Biaya Persalinan perlu dipersiapkan
Ekonomi & Bisnis

Rencanakan Biaya Persalinan dengan Keuntungan Reksadana

Reksadana atau Reksa Dana menjadi salah satu instrumen investasi yang tepat untuk Anda gunakan demi mempersiapkan kebutuhan finansial tertentu. Salah satunya adalah kebutuhan dana persalinan buah hati tercinta. 

Biaya persalinan menjadi salah satu persiapan penting yang harus dipikirkan matang-matang sebelum Anda memutuskan memiliki anak. Pastikan ada persiapan finansial yang tepat agar proses persalinan berjalan lancar sesuai harapan!

Mengapa Perlu Perencanaan Biaya Persalinan Sejak Dini?

Saat ini biaya persalinan memang cukup bervariasi tergantung proses yang dilalui dan fasilitas ruang perawatan yang diinginkan. Persalinan operasi caesar membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan persalinan pervaginam atau normal. 

Dikutip dari Mommies Daily, biaya operasi caesar dimulai dari angka Rp8 jutaan hingga Rp35 jutaan tergantung kelas perawatan. Sementara itu persalinan pervaginam lebih terjangkau mulai dari Rp4 jutaan hingga Rp7 jutaan. 

Jika Anda memang merencanakan persalinan di rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, maka persiapan biaya sangatlah penting. Persiapan ini harus dilakukan sejak dini, bahkan bisa dimulai sebelum kehamilan terjadi. 

Mengapa penting untuk mempersiapkan biaya persalinan sedini mungkin? Persalinan merupakan sebuah proses yang tidak mudah untuk diprediksi. Setiap orang akan menjalani proses persalinan yang berbeda-beda. 

Bisa dikatakan bahwa persalinan adalah sebuah proses emergency atau darurat. Anda harus bersiap untuk menghadapi kemungkinan apapun, termasuk siap dari segi biaya yang bisa saja begitu besar. 

Selain itu persiapan sejak dini juga memungkinkan Anda untuk menempuh jalur investasi. Anda bisa melakukan investasi dan menarik profitnya saat waktu persalinan tiba.

Sumber gambar: Pexels.com

Tips Mempersiapkan Biaya Persalinan lewat Reksadana

Persiapan finansial untuk memenuhi kebutuhan tertentu memang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Apalagi biaya persalinan yang besarnya sulit untuk diprediksi dan bisa saja terjadi sewaktu-waktu selama usia kehamilan sudah matang. 

Biaya persalinan ini sebenarnya bisa Anda persiapkan melalui investasi Reksadana. Melalui instrumen ini, Anda bisa melakukan investasi jangka pendek dan melakukan penarikan dengan proses yang cepat. 

Setelah Anda dan pasangan memutuskan menikah serta ingin memiliki anak, tak ada salahnya untuk langsung berinvestasi. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan biaya persalinan melalui investasi ini:

  • Perhitungkan Biaya yang Harus Dicapai

Pertama-tama perhitungkan dulu berapa total dana yang harus Anda capai agar bisa memenuhi kebutuhan biaya persalinan. Nominal ini akan berpengaruh pada jangka waktu investasi dan nilai yang harus diinvestasikan. 

Lebih baik cari tahu dulu berapa biaya persalinan sesuai dengan waktu Anda akan melahirkan nanti. Setelah itu Anda juga perlu merencanakan proses persalinan yang paling berisiko sehingga bisa mempersiapkan biaya tertinggi. 

Jika Anda memperhitungkan kemungkinan biaya tertinggi, maka persiapannya akan jauh lebih efektif. Apabila memang biaya persalinan yang harus ditanggung lebih terjangkau, maka Anda justru akan mendapatkan keuntungan. 

  • Pilih Jangka Pendek dan Menengah

Sebaiknya lakukan investasi dengan jangka waktu pendek dan menengah yaitu 1 hingga 3 tahun. Jangka waktu investasi ini akan sangat dipengaruhi oleh kapan Anda memulai dan kapan berencana melahirkan. 

Jika Anda fokus pada investasi jangka panjang, maka bisa jadi tujuan finansial Anda nanti belum tercapai tapi kebutuhan biaya sudah di depan mata. Oleh sebab itu perhitungkan baik-baik agar investasi ini benar-benar bermanfaat. 

  • Gunakan Produk Risiko Rendah

Pilihlah produk investasi yang berisiko rendah. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan RDPU yang cenderung lebih aman. Di instrumen ini Anda bisa menabung secara konsisten sampai tujuan tercapai. 

Khusus untuk tujuan finansial yang sudah jelas seperti kebutuhan biaya persalinan seperti ini memang lebih baik tidak mengambil risiko tinggi. Tujuannya agar Anda bisa terhindar dari kerugian investasi yang terlalu besar. 

  • Lakukan secara Konsisten

Tentu saja Anda harus melakukan investasi secara konsisten. Ini menjadi kunci penting yang harus Anda lakukan agar bisa mencapai tujuan finansial dan nominal yang menjadi target Anda tadi. 

Percuma saja merencanakan biaya persalinan lewat investasi namun ternyata Anda tidak konsisten. Pastikan untuk menjaga konsistensi tersebut hingga nanti tujuan investasi Anda bisa tercapai. 

  • Lakukan di Platform yang Tepat

Anda juga harus berhati-hati dalam memilih platform atau layanan investasi yang aman. Ingatlah untuk tidak mudah tergoda pada tawaran berinvestasi di tempat yang tidak terjamin keamanannya. 

Investasi bukanlah hal yang bisa Anda lakukan sembarangan. Apalagi jika Anda ingin mencapai tujuan investasi secara efektif. Perhatikan seperti apa keamanan investasi di platform pilihan Anda dan pastikan prosesnya mudah. 

Investasi Aman bersama Perbankan Prioritas DBS Treasures

Kini Anda bisa mulai investasi Reksadana di perbankan prioritas perbankan prioritas DBS Treasures. Apalagi jika Anda ingin menggunakan investasi ini untuk mencapai tujuan finansial yaitu biaya persalinan di waktu yang akan datang. 

Di sini, dana investasi Anda akan dikelola langsung oleh Manajer Investasi terkemuka yang siap mengoptimalkan kinerja produk. Selain itu Anda juga bisa mudah jual, beli, dan switching lewat satu aplikasi digibank by DBS. 

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tunggu apa lagi? Segera rencanakan strategi investasi Anda melalui instrumen Reksadana di perbankan prioritas perbankan prioritas DBS Treasures! Untuk mengakses informasi lebih lengkap, Anda dapat klik di sini.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *