Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan Online
Sehat

Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Jiwa, Ini Penjelasannya!

Saat ini banyak perusahaan asuransi menawarkan produknya kepada masyarakat. Produk asuransi yang ditawarkan beragam, dengan manfaat yang beragam pula. Salah satu produk tersebut asuransi jiwa.

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi terus meningkat, terutama di masa pandemi.  Kondisi yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan bahkan mengancam keselamatan jiwa ini membuat masyarakat semakin sadar untuk memiliki perlindungan.

Sebelum kita memutuskan memiliki asuransi jiwa terbaik yang sesuai kebutuhan, beberapa informasi di artikel ini bisa memberi insight yang bermanfaat. Antara lain mengenai apa asuransi jiwa itu dan apa manfaat yang diberikannya.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap kerugian akibat risiko yang berkaitan dengan jiwa seseorang. Kerugian finansial bisa terjadi karena situasi tidak terduga, seperti penyakit kritis, meninggal dunia, hingga kecelakaan.

Situasi tak terduga di atas bisa terjadi kapan saja. Contoh sederhana, saat seorang ayah yang menjadi tulang punggung keluarga tiba-tiba mengalami sakit berat yang membuatnya tak bisa lagi bekerja. Keadaan ini tentunya akan membuat keuangan keluarga terganggu. Di sinilah pentingnya kita memiliki asuransi jiwa yang manfaatnya akan sangat terasa saat kita mengalami musibah. 

Nasabah asuransi membayar premi dengan jumlah yang ditentukan secara berkala. Saat nasabah tersebut menderita sakit kritis atau bahkan meninggal dunia, maka uang tersebut akan diberikan sebagai uang pertanggungan.

Manfaat Asuransi Jiwa

Ada berbagai manfaat yang bisa kita peroleh ketika memiliki asuransi jiwa, yaitu sebagai berikut: 

  1. Sedia Payung Sebelum Hujan

Kita tidak bisa mencegah datangnya hujan. Yang bisa kita lakukan ialah menyiapkan payung agar tubuh kita tidak basah saat hujan turun. Demikian pula kita tidak bisa mencegah datangnya musibah, namun kita bisa menyiapkan perlindungan untuk memperkecil risiko yang timbul akibat datangnya musibah tersebut.

Asuransi adalah perlindungan yang perlu dimiliki. Manfaatnya akan terasa sangat berarti manakala musibah tejadi pada kita.

  1. Santunan Cacat Hingga Kematian

Tak seorang pun menginginkan musibah. Namun mari kita bayangkan jika sewaktu-waktu seorang kepala keluarga mengalami musibah tiba-tiba, misalnya hingga meninggal dunia. 

Kejadian ini tentunya sangat mengganggu kondisi finansial keluarga. Jika sang kepala keluarga tersebut memiliki asuransi jiwa, maka hal tersebut bisa diatasi. Asuransi akan memberikan manfaat santunan cacat sebagian, cacat total permanen hingga kematian.

  1. Investasi

Ada produk asuransi jiwa yang juga memberikan manfaat tambahan yaitu unit link. Manfaat yang didapat ialah kita bisa berinvestasi sekaligus memiliki asuransi. 

Dengan kata lain, premi yang kita bayarkan selain untuk asuransi juga untuk investasi jangka panjang. Nantinya, uang pertanggungan yang diterima oleh ahli waris akan bertambah dengan hasil investasi yang sudah dilakukan. 

Miliki Sejak Dini

Kita tak perlu menunggu hingga usia dewasa atau sudah menikah untuk memiliki asuransi jiwa.  Justru dengan memiliki asuransi ini sedini mungkin, maka ada keuntungan yang bisa kita dapatkan. 

Keuntungan memiliki asuransi ini di usia muda yaitu premi yang dibayarkan akan semakin kecil. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah dalam mengatur perencanaan keuangan.

Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Setelah memahami pengertian dan manfaatnya, kita perlu memilih asuransi jiwa terbaik sesuai kebutuhan kita. Asuransi jiwa Prudential menjadi pilihan yang tepat untuk kita.

Asuransi jiwa Prudential memberikan pilihan perlindungan jiwa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Selain itu, kita bisa memilih jangka waktu perlindungan serta mempersiapkan kelangsungan hidup keluarga apabila terjadi risiko.

Asuransi jiwa Prudential menyediakan beragam produk yang bisa kita pilih. Seperti PRULink Term, PRUMy Child, PRUCritical Benefit 88, dan lainnya. PRULink Term adalah asuransi dengan manfaat tambahan yang diberikan jika tertanggung utama meninggal dunia sebelum berakhirnya masa asuransi.

PRUMy Child merupakan produk inovatif yang menyediakan perlindungan jiwa terkait investasi untuk anak sejak sebelum ia dilahirkan. Produk ini memberikan perlindungan komprehensif mulai saat ia masih dalam kandungan, dilahirkan, sampai dewasa. Mulai dari perlindungan kesehatan, finansial, dan pendidikan.

Sedangkan PRUCritical Benefit 88 memberikan perlindungan sampai dengan usia 88 tahun dengan beragam pilihan periode pembayaran premi sesuai. Terdapat jaminan pembayaran uang pertanggungan pada usia 88 tahun apabila tertanggung masih hidup dan polis tetap aktif. Produk ini juga memberikan perlindungan yang komprehensif atas 60 kondisi kritis tahap akhir dan angioplasti serta manfaat meninggal dunia, serta tambahan 200% dari uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita untuk memahami apa yang dimaksud dengan asuransi jiwa serta manfaatnya. Dengan demikian, kita bisa memilih asuransi jiwa terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.