Blogger & Vlogger Gathering Bahas Terapi Saraf Kejepit
Sehat

Blogger & Vlogger Gathering Bahas Terapi Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro

Dalam acara blogger & vlogger gathering di RS Premier Bintaro, dr. Ajiantoro, Sp. OT menjelaskan bagaimana terapi saraf kejepit. Gangguan tulang belakang ini bisa berdampak pada penurunan produktivitas seseorang, sehingga perlu penanganan yang benar.

Gathering berlangsung pada tanggal 19 Juli 2022. Ada dua sesi dalam acara tersebut yaitu hospital tour dan health talk. Pada sesi pertama, peserta dibagi ke dalam 5 kelompok. Masing-masing kelompok akan diajak berkeliling untuk melihat fasilitas yang ada di RS Premier Bintaro.

Kesan nyaman langsung terasa ketika saya memasuki lobi rumah sakit. Area lobi dan pendaftaran memiliki konsep open space, terkesan lapang dan lega mirip mal atau pusat perbelanjaan. Ada robot pintar Darby yang siap membantu memberikan informasi kepada pengunjung.

RS Premier Bintaro yang merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Helath Group ini memiliki kamar-kamar yang dibagi ke dalam beberapa kelas. Mulai dari kelas 3, 2, Gold, VIP (Suite), hingga Super VIP (Premier). Ada dua kamar yang saya kunjungi, yaitu kelas Premier dan Suite. 

Kamar Premier atau Super VIP  berukuran cukup luas dengan fasilitas seperti sofa, TV, kulkas, pantri, kamar mandi yang elegan. Berada di dalam ruangan ini, rasanya seperti di dalam hotel. Sementara Kamar Suite atau VIP memiliki fasilitas TV, sofa, dan kamar mandi. Semua fasilitas tersebut tentunya akan memberikan kenyamanan yang optimal kepada pasien. Sehingga, pasien segera sembuh dan sehat kembali.

Fasilitas lengkap dan teknologi modern di RS Premier Bintaro

Selain kamar pasien, ruangan berikutnya yang saya kunjungi ialah ruang IGD, ruang cathlab, dan ruang MRI. Untuk ruang MRI, teknologi yang digunakan ialah MRI 3 Tesla. Saat ini, RS Premier Bintaro menjadi satu-satunya rumah sakit di Kota Tangerang Selatan yang memiliki teknologi canggih ini.

MRI atau magnetic resonance imaging merupakan teknologi untuk menghasilkan image atau gambar pencitraan dari anatomi di dalam tubuh. Gambar inilah yang digunakan oleh dokter untuk menegakkan diagnosis. Sedangkan Tesla merupakan satuan intensitas medan magnet, di mana semakin tinggi intensitas magnet maka semakin detail dari image yang dihasilkan.

MRI 3 Tesla dilengkapi dengan AI yang bisa untuk deep learning. Kualitas image yang dihasilkan juga lebih bagus sehingga sangat membantu untuk menegakkan diagnosis yang lebih baik. Selain itu, durasi pemeriksaan 40-60% lebih singkat dibandingkan seri sebelumnya. Saat menjalani pemeriksaan di ruang MRI ini, pasien bisa memilih musik kesukaan untuk didengarkan. Bahkan, pasien juga bisa menonton film.

Usai hospital tour, sesi berikutnya ialah health talk bersama dr. Ajiantoro, Sp. OT. Tema yang diangkat Penanganan Terkini Saraf Kejepit. Hampir setiap orang pernah mengalami nyeri punggung bawah (low back pain) atau saraf kejepit. Bahkan, gangguan ini juga bisa terjadi pada usia produktif. 

Ciri-ciri low back pain antara lain nyeri yang terjadi secara mendadak dan tak tertahankan; nyeri yang bersifat progresif dan tidak bisa hilang dengan istirahat; nyeri yang menjalar ke kedua tungkai kaki; nyeri yang berkaitan dengan perubahan posisi; nyeri dengan kelemahan tungkai kaki; kesemutan, baal, atau kebas pada tungkai kaki; serta lemahnya tungkai kaki saat berdiri/berjalan. 

Untuk menunjang diagnosis, bisa melalui beberapa cara. Yaitu laboratorium, radiologi (USG, X-ray, CT Scan, MRI, BMD), dan rehabilitasi fisiterapi. Penegakan diagnosis dengan cara konservatif dan operatif. 

Cara konservatif atau tanpa operasi bisa dilakukan dengan diet dan berat badan ideal, perbaiki pola hidup dan aktivitas sehari-hari, istirahat (bed rest) saat rasa nyeri timbul, menghindari gerakan yang menimbulkan nyeri, obat dan vitamin, serta rehabilitasi medis.

Pada tingkat keparahan tertentu, gangguan tulang belakang harus diatasi dengan tindakan operatif. Saat ini, minimally invasive spine surgery (MISS) atau tindakan pembedahan minimal invasif merupakan metode terkini untuk mengatasi masalah pada tulang belakang.

Metode minimal invasif memiliki kelebihan dibandingkan dengan tindakan operasi konvensional. Metode ini minim sayatan, sekitar 8 mm sampai 1 cm saja sehingga mampu mengurangi kerusakan jaringan pada tubuh. Operasi bisa dilakukan dengan cepat dan pasien beraktivitas kembali. 

Menurut dr. Aji, diagnosis menjadi kata kunci penting untuk penanganan gangguan tulang belakang ini. Penegakan diagnosis dan tata laksana dengan pemeriksaan serta fasilitas menjadi keutamaan dalam terapi saraf kejepit terhadap pasien.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.