Buku Conscious Diet #Kenali Tubuhmu Sebelum Diet
Pustaka

Review Buku “Conscious Diet #Kenali Tubuhmu Sebelum Diet!”

[ A+ ] /[ A- ]

Banyak orang yang merasa stres jika bicara soal diet. Sudah beragam metode diet dilakukan, tapi berat badan masih saja belum ideal. Jika kita termasuk di antaranya, maka buku Conscious Diet #Kenali Tubuhmu Sebelum Diet! ini perlu kita baca.

Buku Conscious Diet yang diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo ini bisa didapatkan di Tokopedia. Saya sendiri mendapatkannya pada acara Blogger Gathering yang mengambil tema ‘Brunch with dr. Yovi’. Acara ini berlangsung di YClinic, Bintaro, Tangerang Selatan pada Minggu, 9 Juni 2024 lalu.

Kemeriahan acara tersebut telah saya tuliskan pada postingan sebelumnya. Nah, pada tulisan ini saya akan membahas lebih banyak tentang buku Conscious Diet yang ditulis oleh dr. Yovi Yoanita, seorang praktisi nutrisi, wellness & anti aging.

Setiap Orang Itu Unik

Pada bagian awal buku Conscious Diet #Kenali Tubuhmu Sebelum Diet! ini ada kutipan yang menarik perhatian saya.

“Bukan hanya kalori masuk dan kalori keluar, tubuh Anda perlu perhatian lebih menyeluruh untuk bisa bekerja sama dengan program turun berat badan Anda.”

Kutipan menarik inilah yang akan menuntun kita untuk melakukan diet dengan kesadaran (conscious). Diet tidak hanya mengatur kalori yang masuk dan keluar, tapi lebih dari itu, juga bagaimana memberikan perhatian secara menyeluruh dari hidup kita.

Namun, sebelum memulai diet, dokter Yovi mengingatkan kita bahwa setiap manusia itu berbeda dan memiliki keunikan masing-masing. Keunikan ini ditentukan oleh banyak hal: level hormon, pola makan, tipe badan, dan gaya hidup.

Dengan mengenali keunikan masing-masing, maka kita bisa menemukan pola diet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Dalam melakukan diet, ada 3 aspek yang perlu diperhatikan, yaitu:

Holistik: memeriksa kondisi tubuh secara menyeluruh seperti kadar kortisol, gula darah, tingkat thermogenesis, kadar serotonin serta hormon lainnya.

Alami: selama diet, proses perubahan yang dilakukan harus perlahan dan sealami mungkin. Sehingga, tubuh tidak perlu beradaptasi dengan cepat.

Konsisten: menurunkan berat badan berkaitan dengan perubahan gaya hidup, dan perubahan tersebut dilakukan secara konsisten.

Kenali Tubuhmu Sebelum Diet

Ada beberapa tipe tubuh yang terkait dengan ketidakseimbangan hormonal. Tipe-tipe tersebut antara lain:

Tipe tubuh adrenal: terlihat dari lemak yang menggantung di perut akibat meningkatnya level kortisol dalam jangka panjang. Selain di perut, lemak juga menumpuk di bahu atas dan leher bawah.

Tipe tubuh ovary: memiliki siluet berbentuk oval karena lemak menumpuk di bagian pinggul dan perut bagian bawah.

Tipe tubuh tiroid: lemak tersebar di berbagai bagian tubuh. Orang dengan tipe tubuh ini memiliki metabolisme sangat lambat.

Tipe tubuh liver: yang membesar hanya di bagian perut saja akibat lemak yang menumpuk di di lapisan hati atau liver.

Dengan mengenali tubuh terlebih dahulu, maka kita bisa melakukan pola diet dan olahraga yang cocok untuk setiap tipe. Olahraga tidak semata-mata mengeluarkan kalori dari dalam tubuh, tetapi juga membantu meregulasi hormon sehingga kembali seimbang dan stabil.

Nah, bagi teman-teman yang ingin berhasil melakukan diet, maka buku Conscious Diet ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. Yuk, miliki berat badan seimbang dengan melakukan gaya hidup sehat!

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *