Sehat

PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride, Berolahraga dan Berdonasi

PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Berolahraga merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Memberikan donasi  merupakan kegiatan mulia yang bisa kita lakukan untuk menolong orang lain. PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride memungkinkan kita bisa melakukan kedua hal tersebut, berolahraga sambil berdonasi.

PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride merupakan kegiatan bersepeda secara virtual yang diselenggarakan oleh Prudential Indonesia. Event ini sukses digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia pada pada 20-23 Agustus 2020 yang lalu. Sebanyak 3.000 peserta berpartisipasi pada event tersebut.

Ajang tahunan ini menjadi salah satu wujud komitmen Prudential Indonesia selama 25 tahun mendampingi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan sejahtera. Banyak masyarakat yang antusias mengikuti acara ini, sehingga kuota yang disediakan langsung habis dalam waktu singkat. Saya termasuk yang belum berhasil mendapatkan kuota tersebut.

Closing Event PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Meski tidak bisa mengikuti PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride, saya masih bisa menyaksikan keseruannya melalui closing event untuk media dan blogger pada tanggal 24 Agustus 2020 lalu. Acara ini dilakukan secara online, dengan menghadirkan 3 narasumber yaitu Bapak Luskito Hambali (Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia), Mas Chaidir Akbar (experienced cyclist), dan  dr. Amira Anwar, Sp.P. (finisher PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride kategori Gran Fondo).

Dalam webinar tersebut, Bapak Luskito Hambali menjelaskan adanya fakta bahwa pandemi Covid-19 tidak menghentikan semangat masyarakat Indonesia untuk berolahraga dan beradaptasi di era new normal. Hal ini bisa dilihat dari terjadinya lonjakan penggunaan sepeda hingga 10 kali lipat saat PSBB di Jakarta. Tren tersebut juga ditandai dengan rata-rata penjualan sepeda turut meningkat hingga 30%.

Baca juga: Pandemi dengan Korban Lebih Banyak dari Perang Dunia

Animo masyarakat yang besar terhadap bersepeda juga terlihat dari respon postif terhadap PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride. Kuota pada awalnya disediakan untuk 2.000 peserta, namun terisi penuh kurang dari seminggu sejak pendaftaran dibuka. Kemudian kuota ditambah menjadi 3.000 dan habis selang dua minggu kemudian.

Ada dua kategori yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu Gran Fondo (135 km) dan Medio Fondo (70 km). Format vrtual ride memberikan keleuasaan bagi para peserta di tengah keterbatasan dalam masa new normal. Peserta bisa gowes di mana saja dan kapan saja, dan bisa menyelesaikan jarak sesuai kategori yang dipilih dalam 4 hari. Jadi jarak tersebut tidak harus diselesaikan dalam sekali gowes saja. Tidak hanya diikuti oleh peserta dari Jakarta, PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride juga diikuti lebih dari 2.000 peserta berasal dari luar Jakarta, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, hingga Papua. Peserta termuda berusia 16 tahun, sedangkan yang tertua berusia 70 tahun.

Beraktivitas fisik seperti bersepeda ini tentunya sangat baik untuk menjaga kebugaran fisik kita di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tentunya kita juga harus tetap memerhatikan protokol keamanan dan kesehatan selama bersepeda.

Dalam webinar tersebut, Chaidir Akbar juga memberikan tips-tips bagaimana melakukan olahraga bersepeda yang baik dan aman.  Ia juga mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 telah menyadarkan masyarakat betapa berharganya kesehatan sehingga masyarakat perlu menjaga tubuh tetap sehat. Keseruan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride terletak pada kemandirian para peserta. Mereka perlu memiliki kreativitas untuk menentukan jalur sesuai kategorinya, melatih endurance dengan tantangan yang dipilih, hingga time management agar dapat menyelesaikannya sesuai dengan target.

Sebagai peserta yang berhasil menyelesaikan kategori Gran Fondo, dr. Amira Anwar menceritakan ia bersepeda selama dua hari dan membaginya menjadi 100 km serta 35 km. Jalur flat dipilihnya agar dapat mengukur sejauh mana stamina yang dimilikinya, karena ini merupakan pertama kalinya ia ikut ajang bersepeda jarak jauh. Bu dokter mengaku sangat bangga bisa menyelesaikannya dengan total waktu tempuh 5 jam 43 menit.

Ia juga mengungkapkan bahwa PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride memberikan pengalaman yang mengesankan. Event ini bisa menyalurkan kecintaan bersepeda, meningkatkan skill bersepeda, dan juga bantu untuk terkoneksi dengan pesepeda lainnya sehingga bisa bertukar ilmu dan saling menginspirasi satu dengan yang lainnya.

Donasi untuk Para Tenaga Kesehatan

Dalam PRURide Indonesia 2020 Virtua Ride, setiap jarak yang ditempuh oleh peserta akan dikonversikan menjadi Rp 1.000 dan akan disumbangkan kepada para tenaga kesehatan yang sedang berjuang melawan Covid-19. Seluruh peserta berhasil menempuh jarak 226.656,2 KM atau senilai Rp 226.656.200. Jumlah tersebut kemudian digenapkan oleh Community Investment Prudential Indonesia menjadi Rp 300.000.000 untuk disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Indonesia dalam bentuk Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap level 3 melalui Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI).

Dengan demikian, PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride menjadi ajang yang memungkinkan para pesertanya untuk berolahraga sekaligus berdonasi. Event ini juga telah ikut membantu penanganan Covid-19 di negara kita.

Baca Juga: Everybody Can Run A Full Marathon

14 thoughts on “PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride, Berolahraga dan Berdonasi”

  1. wah luar biasa antusiasnya sama peserta virtual ride ini, hasil donasinya juga banyak dan jadi bisa membantu nakes sebagai garda terdepan memerangi covid ini :3

  2. Kesempatan yang baik nih bagi yang hobi sepedaan. Apalagi saat ini lagi booming bersepeda, pastilah jumlah pesertanya membludak.

    Semoga bisa ikutan di event selanjutnya ya…

    1. Wah menarik ya konsepnya. Bersepeda tapi dikombinasikan dengan aktivitas virtual. Semakin bermanfaat karena ada donasi untuk tenaga kesehatan. Kurasakan di masa pandemi malah banyak orang yang kreatif ya? Termasuk kreatif membuat sebuah program acara.

  3. Dulu adala Virtual Run, sekarang ada Virtual Ride. Bagus nih Mas inisiatif Prudential Indonesia, bisa menggerakkan warga buat sehat sekaligus menyumbang untuk para nakes. Semoga wabah segera pergi dan semua normal lagi terutama bisa olahraga kayak Mas Daniel yg suka lari.

  4. Seru sekali acaranya ya, Mas. Walau hanya dilakukan secara virtual. Jadi tetap semangat bersepeda. Terbukti pesertanya sangat membludak. kerennya lagi, ada donasi untuk tenaga kesehatan. Semoga pandemi segera berakhir, agar bisa dilakukan secara langsung.

  5. Keren juga ya acaranya, meski virtual tapi tetap asyik. Selain itu juga bisa berdonasi untuk membantu tenaga medis yang menangani Covid-19. Dari itu, saya jadi belajar, bahwa membantu itu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

  6. Meski banyak yang hilang, pagebluk korona ini juga memberikan banyak hal baru ya (bagi yang mau berpikir :D). Salah satunya tentang kesehatan dan alam. 🙂

  7. Cara asyik buat ikutan menyumbang APD dan alat kesehatan lainnya nih.
    Jadi pengen ikutan segera sepedaan. Sehatnya dapet, sedikit sedekah pun dapet.
    Alhamdulillah.

  8. Sekarang apa-apa serba virtual ya tapi seru juga nih acaranya. Apalagi sekarang emang lagi hits olahraga sepede. Kerenlah acaranya ini bisa sekaligus sambil berdonasi gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *