Ekonomi & Bisnis

Ide Kreatif Membuat Kerajinan dari Tali Rafia

[ A+ ] /[ A- ]

Tali rafia memiliki beragam manfaat dan sering dipakai untuk keperluan sehari-hari. Selain untuk mengikat berbagai barang, kita bisa membuat kerajinan dari tali rafia tersebut.

Dengan ide kreatif, kita bisa membuat beragam kerajinan tangan berbahan tali rafia. Mulai dari kemoceng atau duster, hingga rok rumbai. Yuk, kita pelajari bagaimana membuat kerajinan tersebut!

Membuat Kemoceng dari Tali Rafia

Kemoceng atau pembersih debu (duster) menjadi alat yang sering digunakan di rumah. Berdasarkan jenis bahan utamanya, kemoceng pada umumnya dibedakan menjadi kemoceng dari bulu ayam dan kemoceng tali rafia.

Nah, kali ini kita akan bahas kemoceng dari tali rafia. Bahan dan alat yang diperlukan yaitu tali rafia secukupnya, dua tiang penyangga, batang kayu sepanjang 30-40 cm, cutter, gunting, jarum atau sisir paku (sisir dari kayu yang ditancap dengan paku runcing).

Cara membuat: Pertama, potong tali rafia pendek (tali sekunder) dalam jumlah banyak, masing-masing panjangnya 20-30 cm. Siapkan juga tali rafia berbeda (tali pengikat utama) sepanjang 2-3 meter.

Kedua, siapkan dua tiang penyangga yang berfungsi untuk menyangga tali utama yang akan diikat dengan tali sekunder.

Ketiga, ikatkan tali utama sepanjang 2-3 meter pada tiang penyangga. Kemudian ikatkan sebanyak mungkin tali-tali sekunder pada tali utama tersebut.

Keempat, sisir tali-tali pendek (tali sekunder) yang sudah terikat ke tali utama. Proses penyisiran bisa menggunakan jarum atau sisir paku, tujuannya untuk membelah tali sekunder menjadi helai-helai yang lebih halus.

Kelima, potong sedikit bagian ujung tali sekunder yang telah menjadi helai halus dengan gunting agar terlihat rapi/rata. Kemudian ikatkan ke batang kayu dengan cara dipilin (spiral) hingga menjadi kemoceng.

Membuat Rok Rumbai Tali Rafia

Rok rumbai dari tali rafia ini biasa dipakai oleh anak-anak sekolah pada acara tertentu, seperti tujuh belasan, pentas seni, dan acara yang lainnya. Dengan kombinasi warna yang cocok, rok rumbai akan semakin terlihat menarik.

Bahan dan alat yang diperlukan antara lain tali rafia (pilih warna sesuai kebutuhan), gunting, dan jarum atau sisir paku. Cara membuatnya sebagai berikut :

Pertama, ambil tali rafia dan buat menjadi tali utama. Panjangnya sesuai kebutuhan, yaitu sesuai lingkar pinggang dan lebihkan sedikit untuk tempat mengikat.

Kedua, ambil tali rafia lainnya yang akan dijadikan sebagai rumbai. Tali yang dibutuhkan sepanjang jarak pinggang ke lutut, dikali dua. Buat tali seperti ini dalam jumlah yang banyak.

Ketiga, tiap-tiap tali rafia dengan ukuran dua kali panjang rok tersebut dilipat jadi dua. Saat dilipat, buatlah lubang kecil di lipatan tersebut. Lubang ini digunakan untuk menyematkannya pada tali utama.

Keempat, sematkan seluruh tali rumbai pada tali utama. Pastikan cara menyematkannya seragam, misanya dari atas semua. Sisakan sedikit bagian untuk mengikat di pinggang

Kelima, setelah tali rumbai tersemat semua, robek atau belah helai tali rafia tersebut dengan jarum atau sisir paku. Setelah rumbai telah terlihat rapi, ikatkan rok rumbai tersebut ke pinggang dan siap untuk digunakan.

Itulah cara membuat kemoceng dan rok rumbai dari tali rafia. Dengan ide-ide kreatif, tentunya masih banyak kerajinan lainnya yang bisa kita buat dari bahan tali rafia.

Selain untuk penggunaan secara perorangan, membuat kerajinan dari tali rafia tersebut bisa menjadi sebuah peluang bisnis. Jika dikelola dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan memberikan keuntungan besar.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk menjalankan bisnis ini adalah bahan baku, yaitu tali rafia. Tali rafia yang bermutu baik akan menentukan kualitas produk.

Langkah yang perlu dilakukan yaitu mencari supplier yang jual tali rafia gelondongan dengan kualitas terjamin. Kita bisa memilih PT Laksana Mas Agung yang telah berpengalaman sejak 1970 sebagai produsen tali rafia.

Laksana Mas Agung menyediakan tali rafia dengan banyak pilihan warna, lebih panjang dan kuat. Warnanya tidak akan luntur, serta teksturnya lembut. Ukuran tali rafia konsisten, tidak terlalu tipis atau tebal.

Selain menjamin kualitas produknya, Laksana Mas Agung juga memerhatikan kelestarian lingkungan. Karena, tali rafia dibuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca untuk mengembalikan ide kreatif dalam membuat kerajinan dari tali rafia. Selamat mencoba!

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *