Tekno

Mengenal STEM, Bidang Keilmuan Modern yang Perlu Kamu Kuasai

STEM (science, technology, engineering, dan mathematics)

Ilmu pengetahuan dan teknologi modern terus berkembang. Biar nggak ketinggalan zaman, kamu perlu upgrade pengetahuan dan keahlian. Salah satunya yaitu STEM (science, technology, engineering, and mathematics), bidang ilmu modern yang perlu kamu kuasai dari sekarang.

Indonesia saat ini sudah masuk era persaingan bebas. Hal ini ditandai dengan SDM asing yang bersaing dengan SDM dalam negeri. SDM asing bisa bekerja di Indonesia, dan sebaliknya SDM Indonesia juga bisa bekerja di luar negeri secara lebih bebas.

Keahlian di Bidang STEM Dibutuhkan Dunia Kerja Saat Ini

Tantangan besar dialami para sarjana Indonesia. Meskipun punya pendidikan tinggi, kenyataannya mereka belum tentu bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Sementara itu, perusahaan biasanya lebih mencari lulusan yang sudah punya pengalaman kerja.

Makanya, selain punya nilai akademis yang baik, para sarjana perlu juga punya keahlian dan keterampilan di bidang STEM yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Tujuannya, agar bisa bersaing dengan lulusan lain dari seluruh dunia. Keahlian di bidang STEM contohnya seperti membuat aplikasi web dan aplikasi mobile.

Kamu juga bisa memilih keahlian lainnya yaitu di bidang desain produk, sistem komputer, teknologi bisnis pangan, energi terbarukan, dan matematika bisnis. Keahlian di bidang STEM tersebut juga sangat dibutuhkan di dunia kerja modern saat ini.

Kuliah di Jurusan Teknologi Bisnis Digital

Di era digital saat ini, hampir setiap saat kita menggunakan berbagai macam aplikasi mobile atau web. Seperti posting di medsos, chatting, streaming lagu, main game, belanja online, dan lain-lain. Dunia kerja atau dunia bisnis di era modern juga tidak bisa lepas dari teknologi informasi. Misalnya digital marketing, UI/UX design, pengolahan big data, virtual reality, dan lain-lain. Semuanya dilakukan melalui smartphone atau laptop.

Jika kamu tertarik bekerja di bidang bisnis berbasis teknologi digital, kamu bisa kuliah di jurusan Teknologi Bisnis Digital (Digital Business Technology). Jurusan ini berfokus untuk memberikan pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Dalam jurusan ini, kamu akan mengembangkan skills, pengetahuan, alat, serta teknik yang diperlukan untuk transformasi digital.

Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika. Jadi, jurusan ini ditujukan untuk mempersiapkan kamu menjadi SDM yang ahli di bidang startup digital dan marketplace, serta punya jiwa technopreneur yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini dan di masa yang akan datang.

Digital Business Technology di STEM Prasetiya Mulya

Jika kamu ingin kuliah Digital Business Technology (Software Engineering), maka STEM Prasetiya Mulya adalah tempat yang tepat untuk kamu. STEM Prasetiya Mulya ini adalah fakultas baru di Universitas Prasetiya Mulya, yang punya visi mencetak lulusan di bidang STEM yang unggul.

Dalam proses belajar di Program S1 Digital Business Technology, kamu akan didukung berbagai macam fasilitas untuk pembuatan aplikasi web dan aplikasi mobile baik dalam bentuk Android atau IOS. Selain itu, kamu juga akan menggunakan teknologi Cloud Computing (Alibaba Cloud Technology, Amazon Web Services, Google Cloud Platform) dalam penyediaan infrastruktur aplikasi yang dibuat.

Dalam Program S1 Digital Business Technology Universitas Prasetiya Mulya, kamu dapat memilih spesialiasi berikut: Technopreneurship dan Professional Engineer Enterprise, yang akan menyiapkan kamu agar mampu merealisasikan ide bisnis yang ada dalam bentuk sebuah perusahaan startup.

Berbagai fasilitas laboratorium bisa kamu pergunakan. Antara lain Advanced Programming Lab, Mobile and Web Based Applications Lab, Cloud Computing Lab (Alibaba Cloud Tech, AWS, Google Cloud Platform), dan High Performance Computing Lab. Fasilitas High Performance Computing Lab mampu untuk memfasilitasi penelitian terkait dengan algoritma dan sistem yang membutuhkan komputasi skala besar untuk menyelesaikan persoalan persoalan bisnis, sosial, dan aplikasi pengetahuan yang membutuhkan pengolahan big data.

Kamu akan dibimbing oleh tenaga profesional yang berkualitas. Faculty member yang ada misalnya Permata Nur M.R., PH.D. (Chairman) dengan doctor & master degree dari Computer Science, Ajou University, South Korea, serta bachelor degree dari Electrical Engineering, ITB. Kemudian ada Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU (doctor & master degree: Computer Science, Curtin University of Technology, Australia; bachelor degree: Electrical Engineering, ITB), dan para profesional lainnya.

Jurusan Lainnya di STEM Prasetiya Mulya

Selain Digital Business Technology, kamu juga bisa memilih jurusan lainnya di STEM Prasetiya Mulya. Yaitu, Product Design Engineering, Computer System Engineering, Food Business Technology, Renewable Energy Engineering, dan Business Mathematics.

Program S1 Product Design Engineering berorientasi pada pengembangan produk teknologi yang inovatif. Desainer yang memiliki kompetensi mengembangkan produk teknologi selalu dibutuhkan oleh masyarakat modern. Progam studi ini dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu:

Consumers Products & Appliances (produk yang langsung digunakan oleh konsumen sehari-hari, seperti produk elektronik, peralatan rumah tangga, kemasan/packaging, furnitur, peralatan olahraga, mainan, dan lainnya).

Assistive Technology & Medical Devices (teknologi untuk membantu orang berkebutuhan khusus dan/atau digunakan sebagai alat kesehatan, seperti kursi roda, alat bantu berjalan, peralatan rehabilitasi cedera, alat bantu dengar untuk manula, dan lainnya).

Transportation (misalnya sepeda, sepeda motor listrik, aerial drone, underwater drone, dan komponen sarana/prasarana transportasi).

Digital Product (Produk digital seperti mobile apps berkembang pesat belakangan ini seiring dengan pertumbuhan industri digital).

Program S1 Computer System Engineering mempersiapkan kamu dengan keahlian/ penguasaan sistem cerdas (IoT-based Technopreneurship) dengan exposure bisnis dan inovasi. Fokus S1 Computer Systems Engineering Universitas Prasetiya Mulya yaitu Communications & Network yang mempelajari teknologi jaringan/networking termasuk komponen pendukung, serta Intelligent Systems yaitu penggabungan sistem komputer dan Artificial Intelligence yang mempelajari interaksi antara manusia dengan mesin (robot) yang mempunyai aspek intelegensia.

Program S1 Food Business Technology mempelajari ilmu dan teknologi pangan modern, agar mampu menghasilkan inovasi produk dan proses pengolahan pangan unggulan untuk membantu ketersediaan pangan sehat bagi masyarakat.

Program S1 Renewable Energy Engineering dalam rangka berkontribusi menjawab kebutuhan global akan energi terbarukan. Program ini memiliki empat kelompok keahlian yakni kelompok keahlian Solar Energy, Bioenergy, Energy Management, dan Fluid Structure Interactions.

Dan, Program S1 Business Mathematics bertujuan mengembangkan kompetensi kamu sehingga memiliki wawasan bisnis dengan dibekali kemampuan analitikal dan komputasi.

Pendaftaran STEM Prasetiya Mulya

Sudah saatnya kamu menguasai keahlian dan keterampilan di bidang science, technology, engineering, dan mathematics. STEM Prasetiya Mulya mempersiapkan kamu dengan future life skills. STEM Prasetiya Mulya adalah tempat yang tepat bagi kamu sebagai calon technopreneur untuk belajar dan mengukir masa depan yang cerah.

Yuk, segera daftarkan dirimu ke STEM Prasetiya Mulya! Pendaftaran gelombang 2 dibuka pada tanggal 14 September sampai 11 Oktober 2021. Selamat menggapai masa depan yang cerah!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *