Perawatan Tubuh

Memilih Parfum Pria Terbaik, Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

[ A+ ] /[ A- ]

Memilih parfum yang tepat bisa membantu pria untuk menambah rasa percaya diri saat beraktivitas. Namun, beberapa pria mungkin merasa bahwa memilih parfum pria terbaik adalah pekerjaan yang tidak gampang dilakukan.

Karenanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pria bisa memilih parfum yang tepat untuknya. Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Kenali Aroma Parfum dan Manfaatnya

Parfum pria memiliki beragam aroma, seperti citrus, musk, dan yang lainnya. Masing-masing aroma parfum juga memiliki manfaat tertentu bagi pria yang memakainya. Rekomendasi parfum pria terbaik biasanya memiliki aroma seperti berikut ini:

Citrus

Seperti namanya, aroma ini terinspirasi dari aroma jeruk yang segar. Parfum pria dengan aroma citrus menjadi salah satu favorit kebanyakan orang. Aroma ini mampu membuat badan terasa segar, serta membuat pria terus bersemangat sepanjang hari.

Musk

Musk merupakan aroma yang diproduksi dari kelenjar perut rusa jantan yang tidak bertanduk (musk deer). Rusa ini biasanya hidup di hutan di Asia Utara. Kelenjar ini menjadi daya tarik bagi rusa pasangannya. Karenanya, parfum pria beraroma musk juga membuat banyak wanita menjadi tertarik. Aroma musk membuat pria tampil lebih elegan dan lembut.

Woody

Aroma kayu ini biasanya diambil dari jenis kayu kulit pohon, oak moss dan kayu bergamot. Aroma woody memiliki kesan yang menyegarkan, serta membuat para pria terlihat lebih maskulin yang
mengingatkan pada aroma kayu di hutan.

Peppermint

Aroma ini cenderung lebih ke aroma permen yang menyegarkan, mirip aroma pasta gigi. Kerenanya, parfum dengan aroma peppermint terasa menyegarkan serta membuat para pria terlihat lebih maskulin.

Aqua

Aroma aqua mengingatkan pada suasana pantai dan lautan yang tenang dan menyegarkan. Parfum dengan aroma yang kalem ini bisa jadi pilihan pria untuk tampil sporty dan tidak menyukai aroma yang menyengat.

Tips Memilih Parfum Pria Terbaik

Setelah mengenal beragam aroma parfum dan manfaatnya, pria perlu memilih parfum yang sesuai untuknya. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih parfum sebagai bagian dari perawatan tubuh pria.

Pahami jenisnya

Tak sedikit pria yang masih bingung terhadap informasi jenis parfum yang tertulis pada kemasannya, seperti Eau de Parfum, Eau de Toilette, dan Eau de Cologne. Informasi tersebut merujuk pada tingkat konsentrasi parfum serta menggambarkan durasi berapa lama aromanya dapat bertahan di kulit.

Eau de Parfum biasanya memiliki tingkat keharuman 15-20 persen dan aromanya dapat bertahan lebih dari 4 jam, bahkan hingga 8 jam. Eau de Toilette memiliki tingkat keharuman 5-15 persen serta aromanya hanya dapat bertahan selama 2-3 jam. Selanjutnya, Eau de Cologne merupakan versi wewangian paling ringan dan dipakai setelah mandi untuk mempertahankan kesegaran.

Tidak hanya baca, tapi juga mencoba

Sebaiknya jangan cuma membaca aroma parfum yang tertera di kemasan. Untuk mendapatkan parfum yang tepat, pria juga perlu mencobanya langsung. Karena aroma yang disukai oleh pria yang satu belum tentu disukai oleh yang lainnya.

Selain itu, cobalah beberapa jenis parfum untuk menentukan parfum yang sesuai karakter dan preferensi. Pria bisa mencoba sebanyak empat jenis sekaligus, dengan mengoleskannya di pergelangan tangan kiri, kanan, bagian dalam siku kiri dan kanan.

Tidak menilai dari top notes saja

Saat ini, parfum bisa memiliki top, middle dan base notes yang berbeda. Disarankan untuk tidak menilai parfum hanya dari top note saja. Aromanya bisa berubah 5 atau bahkan 30 menit kemudian. Seiring berjalannya waktu, aromanya bisa menyatu dengan kulit, dan mungkin pria akan menemukan wewangian favorit dari middle atau base notes.

Pilih jenis perfum yang disukai

Setelah menunggu beberapa menit, cobalah angin-anginkan lagi ke dekat area hidung. Lakukan penilaian terhadap aromanya, apakah parfum sudah sesuai. Jika aromanya membuat senang, maka itulah parfum pria terbaik yang sesuai preferensi.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *