Business Strategy dalam perusahaan. Sumber gambar: freepik.com
Ekonomi & Bisnis

Penerapan Business Strategy di Dalam Perusahaan

[ A+ ] /[ A- ]

Business strategy atau yang lebih dikenal dengan strategi bisnis tentunya bukan istilah yang baru Anda dengar bukan? Hal ini adalah bagian penting yang digunakan dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Salah satu upaya untuk bisa meraih hasil terbaik atau yang diinginkan dalam bisnis Anda. Setiap pelaku usaha baik itu yang skalanya kecil sampai dengan yang sudah besar pastinya punya strategi yang berbeda-beda.

Strategi ini juga tidak bisa sembarangan dijalankan, terkadang ada juga yang trial error, artinya tidak semuanya selalu memberikan hasil terbaik, karena ada juga resiko kegagalan. Sehingga terkadang perencanaan strategi bisnis sendiri tidak cukup hanya dengan satu, melainkan ada beberapa yang dicoba bergantian. 

Dalam menjalankan strategi bisnis ini pastinya juga tidak dilakukan secara gratisan, ada biaya yang dikeluarkan dan tidak sedikit. Apalagi jika strategi yang dijalankan tersebut berhubungan dengan marketing atau pemasaran. Tentunya sudah tahu bahwa berbagai teknik pemasaran di zaman sekarang membutuhkan modal tidak sedikit bukan.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan penerapan business strategy di dalam perusahaan? Berikut ini yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Membantu perusahaan mencapai targetnya

Setiap perusahaan tentunya punya visi mereka bukan, ada yang ingin dituju atau goals mereka. tak lain untuk perusahaan komersial tentunya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyak, berbeda mungkin dengan perusahaan yang bergerak di bidang sosial. 

Namun yang jelas dengan adanya strategi bisnis yang tepat akan membantu perusahaan untuk bisa mencapai apa yang selama ini sudah ditargetkan. Tentunya dengan step by step yang tepat.

  1. Membantu perusahaan bersaing dengan kompetitor 

Sebenarnya apapun bidang usaha yang digeluti pastinya punya kompetitor atau pesaing, dimana pesaing ini sendiri sebenarnya tidak hanya pesaing secara langsung saja, melainkan juga ada kompetitor atau pesaing tidak langsung. Tanpa adanya strategi yang tepat sudah pasti Anda pelaku bisnis baru akan kalah saing dibandingkan yang sudah ada sejak lama dan telah punya nama besar. 

Namun tidak berlaku demikian jika seandainya strategi yang diterapkan itu tetap, karena bisa membantu perusahaan untuk bersaing secara sehat dengan para kompetitor. Bahkan untuk bisa memenangkan persaingan bisnis tersebut.

  1. Memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya 

Dengan menerapkan strategi yang tepat maka Anda dapat dengan mudah melihat serta memanfaatkan peluang yang ada untuk bisa lebih unggul dibandingkan dengan yang lain, misalnya adalah dengan melakukan analisis SWOT, karena disana akan ditemukan beberapa poin seperti kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. Analisis ini dapat dipakai pada usaha sendiri ataupun untuk mengidentifikasi bisnis dari kompetitor atau pesaing.

  1. Mengoptimalkan keuntungan perusahaan 

Sebenarnya bisnis tidak ada jauh-jauh dari yang namanya keuntungan atau profit. Profit atau keuntungan ini nantinya dapat diraih jika seandainya penjualan produk tersebut bisa meningkat, lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Penjualan bisa mengalami peningkatan jika seandainya Anda menggunakan metode atau strategi yang tepat dalam eksekusinya. Jadi strategi ini adalah sebuah dasar yang diperlukan untuk kesuksesan bisnis yang dijalankan.

  1. Meminimalisir risiko 

Faktanya risiko saat menjalankan sebuah bisnis ini jauh lebih besar dibandingkan dengan potensi atau kemungkinan keuntungan yang dapat diterima. Namun risiko ini tidak selalu dialami oleh perusahaan jika seandainya Anda punya strategi yang tepat bagaimana langkah untuk pencegahannya. 

Dalam membuat strategi bisnis sudah pasti Anda hanya berpikir dari banyak sisi, termasuk di antaranya adalah keberhasilan dan kemungkinan kegagalan, sehingga bisa muncul antisipasi yang tepat dalam penerapannya tersebut. Jadi jika kelak mengalami risiko yang tidak diinginkan, pastinya akan tahu cara untuk keluar dari masalah tersebut, sudah disiapkan antisipasi.

Setiap perusahaan pasti punya business strategy mereka masing-masing berbekal dari pengetahuan serta pengalamannya. Namun yang jelas harus bisa eksekusi dengan tepat agar hasilnya optimal.

Anda juga bisa meningkatkan keahlian atau skill di bidang ini salah satunya adalah lewat ikut program pelatihan, seperti yang diadakan di Prasmul-ELI, pas untuk masyarakat yang ingin mulai menjalankan bisnis. Tak perlu khawatir karena dibimbing langsung oleh mentor yang kompeten di bidangnya.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *