Hiburan

Tetap Bahagia di Masa Pandemi

Tetap bahagia di masa pandemi a la Ardit Erwandha

Pandemi Covid-19 yang tengah terjadi saat ini membawa dampak yang luar biasa bagi kita. Kesulitan ekonomi yang ditimbulkannya tak jarang berakibat negatif pada kondisi psikis. Namun demikian, kita perlu tetap bahagia di masa pandemi ini.

Pada Rabu 26 Agustus 2020 lalu, Home Credit Indonesia mengadakan Fun Talk dengan tema “Resep Bahagia Lewat Ketawa”. Acara yang disiarkan melalui Live Instagram @homecreditid pukul 19.00 WIB ini menghadirkan Ardit Erwandha sebagai bintang tamu.

Acara ini berlangsung dalam suasana santai, dan bahkan penuh tawa. Menyaksikan fun talk ini, saya ikut larut dalam suasana gembira tersebut. Obrolan mengalir dengan ringan, namun tetap memiliki esensi yang berbobot.

Resep Bahagia a la Ardit Erwandha

Ardit Erwanda dikenal sebagai seorang komika atau stand up comedian, profesi yang sudah ditekuninya selama 7 tahun. Selain itu ia juga menjadi comedy consultant, sebuah profesi  baru yang muncul dalam 3 tahun terakhir. Comedy consultant ini mirip asisten sutradara, hanya saja lebih berfokus kepada komedi.

Resep untuk tetap bahagia dari Ardit yaitu ikhlas menjalani hidup. Selama pandemi, ia mengaku mengalami keterbatasan. Berbagai acara stand up comedy yang biasanya berlangsung off air, kini tidak ada atau dicancel. Kalaupun ada, acara berlangsung tanpa penonton. Pandemi juga membuatnya harus beradaptasi dan ekstra hati-hati. Bila dahulu ia sering nongkrong atau keluar rumah, sekarang lebih banyak berada di rumah saja.

Namun demikian, konten yang dihasilkan selama pandemi malah lebih banyak jumlahnya. Hal ini karena ia punya lebih banyak waktu di rumah. Stand up comedy yang dilakukan pun beralih melalui Instagram atau media sosial. Meskipun berada di rumah, tapi tetap produktif. Bahkan konten bisa dimaksimalkan menjadi ladang pekerjaan. Materi komedi yang disiapkan perlu relatable dengan kondisi saat ini. Bila ada isu yang lagi naik atau sedang tren, maka perlu secepatnya membuat konten mengenai hal tersebut.

Komedi sebagai Terapi

Ardit mengaku dirinya adalah seorang introvert. Ia merasa tidak nyaman ketika harus mengobrol atau curhat dengan orang. Ia pun menjadikan panggung sebagai media untuk mengobrol. Komedi tidak hanya sebagai terapi bagi penonton, tetapi juga bagi si komedian sendiri. Jadi bersifat dua arah, bisa menghadirkan tawa bagi penonton dan juga ajang curhat bagi sang komedian.

Untuk membuat konten yang menghibur audiens, Ardit berpendapat bahwa konten harus terlebih dahulu menghibur diri sendiri. Bila diri sendiri bisa terhibur, maka rasa tersebut akan sampai kepada audiens. Apa yang dirasakan saat berada di panggung, seperti gugup atau cemas, penonton akan bisa mengetahui dan merasakannya juga.

Tak jarang serorang komedian merasa gugup sebelum tampil di panggung. Untuk mengatasi, tiap komedian memiliki cara masing-masing. Misalnya dengan menyanyi, mendengarkan lagu, atau hal yang lainnya.

Tetap Produktif di Masa Pandemi

Meski mengalami kesulitan dan keterbatasan saat pandemi ini, Ardit tetap produktif membuat konten. Ada 2 alasannya, yaitu agar tidak menjadi stress dan untuk pemasukan. Dengan kata lain, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Ardit juga memberikan tips bagaimana untuk bisa menjadi seorang komedian. Pertama, bisa belajar dari Youtube atau media sosial lainnya. Kedua, ikut bergabung dengan komunitas. Komunitas stand up comedy tersebar di seluruh Indonesia. Melalui komunitas ini, semua bisa saling support bagaimana bisa menjadi komedian atau komika yang baik.

Acara Fun Talk yang berlangsung selama satu jam tersebut memberi insprasi bagi saya. Pertama, kita harus tetap bahagia di masa pandemi. Karena perasaan bahagia ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita bisa tetap sehat. Kedua, pandemi bukan menjadi alasan untuk menyerah dan tidak berkarya. Justru kita perlu lebih produktif menghasilkan konten karena punya lebih banyak waktu di rumah.

Saya sangat mengapresiasi acara Fun Talk yang diadakan di Live Instagram Home Credit Indonesia. Acara yang berlangsung setiap Rabu ini menghibur sekaligus memberikan inspirasi. Dan yang menarik, ada kuis yang bisa kita ikuti di akhir acara, dan kita berkesempatan mendapatkan voucher belanja.

#AyoMajuBersama

Baca juga: Cara Membuat Campuran Disinfektan Covid-19

30 thoughts on “Tetap Bahagia di Masa Pandemi”

  1. Pengalaman yg menarik dari seorang komika. Pandemi ini memang gak disangka sangat berpengaruh thdp kelangsungan hidup banyak orang. Kita harus jadi cerdik dan banyak akal untuk bisa mengatasi dan keluar dari kesulitan saat ini. Kalau cara saya sih, tetap produktif dan mencari peluang usaha dan tambahan pemasukan

  2. Masukannya berarti banget, jadi saat pandemi, konten bisa dimaksimalkan menjadi ladang pekerjaan. Dan secepatnya harus menaikkan konten yang happening ya, noted

  3. Dunia hiburan memang termasuk yang lebih dulu terpukul dengan adanya pandemi. Setuju kalau kunci utamanya harus ikhlas.

    Senang juga malah jadi lebih produktif membuat konten yang kreatif di saat ini. Saya lihat beberapa artis melakukannya. Memang sebaiknya seperti itu

  4. ketawa emang penting banget buat jaga mood dan kewarasan ya kak, sesimpel ketawa :), soalnya kemaren-kemaren aku juga ngerasa banget tuh bad mood dan mood swing pas self quarantine

  5. Baru tahu ada profesi komedi konsultan ya sekarang. Hehehe… Tapi kayanya itu cuma di perkotaan aja ya. Modalnya cuma bisa ngelawak ajakah?

  6. Bener banget niy mas dimasa pandemi seperti sekarang memang bener-bener harus ikhlas dan sabar. Terima kasih mas sharingnya bermanfaat bangeeet!

  7. Ikhlas supaya bahagia. Setuju banget. Soalnya kadang kebanyakan mikir, kebanyakan beban, semua bisa jadi ringan pas diikhlaskan

  8. Walaupun rasanya cukup berat menjadi bahagia di saat pandemi. Tetapi, emmang harus diusahakan suoaya yang menggerogoti akal dan tubuh manusia. Bahagia menjaga kita supaya tetap sehat

  9. Paling demen deh kalau lagi mager di rumah sambil ngelihat konten-konten yang positif dan menghibur, salah satunya konten yang dibikin sama Ardit ini. Pandemi ini mengajarkan kita akan banyak hal, terutama adalah untuk selalu bahagia. Bahagia karena masih bisa diberi kesehatan.

  10. Tertawa merupakan energi positif Yang dapat membuat jendela emosi lebih lebar. Itu sebabnya dengan tertawa dipercaya dapat memgurangi hormon stress.

  11. Asik tuh kalo bisa menciptakan kebahagiaan sendiri di rumah di masa pandemi, bisa nonton yang bikin ngakak, baca konten2 yang positif, bikin happy. Apalagi kalo ikhlas menjalani hidup, hah makin happy to the max

  12. Nice sharing kak, merasa terus diingatkan buat bahagia dan ikhlas menjalani hidup karena dibalik semua ini pasti ada hikmahnya

  13. Inspiratif sekali. Masa pandemi dimanfaatkan untuk memaksimalkan konten agar lebih terasah sesuai kualitas dan kuantitas.
    Setuju banget! Komedi bisa menjadi rilis perasaan. Kadang menertawakan hidup jadi hiburan tersendiri 🙂

  14. aku baru tau loh komika ini, hehe maklum udah jarang bgt nonton stand up comedy. benar juga pesannya, dengan perasaan bahagia meningkatan daya tahan tubuh. karena kecemasan malah bikin imunitas turun kan ya

  15. Bahagia sekarang tuh emang mahal banget. Terus menurut saya Cara paling murah buat ketawa ya nonton stand up comedy YouTube. Nambah wawasan juga bisa dr Medsos sekarang. Semoga kita semua diberi kesehatan fisik dan mental ya 🙂

  16. Iya ya, gegara pandemi malah bikin kecemasan orang makin tinggi. Tapi sebaiknya jangan kebawa arus ya. Kudu positif thinking dan dibawa happy aja biar ga makin drop

  17. Ikut tersemangati nih dengan apa yang Mas Ardit Erwandha sampaikan ya … bahwa iktiar itu salah satu kunci tetap bahagia, dan menjadikan komedi sebagai terapi.

  18. Di masa pandemi yang menguras banyak hal emang harus sering sering bahagia. Aku suka nonton pertunjukan stand up comedy juga, menghibur banget menurutku. Btw aku baru tahu ada profesi comedy consultant euy

  19. Hahahah aku suka nih nonton stand up comedy soalnya lucu. Dan setuju sih sama harus produktif apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yakan mbak hehe

  20. Jalannya takdir tak pernah diprediksi manusia ya?
    Saat ga punya duit karena ga ada job, eh aliran uang datang dari arah tak terduga
    Yang harus kita lakukan hanya berusaha , kemudian percayakan padaNya

  21. Saat pandemi emang paling tepat kalau kita bikin konten yang menghibur. Tapi tentu dengan tau batasan yaa, hehehe. Jangan sampai ada yang tersinggung.

  22. Aku ngikutin IG-nya Ardit ini, seperti hal-nya Bintang Emon, Ardit sangat menghibur dengan konten-konten yang dibuatnya. Konsepnya menarik, namun tetap dengan pesan-pesan yang membangun.
    Setuju, walau di masa yang tidak mudah, rasa optimis harus tetap ada, karena bahagia itu kita yang ciptakan 🙂

    Semangaaat!

  23. kalo liat komedian gitu kadang merasa hidupnya dibawa lucu-lucu aja ya mas, padahal kan who knows in his life. Makanya kunci penting adalah tetap menimbulkan rasa bahagia ya, apalagi di masa pandemi kayak skrg ini

  24. Karena musim pandemi kaya sekarang, membuat kita lebih banyak di rumah, dan selama di rumah bisa memaksimalkan kreativitas untuk menghasilkan karya.

  25. Di masa pandemi ini , kebahagiaan penting sekali, di rumah terus bikin orang jenuh dan mudah terserang stress, jadi ya emang harus happy terus salah satunya bisa juga nih dengan nonton acara-acara komedi yaaa.

  26. Aaya ngikutin kiprah Ardit ini dari awal ikutan SUCI. Ardit ini tetap konsisten jadi komedian ya. Terima kasih tipsnya untuk tetap bahagia di saat tersulit ini 🙂

  27. Rasa bahagia itu memang ampuh ya untuk jaga agar imunitas tubuh tetap prima. Banyak cara untuk bisa bahagia, salah satunya ya nonton yang lucu-lucu kaya Ardit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *