perlu memperbaiki motor yang rusak mendadak pada malam hari. Karena kita tak pernah tahu kapan sepeda motor mengalami masalah.

Bengkel yang buka hingga malam juga sangat membantu kita yang sibuk bekerja dari pagi hingga sore. Hal ini sebagai solusi bagi kita yang baru bisa datang ke bengkel setelah pulang kerja.

Berbagai Metode Pembayaran

Bengkel yang menyediakan berbagai metode pembayaran baik secara tunai maupun non-tunai tentu akan memudahkan kita. Mengingat, pada masa sekarang tak banyak orang yang membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Karenanya, saat ini bengkel-bengkel modern juga menyediakan metode pembayaran non-tunai, seperti debit dan e-wallet. Kemudahan ini akan membantu kita dalam proses pembayaran dan kita juga merasa nyaman saat datang ke bengkel tersebut.

Memperbaiki Sepeda Motor di Planet Ban

Setelah mengetahui tips di atas, rasanya sulit untuk menemukan bengkel yang bisa memenuhi kriteria tersebut. Namun, ternyata hal ini saya temukan di Planet Ban.

Beberapa waktu lalu saat saya pulang kerja, saya melewati salah satu Bengkel Planet Ban dekat rumah. Ada banner dengan tulisan “Servis Motor Rasa Mesin Baru” terpasang di depan bengkel.

Karena penasaran, pada saat weekend saya datang ke Bengkel Planet Ban tersebut untuk melakukan servis motor. Saya juga bertanya kepada mekanik bengkel mengenai tulisan di banner tersebut.

Mekanik bengkel pun menjelasakan, Servis Motor Rasa Mesin Baru merupakan konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servis. Konsep ini berbeda dari servis motor pada umumnya.

Pada proses servis di Planet Ban, mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor. Mekanik menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban dan harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis.

Beberapa bagian yang diservis terdiri dari:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai
  • Servis Injeksi.

Menariknya, saat ini Planet Ban tidak hanya menjual ban motor saja. Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap.

Tak hanya itu, harga juga transparan. Harga bisa kita cek baik di website resmi Planet Ban, planetban.com maupun secara langsung di rak produk di bengkel Planet Ban.

Planet Ban bisa menjadi bengkel pilihan kita untuk mendapatkan layanan terbaik dari bengkel motor. Mulai dari mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet), hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari.

Planet Ban juga memberikan beragam benefit ini mungkin tidak kita dapatkan di bengkel lainnya. Antara lain:

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa servis dan ganti oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Gratis pengisian nitrogen selamanya.

Ke Planet Ban aja, untuk seluruh kebutuhan sepeda motor. Yuk, segera kunjungi Planet Ban terdekat!

Kita juga bisa mendapatkan voucher potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik nomor WhatsApp ini.

Bagikan

6 thoughts on “Memilih Bengkel Sepeda Motor yang Terbaik, Perhatikan Tips Berikut Ini!”

  1. Istri saya pernah nih kena sasaran bengkel yang kurang terpercaya. Mereka menjual sparepart dengan harga jauh dari bengkel yang lain. Tapi sejak tahu Planet Ban, jadi tenang. Harganya terjangkau dan transparan.

  2. Aku udh langganan nih di planet ban. Servisnya memuaskan pokoknya, jd gak kuatir harganya dibooingin sama montirnya

  3. saya udah langganan lama nih sama planet ban,,,terutama untuk ganti ban yang sudah botak,,,selain banyak pilihan harganya juga terjangkau,,,dan yang paling saya sukai adalah gratis pengisian nitrogen asal memperlihatkan kartu member planet ban,,,

  4. paling sering ketemu mekanik bengkel suka kasi saran ganti spare part ini itu. padahal sp nya msih bisa dipake. jadi kapok datang kesitu lg

  5. planet ban bagus sih buat servis mtor,, harga kualitas bagus
    soalnya pernah pengalaman buruk di bengkel lain sih, servis tpi digetok harga sma bengkelnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *