Ekonomi

Tips Membeli Emas agar Untung Besar ketika Dijual

tips membeli emas agar untung besar ketika dijual kembali

Sudah bukan zamannya lagi menyimpan uang hanya di rekening saja loh, Sobat Cuan. Selain ada kemungkinan tergerus inflasi, mengendapkan uang terlalu lama di rekening membuatnya jadi tidak berkembang. Kamu perlu menginvestasikan uang ke dalam instrumen investasi yang lain seperti reksadana atau emas.

Bicara emas, memang instrumen investasi yang satu ini sangatlah aman untuk dicoba. Emas tidak akan tergerus inflasi sehingga cocok untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Malahan, semakin lama kamu menyimpannya, harganya akan semakin naik! Sudah banyak juga Sobat Cuan yang untung dari invest emas via Pluang.com. Kamu tertarik juga buat membeli emas? Simak dulu yuk tips ini agar kamu cuan.

Update Harga Emas Terbaru

Setiap harinya, harga emas tidak pernah sama. Oleh karena itu, kamu sebagai calon investor emas perlu mengecek naik turunnya harga setiap hari. Jangan sampai kamu tidak tahu harga emas terkini, berakhir ditipu oleh oknum pedagang emas. Setiap harinya PT Antam dan Mini Gold akan mengupdate harga emas di situs resmi mereka.

Tersedia berbagai macam seri emas, mulai dari tipe reguler dan gift. Antara seri Gift dan Reguler biasanya memiliki selisih harga yang lumayan. So, kamu riset terlebih dahulu mana jenis emas beserta harga emas yang akan kamu beli, ya.

Belilah Emas di Tempat Resmi

Sobat Cuan pun perlu hati-hati ketika Investasi Emas. Pastikan mendapatkannya di tempat resmi yang telah terdaftar. Saat ini banyak sekali oknum penjual emas palsu yang berkeliaran menawarkan produk di sosial media.

Selain memperolehnya lewat pegadaian atau reseller resmi, kamu bisa juga investasi emas online di Pluang. Lakukan pembelian emas online yang nantinya bisa ditukar ke dalam bentuk fisik minimal 1 gram. Tak hanya bisa dijual di dalam negeri, kamu juga bisa menjual emas hasil investasi di Pluang ke luar negeri, loh. Sobat Cuan pun tidak akan dikenakan biaya-biaya tambahan untuk berinvestasi emas.

Beli Ketika Harga Turun

Supaya cuan makin besar, belilah emas ketika harganya sudah turun. Hal ini dilakukan supaya kamu mendapatkan untung  besar dari selisih jual-beli emas. Kamu bisa menunggu hingga 3-4 tahun sampai harganya naik terlebih dahulu. Ketika momentumnya sudah tepat, silahkan menjualnya.

Misalkan kamu membeli emas di harga Rp 850.175 per-gramnya saat ini, kemudian tunggu hingga beberapa tahun ke depan sampai harganya naik menjadi Rp. 1.215.000. Dengan cara seperti ini, maka kamu akan mendapatkan untung dari selisih harga jual dan beli.

Belilah Emas Batangan

Memang antara emas batangan dan perhiasan sama-sama menguntungkan. Sayangnya, keuntungan dari penjualan emas perhiasan tidak sebesar emas batangan. Pedagang emas akan memotong ongkos perhiasan senilai 25% saat kamu menjualnya. Berbeda dengan emas batangan seperti antam yang harga jualnya cenderung stabil dan selalu naik.

Oleh karena itu, bila kamu punya niat untuk investasi emas, pilih emas batangan saja. Meskipun kamu menyimpannya selama mungkin, emas batangan akan menguntungkan ketika dijual. Saat ini, investasi emas semakin mudah karena bisa dilakukan via online seperti di Pluang.

Namun, jika kamu memiliki niat untuk membeli aksesoris, maka membeli emas perhiasan adalah pilihan tepat. Selain sebagai bentuk investasi, emas perhiasan akan menambah penampilan kamu, loh. Meski begitu, tetap waspada dan teliti saat membeli emas perhiasan agar tidak zonk.

Jaga Baik-Baik Sertifikat Emas yang Kamu Punya

Agar kamu mendapatkan harga terbaik, memang perlu untuk menyimpan sertifikat emas. Ini merupakan tanda bukti keaslian kadar emas. Sayang sekali, masih banyak yang meremehkan, berakhir tidak menjaga sertifikat emas dengan baik.

Namun, jangan khawatir. Sertifikat emas yang terpisah biasanya ada pada emas perhiasan.  Pada emas batangan atau Antam, sertifikat telah menyatu dengan kemasan emasnya. Kamu pun bisa mengecek keasliannya via aplikasi CertiEye.

Well, jangan takut buat investasi di Emas, ya. Meskipun ada kemungkinan harga emas turun, namun penurunannya tidak berkurang terlalu banyak dibandingkan jenis investasi lainnya. Bila kamu sabar menunggu beberapa tahun, harganya akan naik terus. Bagaimana nih, Sobat Cuan? Sudah berapa gram emas yang kamu beli?

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *