Perlunya Payment Gateway agar Transaksi Online Lebih Baik dan Aman
Sains & Tekno

Perlunya Payment Gateway agar Transaksi Online Lebih Baik dan Aman

Internet telah membantu banyak bisnis untuk berkembang lebih baik. Dengan adanya internet, bisnis online memiliki kesempatan untuk menjangkau konsumen lebih luas bahkan hingga ke luar negeri. Bisnis online bisa menggunakan beragam media untuk pemasaran produknya, seperti website, media sosial, dan lainnya.

Selain untuk tujuan pemasaran, bisnis online juga perlu memanfaatkan internet untuk pembayaran atau transaksi online. Salah satu sistem pembayaran online yang perlu digunakan yaitu payment gateway, yang akan memberikan kemudahan baik bagi penjual maupun pembeli serta membuat transaksi online lebih baik dan aman.

Saat berbelanja di sebuah e-commerce atau toko online, kita akan memilih barang yang dibutuhkan kemudian melakukan pembayaran dengan kartu kredit, debit, atau yang lainnya. Di tahap inilah payment gateway bekerja untuk menjembatani proses pembayaran online.

Pada tahun 2020, nilai transaksi e-commerce naik menjadi Rp266,3 triliun dari semula Rp205,5 triliun di tahun 2019 (kenaikan sebesar 29,6%). Digitalisasi sistem pembayaran menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan transaksi tersebut. Hal ini tidak terlepas dari peran payment gateway.

Mengenal Payment Gateway

Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat dan waktu melalui pemanfaatan internet. Teknologi ini memberikan otorisasi untuk memproses pembayaran dari pembeli ke penjual. Otorisasi ini bisa dilakukan untuk berbagai proses pembayaran berupa kartu kredit, debit, e-wallet, akun virtual, transfer bank, dan gerai minimarket.

Pada umumnya, payment gateway digunakan oleh bisnis online terpercaya untuk kelancaran transaksi online. Untuk melakukan aktivasi akun bisnis yang akan digunakan pada layanan payment gateway, ada proses dan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh toko online. Karenanya, dipastikan hanya toko online terpercaya yang menggunakan layanan gerbang pembayaran tersebut.

Mekanisme Kerja Payment Gateway

Payment gateway memiliki mekanisme kerja sebagai berikut:

– Pembeli melakukan transaksi pada toko online, mulai dari memilih produk, menentukan metode pembayaran, hingga melakukan checkout.

– Toko online akan mengirimkan data pembelian dari pembeli tersebut ke penyedia layanan payment gateway. Setelah pembeli melakukan pembayaran, transaksi tersebut dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan terkait. Misalnya, jika pembeli memilih transaksi pembayaran melalui bank, maka payment gateway akan menyampaikan informasi ke bank tersebut.

– Bank atau institusi keuangan memproses transaksi. Jika ada kesalahan pembayaran atau terdapat kekeliruan data, maka transaksi akan ditolak.

– Penyedia layanan payment gateway akan mengirimkan pesan ke toko online mengenai berhasil atau tidaknya transaksi pembayaran.

– Bank atau institusi keuangan menerima pembayaran dari transaksi pembeli, kemudian meneruskan pembayaran kepada toko online.

Manfaat Payment Gateway

Penggunaan payment gateway akan memberikan beragam manfaat baik untuk pemilik toko online maupun untuk pembeli. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Metode pembayaran lebih variatif

Payment gateway memungkinkan toko online menyediakan metode pembayaran yang beragam kepada pembeli. Dengan demikian, pembeli memiliki banyak pilihan untuk melakukan pembayaran.

2. Proses transaksi lebih cepat

Payment gateway memungkinkan semua transaksi berjalan otomatis sehingga prosesnya akan jauh lebih cepat. Pembeli tidak harus lagi mengirimkan uang melalui transfer dan melakukan konfirmasi pembayaran. Pemilik toko online pun juga tidak perlu repot membuat invoice secara manual.

3. Transaksi lebih aman

Payment gateway memiliki sistem yang canggih yang mampu memeriksa semua transaksi dengan cepat dan mencegah adanya transaksi fiktif yang bisa menimbulkan kerugian.

4. Transaksi tak terbatas

Payment gateway memiliki pengelolaan transaksi yang baik dan akurat dan bisa menangani transaksi yang tidak terbatas. Jika toko online ramai dikunjungi pembeli, transaksi online bisa tetap dilakukan dengan baik.

Midtrans sebagai Payment Gateway Terdepan di Indonesia

Setelah mengetahui payment gateway dan manfaatnya, pelaku bisnis online perlu memutuskan untuk memilih penyedia payment gateway untuk kelancaran bisnisnya. Midtrans sebagai payment gateway terdepan di Indonesia menjadi pilihan yang tepat.

Apa saja yang menjadi keunggulan Midtrans?

Digunakan oleh lebih dari 500 ribu merchant

Midtrans menyediakan layanan pemrosesan online payment untuk beragam entitas bisnis, mulai dari start-up, UMKM, hingga perusahaan besar. Lebih dari 500 ribu merchant telah menggunakan Midtrans, antara lain Tokopedia, Gojek, Sophie Paris, TaniHub, dan lainnya.

Untuk menggunakan layanan payment gateway Midtrans, pemilik bisnis online harus melakukan pendaftaran melalui aktivasi akun. Proses aktivasi ini memerlukan syarat dan ketentuan khusus yang tidak bisa dipenuhi oleh sembarang pemilik bisnis. Artinya, hanya bisnis terpercaya yang menggunakan layanan tersebut. 

Cara registrasi Midtrans untuk bisnis perorangan bisa dilihat pada video berikut ini.

Memiliki fleksibilitas

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda. Karenanya, Midtrans dirancang memiliki fleksibilitas yaitu dengan pilihan 24 metode pembayaran online dan offline yang nantinya akan terus bertambah. Metode pembayaran tersebut antara lain e-money, kartu (debit dan kredit), transfer bank (melalui ATM, e-banking, m-banking, SMS banking, virtual account), over the counter (Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Dan+Dan, i.saku), direct debit (BCA KlikPay, OCTO Clicks, ePay BRI, Danamon Online Banking), cicilan tanpa kartu (bekerja sama dengan Akulaku).

Keamanan terjamin

Sebagai layanan payment gateway, Mitrans mengutamakan keamanan. Selain telah mendapatkan sertifikat ISO 27000, Midtrans juga menerapkan sistem pendeteksi fraud bernama Aegis serta menerapkan Advanced Encryption Standard (AES) untuk melindungi data sensitif dari pencuri dan akses ilegal. Midtrans juga terdaftar dan menerima lisensi dari Bank Indonesia (BI) dan lisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS) dari PCI Security Standard Council.

Ada beragam layanan utama Midtrans untuk mempermudah sistem pembayaran online, yaitu Terima Pembayaran melalui Website dan Mobile App, Third Party Plugin, Payment Link, dan Payouts.

Payment Link adalah sebuah link atau tautan pembayaran sederhana yang bisa dibagikan oleh pemilik bisnis online kepada pelanggan melalui aplikasi chat, akun media sosial, SMS, e-mail, dan yang lainnya. Ketika pelanggan selesai melakukan pembayaran, maka pemilik bisnis online akan menerima pemberitahuan real-time dan tidak perlu verifikasi pembayaran secara manual satu per satu.

Semua transaksi yang diproses melalui Payment Link telah dianalisa oleh Aegis dan 3 Domain Secure (3DS) untuk memastikan semua transaksi aman. Payment Link cocok untuk individu profesional dan perusahaan. Misalnya supermarket, guru dan trainer, restoran, online seller, donasi, serta designer dan creator.

Mekanisme kerja dari Payment Link sebagai berikut:

1. Daftar dan buat akun, dengan klik tombol “Daftar sekarang” dan ikuti instruksi selanjutnya.

2. Buat Payment Link, yang dapat dilakukan dengan login ke dashboard Midtrans.

3. Kirim Payment Link ke pelanggan, cukup dengan salin dan tempel Payment Link di aplikasi chat, media sosial, atau e-mail.

4. Notifikasi real-time yang didapatkan saat pembayaran selesai.

Nah, itulah beberapa hal mengenai Midtrans sebagai payment gateway yang perlu digunakan oleh bisnis online untuk membantu proses transaksi online lebih baik dan aman. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Share this:

1 thought on “Perlunya Payment Gateway agar Transaksi Online Lebih Baik dan Aman”

Leave a Reply

Your email address will not be published.